Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 4X

Reveiw Spesifikasi dan Harga Miaomi Redmi Note 4X - Salah satu vendor smartphone yang akhir-akhir ini mendominasi pasar menengah kebawah yakni Xiaomi, telah resmi mengkonfirmasi kehadiran variant baru di keluarga Redmi series.
Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 4X

Variant tersebut diberi nama Redmi Note 4X. Smartphone dengan nama agak panjang ini secara resmi diluncurkan di negara asalnya, Tiongkok pada tanggal 8 Februari 2017 yang lalu.

Namun sayangnya impian penggemar Xiaomi untuk menikmati beragam spesifikasi mumpuni, dari variant ini sedikit membuahkan kekecewaan. Pasalnya, spesifikasi yang tersemat dalam Redmi Note 4X ini sekilas hanyalah versi upgrade dari Xiaomi Redmi Note 4.

Spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi Note 4X

Review Xiaomi Redmi Note 4X kali ini akan mengulas spesifikasi lengkap seputar build quality, sensor, display, konektivitas, processor, memory, kamera, baterai dan faktor ekstra, serta harganya. Nah, Anda penasaran? Untuk lebih jelasnya silahkan simak sendiri reviewnya berikut ini.

Build Quality

Memang, anggapan bahwa Redmi Note 4X adalah versi upgrade dari Redmi 4 tidaklah salah. Setidaknya hal ini bisa kita lihat secara kasat mata dari model/desain smartphone terbaru dari Xiaomi ini yang memang sangat mirip dengan Redmi Note 4. Namun meski begitu perusahaan asal Tiongkok ini tetap mencoba memberi sentuhan penyegaran di beberapa bagian.

Salah satu penyegaran yang terlihat adalah warna, dimana di seri terbarunya ini Redmi Note 4X tampil dengan pilihan warna hijau muda, merah muda, emas, dan hitam. Selain itu, smartphone yang memiliki dimensi yang cukup kompak dan pas digenggaman. Detail dari dimensi Xiaomi Redmi Note 4X ini adalah 151 x 76 x 8.45 mm.

Lalu di bagian dalam, Anda akan menemukan duah buah slot SIM atau yang biasa disebut dengan Dual SIM card slot untuk mendukung sistem telekomunikasi maupun jaringan internet smartphone, lalu di samping sisi dari smartphone, juga sudah terdapat port USB type 2.0.

HP Xiaomi lainnya: 9 HP Xiaomi yang Paling Banyak Dicari dan Banjir Peminat

Sensor

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 4X
Selain memiliki build quality yang cukup bagus, Xiaomi Redmi Note 4X juga telah dibekali dengan berbagai sensor berkualitas dengan akurasi dan tingkat responsibilitas yang tinggi. Sensor-sensor tersebut antara lain ada gyro, accelerometer, proximity, compass, dan yang paling menarik adalah fingerprint.

Display

Sementara itu di bagian permukaan smartphone ini juga dilengkapi dengan layar yang cukup berkualitas. Dengan luas 5.5 inch dan resolusi 1080 x 1920 pixels, layar ini telah dilengkapi dengan teknologi IPS LCD yang membuatnya mampu menampilkan gambar berkualitas tinggi.

Sayangnya belum ada konfirmasi tentang lapisan pengaman apa yang digunakan pada layar tersebut sehingga disarankan untuk para pengguna untuk memasang sendiri lapisan pelindung layar pada Xiaomi Redmi Note 4X.

Konektivitas

Seperti layaknya smartphone-smartphone lain, Redmi Note 4X juga telah dibekali dengan berbagai fitur nirkabel seperti Wi-Fi 802.11 a, b, g, n / Type-C / USB Host USB 2.0 / USB OTG / Bluetooth 4.2 / A-GPS dengan dukungan satelit GLONASS dan BDS.

Dan yang paling penting, smartphone ini sudah mendukung jaringan tercepat saat ini , yaitu 4G LTE yang diimplementasikan melalui 2 slot SIM Card all stand by (aktif bersamaan).

Processor

Seperti yang telah kami singgung di awal, smartphone ini tidak akan membawa chipset atau prosesor kelas atas. Redmi Note 4X akan tetap dibekali dengan Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 Octa-Core berkecepatan 2.0 GHz, serta GPU Adreno 506. Meski begitu, kombinasi chipset dan prosesor tersebut sudah teruji di Redmi Note 4 dan terbukti memiliki kualitas bagus.

Namun, walau diyakini mirip, faktanya kedua smartphone ini tetap memiliki perbedaan, khususnya di sektor dapur pacu. Dimana chipset yang dimiliki Redmi Note 4X dibangun dengan teknologi proses 14nm finFET yang mampu meningkatkan efisiensi kinerja hingga 20%.

Sedangkan untuk bagian software, Redmi Note 4X akan berjalan di atas sistem operasi Android Marshmallow 6.0 yang tentunya fitur dan kecanggihannya hanya kalah dari Nougat v.7.0.

Memory

Di bagian penyimpanan, nampaknya Xiaomi tidak main-main dalam memberikan pelayanan di sektor memori. Hal ini terbukti dengan sangat lapangnya kapasitas memori yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 4X. Di sini Xiaomi Redmi Note 4X dibekali dengan memori internal sebesar 64 GB.

Selain itu, memori tersebut masih bisa diperluas lagi dengan menggunakan slot micro SD (mengorbankan SIM 2) dengan kapasitas maksimal yang boleh digunakan adalah 256 GB.

Sementara itu untuk mendukung dapur pacu, Xiaomi Redmi Note 4X juga telah dibekali dengan RAM sebesar 4 GB sehingga dapat dipastikan game-game 3D dan juga aktivitas multitasking tidak akan terganggu dan berjalan lancar.

Baterai

Yang paling menarik dari Redmi Note 4X ini adalah kapasitas daya baterai yang sangat besar. Smartphone ini memiliki baterai dengan daya maksimal mencapai 4.100 mAH (non-removable).

Kamera

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 4X
Sejak awal kemunculannya di dunia smartphone, Xiaomi selalu mencuri perhatian jika membicarakan mengenai kamera. Seperti versi-versi sebelumnya, Redmi Note 4X juga dilengkapi dengan kamera yang mumpuni.

Dibagian belakang saja sudah terpasang kamera beresolusi 13 MP plus dual LED Flash yang siap memberikan pengalaman fotografi maksimal bagi setiap para penggunanya.

Sementara untuk para penggemar selfie, Anda juga akan dimanjakan dengan kamera depan 5 MP dengan bukaan lensa wide-angle 85 derajat.

Kedua kamera tersebut juga disebut-sebut mampu menghasilkan rekaman video dengan kualitas mencapai 1080p@ 30 fps.

Bandingkan dengan Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4A

Harga

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 4X
Menurut sumber informasi yang terpercaya, smartphone terbaru buatan Xiaomi ini akan dibanderol dengan harga Rp 2,8 jutaan. Dengan beragam fitur yang di miliki, harga tersebut  tentu saja cukup menarik.

StatusRilis, Januari 2017
HargaRp2.7 jutaan
Bodi151 x 76 x 8.4 mm, 175 gram
ProsesorQualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0 GHz
GPUAdreno 506
RAM4 GB
Storage64 GB, microSD
LayarIPS 5.5 inci (1.920 x 1.080 piksel)
KameraBelakang: 13 MP & Depan: 5 MP
Baterai4.100 mAh
Sistem OperasiMIUI 8 (Android 7.0)
JaringanDual-SIM 4G LTE
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
LainnyaVoLTE
Advertisement