Full Review: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 Pro

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 Pro - Tak hanya giat menggarap smartphone di kalangan atas, nampaknya Samsung juga terus berambisi menguasai pasar mid-range. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya smartphone-smartphone Samsung yang dirilis untuk segmen pasar ini.
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 Pro

Beberapa waktu yang lalu, tanpa pemberitaan yang besar, Samsung Indonesia diam-diam telah meluncurkan smartphone mid-range terbarunya yang di labeli dengan nama Samsung Galaxy J5 Pro.

Ditinjau dari namanya tentu kita mengetahui bahwa Samsung Galaxy J5 Pro adalah smartphone versi lain dari Samsung Galaxy J5 Prime 2017 yang telah lebih dulu rilis. Nah, benarkah demikian? Penasaran bagaimanakah spesifikasi yang tersemat dalam Samsung Galaxy J5 Pro?

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J5 Pro

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Samsung Galaxy J5 Pro berdasarkan build quality dan desainnnya, sensor, display, konektifitas, processor, memory, baterai, factor ekstra dan harganya.

Build Quality

Bagi anda yang mengikuti perkembangan produk-produk Samsung, tentu desain bodi yang dimiliki Samsung Galaxy J5 Pro akan mengingatkan anda pada bodi Samsung Galaxy J5 2017.
Dimensi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J5 ini tergolong sangat pas digenggaman, yakni 146.2 x 71.3 x 8.0 mm.

Desain bodinya juga sangat bagus karena sudah menggunakan material full metal. Selain itu di salah satu sisi smartphone ini juga telah terdapat slot micro USB v2.0 dan juga USB On the go yang pastinya akan sangat membantu penggunanya dalam proses transfer file dari satu device ke device lain.

Sedangkan jika kita sedikit menilik ke dalam, kita akan menemukan dua buah slot SIM yang dapat digunakan secara bersamaan untuk kepentingan komunikasi.

Review lainnya: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A7 2017

Sensor dan Fitur NFC

Smartphone mid-end produksi Samsung ini telah dibekali dengan bermacam-macam jenis sensor yang fungsional seperti fingerprint, accelerometer, compass, gyro, dan juga proximity yang masing-masing memiliki tingkat respon yang baik dan akurasi yang sangat tinggi.

Satu hal yang menarik, Samsung juga membekali Galaxy J5 Pro dengan fitur masa depan bernama NFC. Kehadiran fitur ini ke dalam Galaxy J5 Pro sangat membantu penggunanya yang ingin bertukar data secara nirkabel, yakni hanya dengan saling menyetuhkan perangkat.

Display

Meskipun bukan merupakan smartphone flagship, namun Samsung Galaxy J5 merupakan smartphone yang memiliki display berkualitas, karena telah dibekali dengan layar beresolusi 720 x 1280 pixels berukuran 5.2 inch.

Yang paling menarik, layar ini sudah menerapkan teknologi mutakhir yaitu Super AMOLED LCD yang dari segi tampilan tentunya sangat jernih dan responsif.

Review lainnya: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A5 2017

Konektivitas

Samsung Galaxy J5 Pro telah dibekali dengan fitur-fitur konektivitas terbaru seperti Wi-Fi 802. 11 a/b/g/nt, Bluetooth v4.1 A2DP, Wi-Fi Hotspot, micro USB v2.0, GPS A-GPS, dan USB OTG.

Sementara itu untuk urusan jaringan Samsung Galaxy J5 Pro telah mendukung jaringan yang lengkap mulai dari 2G EDGE, 3G HDSPA, hingga 4G LTE. Semuanya akan digunakan oleh dua nano SIM yang bisa anda aktifkan secara bersamaan.

Processor

Prosessor yang dimiliki Samsung Galaxy J5 Pro ini bisa dibilang merupakan jenis prosessor menengah. Seperti yang diketahui, smartphone ini akan menggunakan chipset jenis Prochipset Exynos 7870 dan prosesor CPU Octa Core 1.7 Ghz Cortex A-53.

Dengan spesifikasi ini, performa Samsung Galaxy J5 Pro sudah terbilang cukup bagus dan mampu memainkan game-game 3D seperti Vainglory atau game-game MOBA lain.

Memory

Di sektor penyimpanan, Samsung memberikan dua varian untuk Samsung Galaxy J5 Pro. Pertama memiliki memori internal sebesar 16 GB, dan yang kedua memiliki memori internal yang lebih besar yaitu 32 GB.

Keduanya juga masih bisa diekspansi hingga kapasitas maksimal 256 GB menggunakan micro SD yang dimasukkan pada slot yang tersedia. Sedangkan di bagian pengolah data, smartphone ini akan didukung dengan RAM sebesar 3 GB.

Baterai

Melihat spesifikasi dapur pacu yang dimiliki Samsung Galaxy J5 Pro, tentu smartphone ini membutuhkan suplai daya yang lumayan besar. Untuk itulah Samsung telah membekali smartphonenya kali ini dengan baterai berkapasitas 3000 mAh berjenis Li-ion Non-removable.

Sayangnya baterai ini belum mendukung fitur Fast charging sehingga membutuhkan waktu agak lama untuk dapat mengisi penuh baterai.

Kamera

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 Pro

Pada smartphone terbarunya kali ini nampaknya Samsung menjadikan kamera sebagai nilai jual utama. Hal ini terlihat dari tagline Live Video Vlogging yang mengiringi perilisan Samsung Galaxy J5 Pro.

Tagline tersebut tentu mengacu pada kemampuan kamera depan dan belakang yang sama - sama memiliki resolusi 13 MP lengkap dengan fitur Autofocus dan LED Flashnya. Selain mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi baik saat keadaan terang maupun low - light, kamera ini juga mampu merekam video berkualitas sesuai tagline yang diusung.

Menurut data, kamera ini mampu merekam video hingga kualitas 1080p@30 fps dengan hasil yang sangat bagus bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Review lainnya: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A3 2017

Fitur Extra

Selain fungsi-fungsi di atas, smartphone andalan dari Samsung ini juga memiliki beberapa fitur ekstra seperti sistem navigasi GLONASS/BDE, Radio FM, dan juga kemampuan multitasking yang lebih baik karena memiliki RAM yang lumayan besar, yakni 3 GB.

Selain itu, seperti layaknya smartphone-smartphone Samsung pada umumnya, Samsung Galaxy J5 Pro ini juga memiliki kualitas speaker yang cukup bagus. Suara yang dihasilkan oleh speaker smartphone ini jernih sehingga menjamin kenyamanan anda selama berkomunikasi via suara, video, maupun saat mendengarkan lagu.

Harga

Menurut informasi yang beredar, smatphone Samsung Galaxy J5 Pro ini akan dijual dengan harga Rp 3,5 jutaan. Harga ini memang tergolong cukup tinggi untuk ukuran smartphone mid-range, karena banyak kompetitor yang memasarkan smartphone sejenis dengan harga dibawah 3 juta.

Namun jika mengingat nama besar Samsung, sepertinya harga tersebut terbilang wajar, karena dari sisi kwalitas, tentu saja tak perlu diragukan lagi.
HargaRp3,5 jutaan (update Agustus 2017)
StatusSudah dirilis (Juli 2017)
Bodi146,2 x 71,3 x 8,0 mm, bobot 160 gram
ProsesorExynos 7870 octa-core 1,6 GHz
GPUMali-T830MP2
RAM3 GB
Storage32 GB, microSD up to 256 GB
LayarSuper AMOLED 5,2 inci (1.280 x 720 piksel)
KameraKamera Belakang: 13 MP & Kamera Depan: 13 MP
Baterai3.000 mAh
Sistem OperasiAndroid 7.1
JaringanDual-SIM 4G-LTE
KonektivitasWiFi, Bluetooth, GPS
InterfaceMicroUSB, jack audio 3,5 mm
SensorFingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass
Advertisement