Review Spesifikasi Asus Zenfone Zoom S: Dual Camera 12MP, Baterai 5000 mAh

Review Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone Zoom S - Tahun 2017 nampaknya menjadi era-nya smartphone Android dengan dual kamera. Seperti yang kita lihat sekarang, hampir setiap vendor ternama pasti memiliki satu atau lebih, varian produk smartphone yang dibekali dengan fitur dual kamera.
Review Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone Zoom S

Memang, smartphone dengan fitur demikian mampu menghasilkan hasil foto yang lebih baik dan terbukti sangat efektif untuk memikat masyarakat milenial yang memang mayoritas menggandrungi dunia fotografi.

Nah, Asus sebagai salah satu pabrikan papan atas, tentu juga tak mau kalah, terbukti dengan sudah dirilisnya Asus Zenfone Zoom S tahun lalu. Smartphone yang hadir untuk pasar menengah ke atas ini mengusung dual kamera yang masing-masing memiliki resolusi 12 MP.

Tentunya selain kamera, Asus Zenfone Zoom S juga memiliki komponen-komponen yang berkualitas di sektor lain seperti bodi, dapur pacu, baterai, dan lain sebagainya. Nah jika ingin melihat detailnya, silahkan simak review lengkap tentang spesifikasi dan harga Asus Zenfone Zoom S berikut ini.

Spesifikasi dan harga Asus Zenfone Zoom S Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Build Quality

Pertama kita bahas di bagian build quality atau bodi. Dapat dilihat smartphone ini mengusung konsep yang sangat elegan. Sudut-sudut tegas di tepi smartphone membuat Asus Zenfone Zoom S nyaman digenggam dan tidak licin ketika dioperasikan. Namun dimensi smartphone ini dirasa sedikit terlalu berlebihan dalam sisi panjang sehingga cukup merepotkan jika mengoperasikannya menggunakan satu tangan.

Lalu untuk mendukung fitur telekomunikasi smartphone, Asus Zenfone Zoom S sudah dilengkapi dengan slot dual SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan dan di sisi lain, smartphone ini juga memiliki USB Type-C untuk mendukung aktivitas koneksi dan transfer data penggunanya.

Simak juga: Spesifikasi Asus Zenfone 4 Max Pro, Dual Camera, Layar 5.5 Inch, Baterai Besar

Sensor

Sensor-sensor yang dimiliki smartphone ini nampaknya tidak berbeda jauh dengan smartphone-smartphone lain yang menjadi pesaingnya. Beberapa sensor yang dimiliki Asus Zenfone Zoom S antara lain adalah Proximity, Fingerprint, accelerometer, gyro, dan juga compass.

Display

Review Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone Zoom S

Sama seperti sensor, sektor display atau layar smartphone ini juga relatif sama seperti smartphone pada umumnya di level yang sama. Di bagian ini Asus Zenfone Zoom S dilengkapi dengan layar berukuran 5,5 inch yang menggunakan teknologi IPS Capaicitive LCD dengan resolusi 1080 x 1920 pixels. Layar ini juga sudah mendukung fitur multitouch sehingga semakin nyaman ketika digunakan.

Konektivitas

Di sisi konektivitas, Asus Zenfone Zoom S sudah terbilang memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap, beberapa fitur konektivitas yang dimiliki smartphone ini antara lain ada Bluetooth v4.2, Wi-Fi Direct, Wi-Fi 802.11, Dual Band, hotspot, GPS, A-GPS, GLONASS, micro USB Type C, dan lain-lain.
Sedangkan untuk dukungan jaringan, Asus Zenfone Zoom S sudah mendukung 3 jaringan tercepat saat ini yaitu 4G LTE, 2G GSM, dan 3G HDSPA.

Processor

Selain memiliki bodi yang sangat elegan, Asus Zenfone Zoom S juga memiliki dapur pacu yang sangat mumpuni. Komponen-komponen yang terpasang pada bagian dapur pacu smartphone ini dijamin mampu menghadirkan performa yang sangat baik di kelasnya.

Untuk mendukung headsetnya saja, smartphone ini sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 625 yang kinerjanya akan dikombinasikan dengan Octa-Core berkecepatan 2.0 Ghz. Selain itu tak lupa kartu grafis Adreno 506 juga turut memberikan suguhan grafis berkualitas yang sangat pas bagi anda yang gemar bermain game-game 3D.

Lalu untuk sistem operasinya sendiri smartphone ini sudah menggunakan Android Marshmallow v6.0 yang memiliki berbagai fitur menarik di dalamnya.

Lainnya: Review Asus Zenfone 4 Selfie, Mengusung 2 Kamera Depan dan RAM 4GB

Memory

Beralih ke bagian memori, di sektor ini Asus memberikan dua varian memori internal yang memiliki kapasitas sangat besar, yaitu 32 GB dan 64 GB. Meskipun sudah sangat besar, namun pengguna juga masih bisa memperluasnya lagi hingga kapasitas maksimal 256 GB menggunakan slot micro SD yang telah disediakan di dalam smartphone.

Baterai

Asus Zenfone Zoom S merupakan salah satu smartphone menengah ke atas yang memiliki kualitas baterai di atas rata-rata. Hal ini bukannya tanpa alasan, pasalnya Asus Zenfone Zoom S sudah dibekali dengan baterai jenis Li-ion non removable berdaya maksimal 5.000 mAh. Sayangnya dengan kapasitas sebesar ini, baterai Asus Zenfone Zoom S belum dilengkapi dengan fitur fast charging.

Kamera

Review Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone Zoom S

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, smartphone ini memiliki sektor fotografi yang sangat baik karena memang sektor ini lah yang menjadi nilai jual utama dari Asus Zenfone Zoom S.
Di bagian belakang smartphone, kita bisa menemukan dua buah kamera dengan resolusi masing-masing 12 MP lengkap dengan fitur optical zoom, dual LED Flash, phase detection autofocus, dan lain sebagainya.

Kabarnya kamera tersebut juga mampu merekam video hingga kualitas 4K.
Sedangkan di bagian depan, memiliki kamera dengan resolusi 13 MP. Hal ini merupakan hal yang jarang mengingat kebanyakan smartphone memiliki kamera depan di bawah 10 MP.

Dual camera juga: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1

Kelebihan Asus Zenfone Zoom S

  • Desain smartphone yang elegan dan juga nyaman digenggam
  • RAM 4 GB
  • Menggunakan Snapdragon 625
  • Kamera belakang dual @12 MP dan mampu merekam video hingga kualitas 4K, sudah dapat dikategorikan sebagai kamera kelas atas
  • Memori internal 32/64 GB
  • Baterai berdaya 5.000 mAh Li-ion, ketahanan baterai di atas rata-rata
  • GPU Adreno 506
  • Support 4G LTE
  • Pada pembelian disertakan Disertai casing, headset, dan kabel OTG
  • Konfigurasi antara kapasitas RAM, Memori Penyimpanan dan Processor yang mantap serta kapasitas baterai yang besar, cocok juga buat main gam MOBA berjam-jam

Kekurangan Asus Zenfone Zoom S

  • Masih menggunakan Android Marshmallow di saat para pesaingnya sudah banyak menggunakan Nougat
  • Smartphone ini tidak dibekali dengan lampu LED pada tombol navigasi
  • Software kamera yang belum lengkap, mode portrait atau bokeh yang belum sebagus yang dijanjikan
  • Tidak nyaman dioperasikan menggunakan satu tangan

Harga Asus Zenfone Zoom S

Review Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone Zoom S

Berdasarkan informasi yang diperoleh, harga smartphone ini berada di kisaran angka 5 jutaan rupiah. Nah, Anda tertarik mengoleksinya?

StatusDirilis Mei 2017
HargaRp5.999.000
Bodi154,3 x 77 x 8 mm, 170 gram
ProsesorQualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0 GHz
GPUAdreno 506
RAM4 GB
Storage64 GB (microSD up to 256 GB)
LayarAMOLED 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)
KameraBelakang: 12 MP+12 MP & Depan: 13 MP
Baterai5.000 mAh
Sistem OperasiZenUI 3.0 (Android 6.0.1)
JaringanDual-SIM 4G
KonektivitasWiFi, Bluetooth
InterfaceUSB Type-C, jack audio 3,5 mm
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Advertisement