Cara Instal .NET Framework 3.5 Secara Offline pada Windows 8 Pro, 8.1 dan 10

Pada artikel lalu saya telah menulis tentang Cara Instal Printer di Windows 8 Pada kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang Cara Install .NET Framework 3.5 (Online) pada Windows 8 dalam keadaan offline. Instalasi .NET Framework 3.5 ini bisa saja dilakukan secara online, bahkan lebih mudah dan mungkin jauh dari gangguan masalah. Itupun tergantung kapasitas koneksi jaringan internet anda. Meskipun .NET Framework ini telah disertakan saat instalasi windows 8, namun sistem belum mengaktifkannya.

Untuk Install .NET Framework 3.5 pada Windows 8 dalam keadaan offline caranya adalah sebagai berikut. Namun terlebih dahulu hal yang perlu dan sangat diperhatikan adalah jika anda sudah mengganti Bahasa/Language ke bahasa persatuan atau bahasa kesukaan anda (misalnya bahasa Indonesia), bolo maapu silahkan dikembalikan dalam bahasa/language Inggris (default). Alias jangan pakai bahasa Indonesia, karena itu sangat berpengaruh terhadap proses instalasi .NET Framework 3.5 secara offline nanti.

Pertama, masukkan kembali DVD Windows 8 yang anda gunakan dalam instalasi OS Windows 8. Perhatikan gambar berikut.


kedua, buka Command Prompt/CMD (Run as administrator). Caranya, geser pointer ke pojok kiri sebelah bawah dan Klik Kanan disitu, pilih Command Prompt (Admin) yang diberi panah merah pada gambar di bawah ini.


Setelah Command Prompt (Admin) diklik akan muncul tampilan seperti ini.


Ketiga, ketikan perintah berikut:
DISM.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:F:\sources\sxs /LimitAccess
Perhatikan  yang diberi panah pada gambar di bawah ini, huruf yang dilingkari tersebut disesuaikan dengan lokasi DVD Windows 8 yang ada pada laptop atau computer anda. Setelah disesuaikan, maka tekan tombol enter. Tunggu beberapa saat (sampai 100%), jika pada laptop/computer terdengar suara-suara sumbang pada DVD Windows 8 yang anda masukkan tadi, jangan khawatir karena itu adalah bagian dari proses instalasi.


Keempat, jika sudah selesai, maka sistem akan menunjukkan hasilnya “succesfull” seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa sertakan komentar jika anda mengalami masalah. Terima kasih.

Advertisement