Cara Install .NET Framework 3.5 Secara Offline di Windows 8/8.1/10 (Dilengkapi Gambar)

Tutorial PC/komputer kali ini tentang Cara Install atau Mengaktifkan .NET Framework 3.5 di Windows 8, 8.1 atau 10 secara offline. Instalasi .NET Framework 3.5 ini bisa saja dilakukan secara online, bahkan lebih mudah dan mungkin jauh dari gangguan masalah. Itupun tergantung kapasitas koneksi jaringan internet anda. Meskipun .NET Framework ini telah disertakan saat instalasi windows 8, namun sistem belum mengaktifkannya.
Cara Install Microsoft .NET Framework 3.5 Offline

Untuk Install .NET Framework 3.5 pada Windows 8 dalam keadaan offline caranya adalah sebagai berikut. Namun terlebih dahulu hal yang perlu dan sangat diperhatikan adalah jika anda sudah mengganti Bahasa/Language ke bahasa persatuan atau bahasa kesukaan anda (misalnya bahasa Indonesia), bolo maapu silahkan dikembalikan dalam bahasa/language Inggris (default). Alias jangan pakai bahasa Indonesia, karena itu sangat berpengaruh terhadap proses instalasi .NET Framework 3.5 secara offline nanti.

Tutorial Mengaktifkan Microsoft .NET Framework 3.5 secara Offline untuk Windows 8 dan 10

Pertama, masukkan kembali DVD Windows 8 yang anda gunakan dalam instalasi OS Windows 8. Perhatikan gambar berikut.
Install Microsoft .NET Framework 3.5 Offline

kedua, buka Command Prompt/CMD (Run as administrator). Caranya, geser pointer ke pojok kiri sebelah bawah dan Klik Kanan disitu, pilih Command Prompt (Admin) yang diberi panah merah pada gambar di bawah ini.
Install Microsoft .NET Framework 3.5 Offline

Setelah Command Prompt (Admin) diklik akan muncul tampilan seperti ini.
Install Microsoft .NET Framework 3.5 Offline

Ketiga, ketikan perintah berikut:
DISM.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:F:\sources\sxs /LimitAccess
Perhatikan  yang diberi panah pada gambar di bawah ini, huruf yang dilingkari tersebut disesuaikan dengan lokasi DVD Windows 8 yang ada pada laptop atau computer anda. Setelah disesuaikan, maka tekan tombol enter. Tunggu beberapa saat (sampai 100%), jika pada laptop/computer terdengar suara-suara sumbang pada DVD Windows 8 yang anda masukkan tadi, jangan khawatir karena itu adalah bagian dari proses instalasi.
Install Microsoft .NET Framework 3.5 Offline

Keempat, jika sudah selesai, maka sistem akan menunjukkan hasilnya “succesfull” seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Install Microsoft .NET Framework 3.5 Offline

Demikian tutorial tentang Cara Install Microsoft .NET Framework 3.5 CMD Secara Offline di Windows 8/8.1/10. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.