Mengapa Harus Pasang Favicon di Blog?

Favicon biasannya menjadi lambang blog. Sebua gambar persegi berukuran kecil yang telihat pada bagian tab browser. Sebagian orang menganggap favicon sebagai tambahan nilai SEO, sebagian lainnya menganggap bahwa favicon adalah sebuah gambar unik dan imut yang sering bertengger dengan membawa perwakilan hurup yang dimodifikasi dari nama blog tertentu, bahkan ada yang menggunakan favicon dengan gambar-gambar unik yang sering kali tidak dimengerti orang. Sebagian lagi mengaggap favicon bukan apa-apa (trus anda mengaggap favicon itu apa?, silahkan berkomentar).

Lalu mengapa harus memasang favicon?
Seperti yang dilansir dalam sebuah blog dari negeri antah berantah, dan telah saya sentil sedikit di atas bahwa favicon dapat berdampak pada SEO sebuah blog. Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan pada beberapa web yang memberikan layanan pengecekan nilai SEO, pasti (sebagian besar) menggunakan/mengambil favicon sebagai suatu identitas blog tertentu.


Untuk membuat favicon anda bisa menggunakan software designer seperti Photoshop, Corel Draw dan lain sebagainya. Kemudian dibentuk dengan ukuran persegi (segi empat sama sisi), lalu disimpan dengan format JPG.
Untuk mengganti favicon yang melalui edit HTML, caranya Anda tinggal menyimpan link seperti di bawah ini dan letakan di bawah kode head. Biasanya disimpan setelah deretan kode meta tag.

 <link href='URL FAVICON ANDA' rel='shortcut icon' type='image/x-icon'/>
Untuk mengganti favicon lewat tata letak caranya sangat mudah. Tinggal masuk ke tata letak >> kemudian klik "Edit" pada gadget Favicon di sebelah kiri atas. Kemudian silahkan upload favicon yang telah dibuat tadi.

Namun, jika mengalami masalah dalam favicon misalnya tidak muncul pada halaman tertentu (biasanya sering tidak muncul disaat setelah berkomentar dan membalas komentar di blog) gunakan kedua trik di atas.

Sampai disini dulu, semoga bermanfaat dan salam share :)

Advertisement