Trik Mencari Untung Mining Altcoin Dengan Modal Kecil

Dalam thread bitcointalk.org pada subdomain Announcements (Altcoins) anda akan mendapati berbagai macam nama altcoin, baik altcoin lama, yang baru rilis, dan yang belum rilis (belum mempunyai market atau pool). Altcoin-altcoin tersebut tentunya hadir dengan spesifikasi/profil yang bermacam-macam.

Bahkan jika kita melihat komentar dari threadnya, akan nampak perpaduan dari unsur pro dan kontra, tak lepas juga coretan-coretan sang developer guna memikat si peminat/penambang. Terlebih jika itu altcoin baru, maka berbagai lapisan masyarakat pecinta dan pembenci altcoin akan menuju kesana, penambang yang punya alat miner sendiri, penambang bergaya rental miner baik yang bermodal selangit sampai yang punya modal sikit nongkrong dan mantengin thread itu.

trik mining altcoin untung
Source: reddit.com

Kebetulan kali ini saya akan memberi trik dengan prinsip modal KECIL untung BESAR, yang berlaku untuk semua jenis algoritma koin dengan memanfaatkan layanan rental miner. Dengan demikian, perhatikan ketentuan-ketentuan berikut ini.

Pastikan anda punya modal bitcoin.

Trik ini bukan trik gratis, trik ini butuh sedikit modal bitcoin agar bisa berhasil menjalankannya. Minimal anda mempunya modal 0.012 BTC, sudah termasuk biaya fee. Modal tersebut digunakan untuk rental miner nanti. Kecuali anda punya alat miner sendiri.

Pastikan koin tersebut belum masuk market/exchanger.

Hal ini harus benar-benar diperhatikan, sebab jika koin tersebut sudah masuk market/exchanger maka otomatis momentum guna menjalankan prinsip modal KECIL untung BESAR untuk koin tersebut telah gugur.

Pilih koin yang pendek masa POWnya (proof of work) atau kegiatan menambang.

Mengapa memilih koin yang paling pendek masa tambangnya? Sebab dengan semakin singkat POW dari suatu koin maka koin itu akan disusahakan oleh developernya cepat masuk ke market/exchanger. Sehingga modal/investasi yang kita gunakan untuk menambang koin tersebut akan cepat kembali.

Pilih koin yang mempunya premine 0 atau premine yang wajar.

Premine ini bisa dibilang jatah untuk si developer koin. Biasanya premine digunakan untuk menyogok exchanger dan pool atau diberikan sebagai reward bagi seseorang yang bisa menerjemahkan threadnya ke dalam bahasa lain yang ada di bumi. Jika premine terlalu banyak dan tidak jelas distribusinya kemana, maka kemungkinan besar itu akan digunakan oleh developer untuk kepentingan perutnya sendiri, bagaikan pejabat yang korup uang rakyat.

Pastikan koin tersebut sudah memiliki wallet dan pool.

Inilah yang membuat kita harus menunggu, sebab kebanyakan developer altcoin pada pertama kali membuat thread koinnya, biasanya belum mencantumkan wallet dan pool dari koin tersebut. Maka jalan satu-satunya adalah mantengin terus thread koin itu. Biasanya akan ada countdown dari koin tersebut untuk kapan wallet dan pool di rilis dan koin akan mulai di tambang.

Nah, sampai disitu anda sudah mengetahui koin apa, dan mining di pool mana serta kapan bisa mulai menambang. Selanjutnya ke rental miner. Rental miner yang akan kita gunakan adalah NICEHASH.COM atau WESTHASH.COM. Mengapa harus rental miner tersebut? Jawaban dari pertanyaan itu telah saya bahas pada artikel di bawah ini.

Lalu, bagaimana menggunakan rental miner yang dimaksud? Nanti akan dijelaskan di kemudian hari. Untuk kali ini saya hanya ingin menjelaskan alurnya dulu. Jadi cara ini kita skip dahulu.

Sampai disini semuanya sudah lengkap, tadinya anda sudah memilih koin yang hendak di tambang, sudah memilih pool untuk menambang, dan sudah menjalankan aktifitas mining dengan menggunakan rental miner di nicehash, bahkan proses mining anda sudah selesai dan koin hasil mining telah terkumpul. Langkah selanjutnya yang paling tidak boleh anda lewatkan adalah ketika koin tersebut pertama kali masuk exchanger. Kirimlah seluruh koin anda ke exchanger tersebut. Mengapa hal ini paling tidak boleh di lewatkan? Karena pada saat itu harga koin masih tinggi. Momentum ini tidak bertahan lama, hanya butuh waktu 15 menit atau paling lama 1 hari saja. Selanjutnya harga dari koin itu akan terus turun dan terus turun.

Terus, apa sebaiknya yang dilakukan setelah koin masuk exchanger?

1. Jangan kehilanan momentum
Seperti yang saya jelaskan di atas, kesempatan hanya akan datang sekali, yaitu ketika koin tersebut pertama kali masuk exchanger. Lalu bagaimana jika melewati kesempatan di salah satu exchanger itu? Tenang, kesempatan masih ada jika koin tersebut belum masuk ke semua exchanger besar lainnya, seperti bittrex, c-cex, bter dan yang lainnya. Kebiasaan saya jika tertinggal momentum seperti ini, maka saya memilih hold dulu sambil berharap masuk ke exchanger ternama semacam bittrex, bter dan c-cex.

2. Jangan berpikir keuntungan yang berlipat-lipat kali lipat-lipat.
Tidak ada salahnya berpikir keuntungan yang besar, hanya saja tetap pada asas masuk akal. Yang perlu diperhitungkan terlebih dahulu adalah pengembalian modal/investasi anda. Atau bolehlah pasang rate 25% - 50% dari total modal yang digunakan saat menyewa rental miner. Atau dengan cara membuat beberapa order dengan price dan jumlah koin yang berbeda-beda. Terkadang jika momentumnya tepat, saya memasang rate 100% dari total modal yang digunakan, dan itu laku, bahkan sampai ada yang melewati perhitungan tersebut. Intinya jangan berpikir lama untuk menjualnya.

3. Tidak perlu mining lagi koin yang sama.
Jangan mengambil resiko yang berlebihan, anda memutuskan memilih untuk menambang koin tertentu sudah merupakan keputusan besar. Bagaimana jika ternyata koin tersebut scam? Sementara proses mining sudah selesai dan koin sudah terkumpul. Loh ko’ bisa scam? Iya, bisa saja si developer nakal membuat hidden block yang mempunya jumlah koin yang sangat banyak ketimbang block lainnya, atau dengan cara licik yang lain. Jadi, untuk mengantisipasi kehabisan momentum, jangan mining lagi koin yang sama. Carilah koin lain yang menurut anda bisa beroleh profit yang banyak lagi.

Contoh thread bitcointalk.org pada subdomain Announcements (Altcoins
https://bitcointalk.org/index.php?board=159.0

Dan Altcoin (koin) terbaru biasanya memiliki reply/komentar yang masih sedikit. Perhatikan gambar di bawah ini.
dapat untung dengan mining altcoin

So, inilah yang dimaksud dengan trik HIT and RUN itu. Tetap mempertimbangkan jumlah Bitcoin yang akan diinfestasi. Jangan berani melakukan jika anda ragu-ragu dan takut kehilangan. Meskipun trik ini terbilang cukup berhasil mendapatkan profit (menurut saya) bukan berarti bebas dari resiko kehilangan dari sejumlah bitcoin yang diinvestasikan. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu guna menambah pundi-pundi bitcoin ke wallet anda.

Terima kasih Portalindo

Advertisement