4 Tips Jitu Menghemat Kuota Internet Untuk Pengguna Smartphone

Tips Jitu Menghemat Kuota Internet Untuk Pengguna Smartphone – Bagi pengguna smartphone yang selalu berselancar di internet pasti menggunakan dan membuang-buang kuota yang tidak kecil. Terutama bagi yang senang update status di facebook, twitter, instagram, path dan google plus, bahkan yang hobi main game COC.

Selain itu ternyata banyak juga pengguna smartphone yang suka mengunduh/download berbagai macam barang digital di internet, berupa aplikasi/game, mp3, buku dan lain sebagainya, bahkan kuota internet yang perlu dihemat sedemikian rupa itu dipakai juga untuk menonton video di youtube, yang sudah bukan rahasia lagi bahwa aktifitas tersebut sangat menggerus kuota internet smartphone kita.
Kuota intenet sebetulnya ada yang berkapasitas unlimited yang diberikan oleh provider tertentu. Namun, meskipun berlabel unlimited tetap saja kuota tersebut ada batas masa habisnya. Untuk itu, mau tidak mau, sebagai pengguna smarthone yang bijak, maka pasti akan berpikir untuk menghemat kuota internet ini semaksimal mungkin.

4 Tips Jitu Menghemat Kuota Internet Untuk Pengguna Smartphone

Baca juga: Game Android Yang Menghasilkan Bitcoin Gratis

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan demi mengamankan kuota internet anda agar tidak cepat habis, namun tetap menikmati kesukaan/kepentingan anda di internet dengan smarpthone anda.

1. Pakai browser yang efisien dan hemat kuota

Memangnya seperti apa browser yang efisien itu? Browser yang efisien itu adalah browser yang berpenampilan elegan dilengkapi fitur-fitur yang sangat penting, seperti kolom pencariannya dan tidak banyak navigasi (menu) sehingga meminimalisir loading yang maca-macam.

Lalau bagaimana caranya agar pada saat browsing di internet akan lebih hemat dari biasanya? Agar lebih menghemat kuota saat berselancar di internet maka anda harus menonaktifkan pengunduhan gambar pada browser yang biasanya anda gunakan.

Untuk menggunakan cara ini pada google chrome, silahkan klik icon menu chrome kemudian klik settings. Untuk menghilangkan gambar klik Show advanced settings > Privacy > Content settings… > Images > Do not show any images. Lalu lanjutkan dengan Click-to-run plugins:pilih Show advanced settings > Privacy > Content settings… > Plug-ins > Click to play.

Bagaimana jika anda pengguna browser opera? Untuk opera sebenarnya sudah disediakan sebuah tools bernama Turbo, tools ini bekerja secara otomatis mengkopres data melalui server opera sebelum diteruskan ke smarpthone anda, sehingga dapat mengurangi kuota internet.
Untuk mengaktifkan fitur/tools Turbo di opera, klik icon menu di sudut kiri atas, kemudian klik Opera Turbo.

2. Menonaktifkan fitur Maps di Smartphone

Banyak pengguna smartphone yang tidak menyadari bahwa keberadaan fitur Maps itu sangat menguras kuota internet smartphonya. Jika anda jeli dalam menggunakan smartphone, maka pasti anda akan menonaktifkan fitur ini. Fitur Maps ini menggunakan GPS yang ternyata sangat menghabisi kuota internet anda, apalagi jika fitur ini digunakan untuk uilt-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite.

Baca juga: 4 Smartphone Android Paling Tipis dan Tercanggih dengan Harga Terjangkau

Untuk menonaktifkan fitur Maps ini pada pengguna system operasi Android, klik Search Bar yang terletak di atas aplikasi Maps, tarik layar sampai ke bawah hingga bertemu pilihan Save map to use offline, kemudian Save dan pindahkan ke mode Offline. Untuk pengguna iOS silahkan ubah pengaturanya ke mode Flight Mode.

3. Nonaktifkan layanan update otomatis aplikasi smartphone

Sebenarnya jika kapasitas update itu hanya berkisar pada puluhan ratusan KB, maka tidak menjadi masalah. Namun, jarang mendapati aplikasi yang kapasitas updatenya hanya segitu, biasanya berkisar puluhan MB bahkan ratusan.

Selain menggangu kenyaman anda dalam browsing di internet, hal ini juga cukup merepotkan kuota internet smartphone, lebih-lebih jiga dalam sekali update terdapat lebih dari satu aplikasi mengupdate secara otomatis.

Oleh karena itu, solusinya agar lebih menghemat paket internet anda, nonaktifkan layanan update otomatis ini, dan jika ingin mengupdate aplikasi-aplikasi tersebut gunakan layanan Wi-Fi gratis di rumah teman atau di kantor tempat teman anda bekerja.

4. Kurangi nonotn video, kurangi gaming, dan minimalisir mendownload

Mau tidak mau jika ingin sekali menghemat kuota internet agar tetap bertahan lama, ya harus mengurangi dan mengehemat aktifitas menggunakan kuota internet tersebut, dengan cara kurangi nonton video youtube, jangan terus-terus main game COC dan Get Rich, dan juga minimalkan mendownload apapun itu.

Baca juga: Download Game Clash of Clans (COC) Untuk PC dan Laptop

Sebagai solusi dari poin ini adalah, gunakan layanan Wi-Fi gratis di rumah teman atau dikantor tempat teman anda bekerja. Apalagi sekarang ini sudah banyak teman-teman yang terpasang internet rumahan.

Advertisement