7 Tips Ampuh Menghemat Baterai Smartphone

Gadget smartphone dewasa ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat kelas menengah ke atas. Ketergantungan akan teknologi smartphone ini makin hari kian meningkat, hal ini ditandai dengan selalu bertambahnya pengguna smartphone secara signifikan setiap tahunnya. Kalau dulu kita mengenal hp itu sebatas mengirim pesan singkat dan telepon saja, namun sekarang hp berkategori smartphone sudah menjadi alat serbaguna dan hampir mendukung segala bentuk kebutuhan, mulai dari pekerjaan, pengetahuan, kesehatan, bermain games, bersosialisasi dan lain sebagainya.

7 Tips Ampuh Menghemat Betarai Smartphone

Namun, hal-hal apapun yang ingin dilakukan dengan smartphone kita jika daya baterainyamelemah bahkan habis, jelas kita tidak dapat melakukan hal-hal tersebut. Hal yang paling sering terjadi pada smartphone yang paling mengusik ini adalah menurunnya daya baterai saat sedang digunakan, dengan begitu kita tidak bisa melanjutkan lagi untuk chatting, browsing, streaming, bersosial media dan lain sebagainya.

Baca juga:  Game Android Yang Menghasilkan Bitcoin Gratis

Berikut ini beberapa tips agar daya baterai bisa bertahan lebih lama dari biasanya baik untuk pengguna operasi system Android dan iOS, sehingga anda akan lebih lama memainkan smartphone anda dari biasanya.

1. Redupkan layar smartphone

Perlu kita ketahui bahwa semakin cerah layar smartphone maka semakin besar pula daya baterai yang dipakai, dengan begitu semakin cepat pula daya baterai habis. Untuk itu redupkan layar smartphone malalui setting dan matikan layar smartphone ketika sedang tidak digunakan.

2. Matikan sinyal radio untuk Bluetooth dan Wi-Fi

Setelah selesai menggunakan Bloetooth dan Wi-Fi segera matikan kedua fitur tersebut. Terutama jika sudah selesai menggunakan Wi-Fi. Kebiasaan pengguna smartphone adalah memanfaatkan layanan Wi-Fi gratis di rumah teman atau di kantor tempat temannya bekerja, namun terkadang lupa untuk mematikan fitur Wi-Fi tersebut pada smartphone ketika selesai menggunakannya. Hal inilah yang membuat daya baterai sangat boros dan cepat habis, sebab perangkat tersebut akan selalu mencari jaringan Wi-Fi kemana saja kita pergi.

3. Nonaktifkan live wallpaper

Penggunaan live wallpaper memang sangat memperindah tampilan background smartphone. Namun hal ini tidak perlu digunakan jika anda generasi pengehemat baterai smartphone.

4. Matikan Fitur Vibrate

Fitur vibrate atau getar memang sangat berguna, lebih-lebih jika kita orang yang mengalami gangguan pendengaran. Lebih-lebih jika anda dalam situasi rapat atau tempat yang membutuhkan situasi sunyi lainnya. Namun, fitur getar ini sangat menguras daya smartphone, untuk itu gunakan pada saat-saat tertentu saja.

5. Jangan nonton video youtube dan kurangi memutar mp3

Smartphone jika semakin sering digunakan untuk streaming dan mendengarkan lagu mp3, maka daya baterai pun makin lama makin habis.

6. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Sebetulnya cukup banyak aplikasi yang bekerja disaat smartphone dinyalakan, oleh sebab itu segera close aplikasi-aplikasi yang dirasa sedang tidak dipakai atau tidak dibutuhkan, misalnya Maps yang menggunakan GPS, selain menghemat baterai anda juga telah menghemat kuota internet smartphone.

Baca juga: 4 Tips Jitu Menghemat Kuota Internet Untuk Pengguna Smartphone

7. Lakukan pengisian baterai sampai 100%

Kebiasaan fatal yang sering dilakukan pengguna smartphone adalah melepas daya pengisi baterai saat pengisian belum sepenuhnya selesai atau belum 100%. Jika hal selalu dilakukan berulang-ulang, maka akan membuat baterai smartphone blong atau bocor, dengan begitu daya baterai akan semakin cepat habis saat digunakan, terutama bagi yang sering menggunakan power bank untuk men-charger smartphonenya.

Demikian sebagian cara untuk menghemat daya baterai di smartphone, jadilah selektif dan bijak dalam menggunakan smartphone untuk menjaga agar daya baterai tidak cepat habis, terutama dalam situasi momen-momen penting.

Advertisement