Solusi Penyebab Tombol Daftar Google Adsense Tidak Bisa Diklik

Anda pernah mengalami kendala dalam mengklik tombol Google Adsense yang tidak aktif di blogspot sewaktu ingin mendaftarkan blog tersebut ke Google Adsense? Pasti anda bertanya-tanya mengapa tombol tersebut belum aktif sehingga tidak bisa diklik. Penyebab tombol tersebut tidak bisa diklik berhubungan dengan persyaratan dalam TOS yang dibuat oleh pengelola Google Adsense, baik blog yang bersangkutan dan profil pemilik blog atau blogger tersebut. Bisa jadi ada beberapa hal yang belum memenuhi persyaratan Google Adsense.

Baca juga: Solusi Mengatasi Konten Tidak Memadai Google Adsense

Beberapa bulan lalu saya pernah mencoba mendaftarkan blog bahasa inggris yang berusia belum cukup sebulan melalui menu navigasi dashboard blogger, walhasil masih bisa melakukan pendaftaran dengan cara tersebut, meskipun pada akhirnya permintaan saya ditolak oleh Google Adsense. Beberapa minggu kemudian saya coba lagi mendaftarkan blog tersebut ke Google Adsense, dan masih bisa menggunakan tombol pendaftaran tersebut, meskipun pada akhirnya permitaan itu ditolak lagi. Namun, beberapa pekan lalu saya sempat membaca postingan di forum tentang keluhan blogger menyangkut tidak aktifnya tombol pendaftara Google Adsense tersebut di platform blogger.

Solusi Penyebab Tombol Daftar Google Adsense Tidak Bisa Diklik

Mengapa Tombol Mendaftar Google Adsense pada Blog Tidak Aktif?

Jika anda mengalami kejadian seperti ini, maka anda tidak akan bisa mendaftar Google Adsense baik melalui dashboarb blogspot maupun melalui www.google.com/adsense untuk sekarang, sampai keseluruhan persyaratan yang diberikan Google Adsense dipenuhi. Seperti yang dituliskan dalam TOS Google Adsense maka ada beberapa persnyaratan yang perlu diperhatikan untuk menanggulangi hal semacam ini.

Memang tidak ada penjelasan yang pasti mengenai solusi dari tombol pendaftaran Google Adsense yang tidak aktifk ini, namun jika membaca persyaratan yang termaktub dalam TOS Google Adsense, maka kemungkinan pendaftar atau blog yang didaftarkan belum memenuhi beberapa persyaratan penting berikut ini.

1. Usia calon pemohon Google Adsense minimal 18 tahun
2. Usia blogspot masih sangat muda
3. Jumlah artikel yang masih sedikit
4. Blog belum di indeks mesin pencari Google
5. Blog belum banyak pengunjung

Sejak dulu aturan atau persyaratan tersebut di atas sudah lama menjadi acuan dalam mendaftar Google Adsense, namun kemungkinan baru dapat diberlakukan dengan serius semenjak sekarang ini. Besar kemungkinan hal ini dilakukan untuk mempersempit kesempatan untuk blog baru yang tergesa-gesa dalam mendaftar Google Adsense. Bahkan blog yang didaftarkan masih sangat muda usianya dan belum mendapatkan pengunjung yang banyak dari mesin pencari. Padahal jika dipikir-pikir, buat apa mendaftar Google Adsense jika pengujung blog masih bisa dihitung pakai jari? Tanpa pengunjung, pasang Adsense sama saja bo’ong.

Solusi Agar Tombol Mendaftar Google Adsense Aktif Atau Dapat Diklik

Nah, jika anda ingin mendaftar Google Adsense dari blogspot namun mengalami hambatan karena tombol pendaftaran yang tidak aktif-aktif, maka anda perlu melakukan hal-hal berikut ini.

1. Sebaiknya menunggu usia sampai 18 tahun

Google Adsense membatasi usia publishernya yaitu minimal 18 tahun. Jika tidak ingin mengalami kesulitan di atas, terlebih dahulu pastikan umur anda sudah 18 tahun ke atas. Ingat, ini bukan mainan anak-anak.

2. Genapkan usia blog hingga 6 bulan ke atas

Tidak perlu tergesa-gesa mendaftar Google Adsense, sebaiknya anda menunggu dulu sampai blogspot anda berusia hingga 6 bulan atau lebih. Bisa saja secara kebetulan blog anda akan diterima pada usia blog di bawah 6 bulan, namun kemungkinan ini sangat kecil, sebab kali ini Google Adsense benar-benar memperhatikan blog dan calon publishernya, bahkan banyak pula akun Adsense yang di banned dengan tanpa alasan yang pasti, akibat melanggar dan tidak patuh terhadap persyaratan Google Adsense.

3. Perbanyak posting artikel original secara berkala

Hendaknya blog diisi dengan artikel yang bermanfaat dan original hasil kreasi anda sendiri, dan hendaknya memposting artikel secara berkala setiap saat, dengan begitu Google akan menilai bahwa blog tersebut terurusi.

4. Submit artikel ke webmaster tools

Tujuan mensubmit artikel blog ke webmaster tools adalah untuk mempercepat mesin telusur mengindeksi postingan blog tersebut. Semakin sering mempublish artikel di blog dan mensubmitnya ke webmaster tools, maka kemungkinan besar artikel blog anda akan semakin cepat di indeksi oleh mesin pencari tersebut, terutama mesin pencari Google.

Artikel terkait: Cara Meningkatkan Pengunjung dari Mesin Pencari

5. Terus optimasi blog untuk menarik visitor

Selain membuat postingan original juga bermanfaat bagi orang banyak dan mensubmit artikel ke webmaster tools, hal yang perlu diupayakan lainnya dalam menarik pengunjung ke blog adalah mengoptimasi SEO blog tersebut, dengan begitu bisa saja kurang dari enam bulan blog anda sudah banyak pengujungnya, baik yang langsung datang dari mesin telusur, social media dan lain-lain.

Baca juga: Cara Cepat Riset Keywrod Tanpa Software Untuk Website Adsense

Demikian artikel tentang Solusi Penyebab Tombol Daftar Google Adsense Tidak Bisa Diklik di blog, jika sudah melakukan poin-poin di atas, cobalah daftarkan kembali blog anda tersebut dan semoga diterima oleh pihak Google Adsense.

Advertisement