Mengganti Musik/Audio Video Youtube Setelah Diupload Karena Dicekal

Tips Youtube kali ini tentang cara mengganti atau menambahkan musik, audio, instrumental atau efek suarau pada video Youtube yang sudah diupload. Biasanya hal ini dilakukan karena audio/musik pada video tersebut mendapat klaim hak cipta dari pihak ketiga, atau dicekal di beberapa negara dan atau melanggar perundang-undangan yang berlaku pada negara tertentu.

Baca juga: Agar Musik Video Youtube Tidak Dicekal di Beberapa Negara

Seperti biasa, jika video mendapat pesan ‘dicekal dibeberapa negara’ maka video tersebut tidak dapat dimonetisasi atau tidak dapat menayangkan iklan Google Adsense kita. Namun anda tidak perlu khawatir, anda pun tidak usah menghapus video yang sudah diupload tersebut jika masalahnya ada pada background suara/musik. Sebab Youtube sendiri sudah menyediakan pengeditan video secara online, salah satunya mengganti latar belakang suara atau musik video.
Mengganti Musik/Audio Video Youtube Setelah Diupload Karena Dicekal

Cara Mengganti atau Menambahkan Musik pada Video Youtube Karena Dicekal pada Beberapa Negara

Seperti yang sudah saya bahasakan sebelumnya, untuk panduan kali ini kita akan menggunakan fitur pengeditan video yang telah disediakan oleh Youtube. Caranya sebagai berikut.

1. Login ke Youtube, klik menu Saluran Saya > Pengelola Video.
2. Kemudian cari video yang ingin diedit musiknya, lalu klik pada tombol Edit > Audio.
Mengganti Musik/Audio Video Youtube Setelah Diupload Karena Dicekal

3. Pilih musik/audio sesuka anda pada bidang yang diberi kolom seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Mengganti Musik/Audio Video Youtube Setelah Diupload Karena Dicekal
4. Jangan lupa Simpan jika sudah selesai memilih lagu yang cocok.

Nah, dengan mengganti musik latar belakang yang disediakan Youtube, maka video menjadi support menayangkan iklan Google Adsense dan dapat menghasilkan uang untuk anda. Artinya, video yang tidak dicekal lagi alias tidak melanggar hak cipta.

Demikian infromasi tentang cara mengganti atau menambahkan musik/audio pada video Youtube yang dicekal setelah di upload. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan salam sukses.

Advertisement