Tips Memilih Domain dan Hosting Untuk Website Indonesia

Tips internet kali ini tentang cara memilih domain dan hosting yang akan kita gunakan untuk blog atau website berbahasa Indonesia. Salah satu strategi meningkatkan penjualan bisnis online yang kita kelola adalah memilih domain dan hosting terbaik. Jika kita mampu memantapkan strategi ini, maka bukan hal yang tidak mungkin usaha bisnis online kita akan melejit. Meskipun kita ketahui bahwa semua kesuksesan bisnis online tergantung pada pemilihan domain dan hosting. Hanya saja, hal ini pula kerlu kita perlakukan secara bijak.

Baca juga: Mengenal Pengertian Hosting, Domain dan Website

Intinya, pemilihan nama domain dan tempat hosting terbaik menjadi satu acuan untuk mendatangkan banyak trafik baik dari mesin pencari, media sosial ataupun dari berbagai internet marketing yang diperlukan.

Tips Memilih Domain dan Hosting Untuk Website Indonesia

Untuk itu, beberapa tips berikut ini akan membantu anda untuk memilih nama domain dan tempat hosting terbaik untuk website bahasa Indonesia demi kelangsungan usaha dan bisnis online anda, ataupun blog portal yang akan anda kelola.

Tips Memilih Domain yang Baik Untuk Blog atau Web Indonesia

1. Kesinambungan antara nama domain dengan niche blog atau website; Keterkaitan nama domain dan ulasan atau topi blog ini sangat penting. Hal ini akan memicu penglihatan serta pemikiran pengunjung saat sedang membaca di mesin pencari atau melihat iklan di website tertentu agar makin tertarik mengunjungi website atau blog anda. Dengan adanya kesinambungan antara dua hal ini, maka berarti nama domain anda menjadi user friendly.

Misalnya, jika website atau blog anda membahas tentang cara meningkatkan trafik/pengujung maka nama domainnya menjadi: bomtrafik.com atau trafikdobel.com

2. Jangan gunakan nama domain yang terlalu rumit dan membingungkan; Nama domain yang ambiguitas akan membingungkan pengunjung jika suatu saat pengunjung tersebut telah tertarik dengan ulasan blog anda. Untuk itu gunakan nama domain yang mudah diingat. Untuk lebih jelasnya, gunakanlah nama domain berbahasa Indonesia yang mewakili topik blog atau website anda.

3. Gunakan domain TLD yang populer; Seperti .com atau domain mewakili wilayah dan prinsip ulasan web; Mengapa harus dotcom? Sebab salah satu TLD tersebut lebih mudah disebut dan gampang diingat oleh pemula. Bisa saja anda menggunakan opsional lain, diantaranya yang sesuai dengan target wilayah yang diinginkan, TLDnya seperti .co.id atau .id. Namun jika website ini lebih mengarah pada organisasi tertentu, gunakan TLD .org.

4. Khusus website bisnis online, gunakan SSL seperti HTTPS; Untuk bisnis online lebih baik menggunakan nama domain berbahasa Indonesia dan TLD .com. Bukan hanya itu saja, jika ingin membangun kepercayaan pengunjung dilihat dari unsur pembangun website, gunakan SSL yang tinggi macam HTTPS. Agar member di bisnis online anda merasa aman menggunakan website tersebut.

Tips Memilih Hosting yang Baik Untuk Blog atau Web Indonesia

1. Pilih hosting sesuai kebutuhan website atau blog; Pastikan Space dan Bandwith sesuai dengan kebutuhan anda. Bandwith harus besar kalau perlu Unlimited jika Web Anda memang memerlukan bandwith yang besar

2. Cari hosting yang murah tapi bukan murahan; Artinya biaya murah boleh saja, tapi fiturnya harus bersaing. Fitur yang diperhatikan seperti PHP, MySql, SubDomain, email dan lain-lain.

3. Uji kelayakan CS (customer services) dari layanan hosting; Jika dalam komunikasi chat anda merasa diabaikan oleh CS ini, segeralah berpindah ke layanan hosting lainnya. Cerminan layanan hosting bergantung pada cara CS ini melayani penggunannya.

4. Periksa kecepatan layanan hosting yang akan di sewa; Pastikan cek kecepatan hosting sebelum anda menyewanya. Salah satu webtools yang bisa anda gunakan untuk mengetahui hal adalah http://host-tracker.com.

5. Cari informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengontrak hosting; Hal ini sangat penting dalam memilih layanan hosting. Sebelum memutuskan untuk membeli, carailah data-data, artikel atau ulasan yang membicarakan layanan hosting tersebut. Apa lebih banyak kekurangannya atau sebaliknya.

Itu saja informasi yang bisa saya bagi tentang Tips Memilih Domain dan Hosting Untuk Website atau Blog Indonesia. Kemungkinan masih ada hal-hal lain yang menjadi acuan untuk menentukan pemilihan domain dan hosting ini. Untuk itu, bagi siapa saja yang punya pendapat lain, silahkan membubuhkannya pada kolom komentar. Semoga membantu dan salam sukses.

Advertisement