Mengenal Pengertian Hosting, Domain dan Website

Dalam berselancar di internet, kita tidak bisa lepas dari istilah hosting, domain dan website. Hanya saja beberapa diantara kita ada yang masih belum mengenal dengan pasti apa saja yang sedang mereka lihat saat menggunakan internet. Padahal apa yang dihadapannya itu, mulai dari pertama kali membuka browser lalu mengetikan kata kunci atau keyword saat terhubung dengan internet maka ketiga hal ini selalu mengikuti apa saja yang kita lakukan saat melakukan aktifitas internetan tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Domain dan Hosting Untuk Website Indonesia

Mengenal Pengertian Hosting, Domain dan Website

Nah, bagi anda yang masih bingung akan perbedaan dari ketiga istilah ini, baik hosting, domain dan website, inilah penjelasan singkatnya.

Pengertian Hosting

Saat kita sering browsing atau melihat iklan-iklan yang tayang di internet, kita secara tidak sengaja sering menjumpai istilah ini. Hosting adalah server tempat penyimpanan macam-macam data digital macam gambar, font (huruf), tulisan, video dan lain sebagainya. Kemudian file-file dalam hosting tersebut akan ditampilkan pada sebuah website, yang kemudian file-file dalam website itu dapat kita akses saat sedang terhubung dengan internet.

Pengertian Domain

Selain hosting, ada lagi istilah di internet lainnya yaitu domain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) domain dapat berarti  area, wilayah, atau daerah. Dalam pengertian lain domain ialah nama unik yang diberikan oleh seseorang untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Artinya, domain menggantikan IP Address yang akan menuju pada server tertentu dan biasanya diwakili oleh adanya website. Ip Address sendiri merupakan deretan angka-angka rumit. Dengan adanya domain ini, maka pengunjung atau pengguna tidak lagi menuliskan deretan angka-angka rumit tersebut, cukup dengan mengetikan nama domain, seperti google.com, facebook.com, twitter.com dan bungfrangki.com.

Pengertian Website

Website atau yang sering juga disebut dengan Web, dapat diartikan sebagai suatu kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar, animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dan masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink. Singkatnya, website ialah menampilkan serangkaian data atau file yang telah dihosting.

Demikian informasi tentang Pengertian antara Hosting, Domain dan Website. Semoga anda makin paham akan istilah-istilah tersebut dan istilah lainnya yang ada di internet. Semoga membantu dan salam sukses.

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.