Cara Terbaru Memperbaiki Layar LCD PC dan Laptop Bergaris

Tips komputer kali ini tentang cara mengatasi layar monitor atau LCD PC/komputer dan laptop yang bergaris-garis, baik bergaris vertikal maupun horizontal. LCD bergaris ini kelihatan sangat mencolok dengan berbagai warna, mulai dari warna hitam, hijaun, keungu-unguan, biru, kemera-merahan, dan lainnya. Dengan mendapati layar monitor LCD PC atau laptop anda bergaris seperti itu, pasti anda akan bertanya-tanya apakah layar PC atau laptop saya rusak dan mengapa LCD itu sampai bergaris?

Untuk kasus seperti ini, layar monitor anda tidak benar-benar rusak. Hanya saja pixel kecil pada bagian monitor terjadi error atau dead pixel, sehingga tidak dapat membaca tampilan gambar yang sedang dimuat pada PC atau laptop.

Dead pixel pada LCD dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya ialah karena memang kesalahan dari pabriknya yang tidak teliti mengidentifikasi pixel yang lemah pada masing-masing monitor, sehingga terkena hentakan atau benturan sedikit saja akan mengakibatkan garis-garis pada monitor. Faktor selanjutnya ialah, karena LCD/monitor PC atau laptop sering ditekan, baik pada saat menyala dan sedang tidak dihidupkan. Kemudian, faktor yang lainnya ialah kesalahan teknis lainnya, yang mungkin diakibatkan oleh layar monitor sudah berumur dan pixel yang membentuk tampilan gambar di monitor semakin melemah.

Baca juga: Cara Lengkap Melihat Spesifikasi PC dan Laptop

Untuk mengatasi hal ini, anda tidak perlu pergi ke service PC atau laptop dulu, sebab anda dapat memperbaikinya dari rumah atau tempat kerja anda. Anda hanya perlu satu aplikasi yang dapat memperbaiki dan mengatasi layar LCD baik PC dan laptop yang bergari-garis tersebut.
Cara Terbaru Memperbaiki Layar LCD PC dan Laptop Bergaris

Cara mengatasi layar monitor PC dan laptop yang bergaris horizontal dan vertikal

Seperti yang telah disinggun sebelumya untuk mem-fix-kan hal ini, anda butuh satu aplikasi yang cukup ampuh untuk memperbaiki layar monitor bergaris tersebut. Aplikasi atau softwarenya bernama Pixel Repairer. Pixel Repairer berfungsi untuk mencari lalu memperbaiki pixel dead pada LCD monitor PC atau laptop anda.

Keunggulan Pixel Repairer yang perlu diketahui ialah diantaranya; dapat mendeteksi dengan cepat adanya kebocoran pada layar LCD monitor PC/komputer dan laptop anda dengan sangat akurat, mampu mengatasi dan memperbaiki dead pixe pada layar LCD monitor, dapat memperbaiki layar LCD monitor yang bergaris tentunya, softwarenya sangat ringan, dan lain sebagainya.

Cara menggunakan Pixel Repairer untuk memperbaiki dan mengatasi layar LCD monitor yang bergaris


  • Pertama kali anda harus mendownload aplikasi Pixel Repairer terlebih dahulu. Kemudian extract file RAR.
  • Pilih pattern warna yang digunakan, boleh juga warna atau garis-garis.
  • Cara Terbaru Memperbaiki Layar LCD PC dan Laptop Bergaris
  • Jika sudah ditentukan/diklik pilih Enable
  • Cara Terbaru Memperbaiki Layar LCD PC dan Laptop Bergaris
  • Maka layar PC atau laptop anda akan berubah menjadi pattern yang anda pilih tadi. Jika anda mengklik layar/monitor maka pattern tersebut akan berubah-ubah, baik berwarna-warni atau yang lainnya. Jika layar LCD monitor anda baik-baik saja, maka tidak akan ada penampakan garis-garis. Tetapi, jika ada dead pixel pada monitor tersebut, maka akan terlihat dengan jelas. Untuk kembali silahkan tekan ESC atau Alt+F4 pada komputer atau laptop anda. Kemudian pilih menu Repair > Add, lalu tempatkan pada dead pixel di monitor LCD anda.
  • Cara Terbaru Memperbaiki Layar LCD PC dan Laptop Bergaris

Tunggu beberapa saat kemudian, atau jika anda ada perkerjaan penting di PC atau laptop tersebut, silahkan di minimize saja aplikasi ini.

Jika error atau kerusakan yang dialami oleh layar LCD monitor anda masih sedikit ringan, maka layar bergaris di PC/laptop anda akan segera di atasi oleh Pixel Repairer. Namun, jika kerusakan sudah sedemikian parahnya, atau setelah menggunakan aplikasi ini namun tidak ada solusinya dan layar LCD monitor anda masih saja bergaris-garis, silahkan untuk membawa dan memeriksanya pada service center resmi dari monitor tersebut.

Demikian informasi tentang cara memperbaiki layar LCD monitor PC/komputer dan laptop yang bergaris. Semoga membantu dan selamat mencoba.

Advertisement