Cara Lengkap Melihat Spesifikasi PC dan Laptop

Cara Melihat Spesifikasi PC/Komputer dan Laptop dengan Lengkap – Terdapat beberapa cara untuk melihat spek PC atau laptop baik di Windows 7, 8, 8.1 dan Windows 10. Salah satu cara yang sering dilakukan banyak orang untuk hal ini ialah mempergunakan tools bawaan Windows itu sendiri. Cara ini lebih banyak digunakan karena lebih mudah dan tidak perlu menginstal software tambahan.

Meski demikian, tidak sedikit juga yang memanfaatkan software tertentu untuk melihat spesifikasi komputer atau laptop. Alasannya beragam, namun alasan yang paling banyak dilontarkan ialah untuk melihat nilai spesifikasi yang lebih lengkap lagi.



Berikut ini beberapa cara atau trik untuk melihat spesifikasi PC dan laptop secara lengkap baik menggunakan tools bawaan Windows dan menggunakan software.
Cara Lengkap Melihat Spesifikasi PC dan Laptop

Melihat spesifikasi PC atau laptop melalui tools properties My Computer atau This PC

Secara umum cara ini yang paling banyak digunakan oleh orang. Caranya memang relatif mudah dilakukan. Yaitu anda tinggal masuk ke Devices and Drives (tekan bendera Windows+E), kemudian klik kanan pada My Computer (Windows 7) atau This PC (Windows 8, 8.1) lalu klik Properties. Maka akan muncul tab windows baru seperti pada gambar berikut ini.
Cara Lengkap Melihat Spesifikasi PC dan Laptop

Melihat spesifikasi PC atau laptop melalui DirectX Diagnostic Tool

Cara selanjutnya masih menggunakan tools bawaan windows. Tools yang dimaksud ialah DirectX Diagnostic Tool. Cara ini menggunakan RUN dan dengan kode perintah tertentu. Caranya ialah tekan bendera Windows+R pada keyboard, lalu ketikkan perintah "dxdiag" (tanpa tanda kutip). Seperti pada gambar berikut ini:
Cara Lengkap Melihat Spesifikasi PC dan Laptop
Maka akan tampak spesifikasi PC/laptop tertentu pada DirectX Diagnostic Tool, mulai dari Operating System, VGA, Processor, Memory dan lain sebagainya. Seperti pada gambar berikut ini:
Cara Lengkap Melihat Spesifikasi PC dan Laptop

Melihat spesifikasi PC atau laptop dengan menggunakan aplikasi CPU-Z

Meskipun cara ini jarang digunakan, tapi info spesifikasi PC dan laptop dengan menggunakan aplikasi CPU-Z ini sangat lengkap dibandingkan dengan kedua cara di atas. Tidak hanya Operating System, VGA, Processor, Memory, CPU yang diberitahukan saja, akan tetapi banyak tools dan score atau kecepatan load juga diinfokan oleh aplikasi ini.

Aplikasi CPU-Z berlabel freeware yang bisa kita miliki secara gratis. Untuk cara menggunakannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Download CPU-Z versi terbaru: https://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html terlebih dahulu.
  2. Setelah itu istall aplikasinya seperti mengintal software pada umumnya.
  3. Buka aplikasi CPU-Z
  4. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini, yang memberitahukan banyak hal tentang spesifikasi PC/komputer atau laptop anda secara lengkap.
Cara Lengkap Melihat Spesifikasi PC dan Laptop

Sekian…

Posting Komentar