2 Cara Menghapus History Pencarian di Facebook

Tips Facebook kali ini ialah cara menghapus sejarah atau riwayat pencarian pada Facebook. Baik itu untuk maksud menghapus log aktifitas Facebook secara menyeluruh atau sebagian saja. Tahukah anda, bahwa setiap kali kita mengetikkan nama orang, nama group FB, nama perusahaan, nama sekolah atau yang lainnya di kolom pencarian Facebook lalu menekan enter, maka kata-kata tersebut akan tersimpan secara otomatis menjadi log tersendiri pada akun FB anda tersebut. Namun, tentu saja aktifitas pencarian yang tersimpan itu tidak menjadi konsumsi public, hanya anda pribadi yang dapat melihatnya.

Meski demikian, bagi anda yang super protektif dan paling menjaga’secure’ untuk merahasiakan sesuatu dari orang terdekat anda (pacar, isteri atau suami) atau alasan lainnya, karena anda sering mengintip profil seseorang di Facebook, maka artikel ini mungkin akan berguna bagi anda. Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bakal terjadi dikemudian hari bukan? Lebih-lebih jika pasangan anda tersebut sering membuka dan mengecek akun Facebook anda dan dia juga suka menelusuri fitur history pencarian yang telah disediakan oleh Facebook. Jika sampai ketahuan anda adalah ‘pemuja rahasia’ seseorang, maka makin runyam lagi urusannya.

Baca juga: Cara Hapus dan Menonaktifkan Akun FB Selamanya Secara Permanen

Nah, berikut ini saya menawarkan dua cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus sebagian bahkan seluruh aktifitas pencarian yang pernah anda lakukan di Facebook anda. Sebetulnya kedua cara ini adalah menuju pada pangkal yang sama, hanya saja cara memulainya atau langkah awalnya yang berbeda.

Anda dapat melakukan cara penghapusan log/aktifitas search di Facebook ini baik menggunakan desktop pc/komputer dan laptop), tablet dan smartphone android atau iPhone.
Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Facebook

Cara menghapus sejarah pencarian dari log aktifitas pada akun Facebook

Sebelum melakukan cara ini, pastikan anda sudah login ke akun FB anda. Lalu ikuti langkah mudahnya seperti berikut ini.

#Cara 1
Setelah login, pastikan anda sedang berada pada halaman profil Facebook anda, lalu klik Lihat Log Aktivitas.
2 Cara Menghapus History Pencarian di Facebook

Perhatikan menu yang diberi panah pada gambar berikut, klik Lainnya > Cari.
2 Cara Menghapus History Pencarian di Facebook

Klik tulisan pada kotak merah (untuk menghapus seluruh history pencarian), atau pada kotak biru (untuk menghapus log pencarian tertentu).
2 Cara Menghapus History Pencarian di Facebook

Setelah itu akan muncul pop up untuk mengkonfirmasi penghapusan log aktifitas pencarian di Facebook.

#Cara 2
Cara ini lebih singkat dari cara sebelumnya. Untuk menjalankan cara ini pastikan anda sedang berada di halaman BERANDA Facebook anda, lalu ikuti petunjuk berikut ini.

Anda hanya perlu mengklik kolom pencarian di Facebook, lalu tunggu beberapa saat, sampai muncul tulisan SUNTING pada hasil pencarian yang ditampilkan. Klik tulisan SUNTING tersebut.
Cara Menghapus History Pencarian di Facebook

Selanjutnya anda akan di arahkan ke halaman seperti pada gambar berikut.
Cara Menghapus History Pencarian di Facebook

Silahkan hapus log aktifitas pencarian yang anda inginkan, atau pula dapat menghapus seluruh history/sejarah pencarian di Facebook seperti yang telah dibahas sebelumnya.

Advertisement