Penyebab dan Cara Terbaik Mengatasi PC dan Laptop Mati Sendiri

Tips komputer kali ini tentang mengetahui penyebab dan cara mengatasi atau memperbaiki PC/komputer atau laptop secara tiba-tiba mati sendiri atau restart otomatis. Sebagai pengguna komputer atau laptop yang sudah lumayan lama, tentu pernah mendapati atau telah mengalami sendiri kejadian seperti ini. Laptop atau komputer tiba-tiba mati sendiri padahal sebelumnya baik-baik saja untuk mengerjakan segala hal. Sudah begitu listrik dan kontak listrik juga dalam keadaan menyala dan baik-baik saja. Memang cukup banyak kejadian aneh saat menggunakan teknologi yang cukup membuat geger kepala, salah satunya ialah komputer atau laptop tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Sebetulnya cukup banyak faktor yang mengakibatkan PC/komputer atau laptop bisa dengan tiba-tiba mati secara mendadak. Meski demikian anda tidak harus langsung ke service center dulu, jika masih bisa dikerjakan sendiri, mengapa tidak kita sendiri yang memperbaikinya, hitung-hitung berhemat biaya service. Untuk itu, anda perlu kenali terlebih dahulu apa penyebab komputer atau laptop mati sendiri, dan selanjutnya bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Jangan lewatkan: Cara Terbaru Memperbaiki Layar LCD PC dan Laptop Bergaris

Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi komputer atau laptop mendadak mati sendiri yang sudah sangat umum terjadi pada perangkat komputer atau laptop kebanyakan. Mungkin komputer anda juga mengalami kasus salah satu hal atau beberapa hal berikut ini.
Penyebab dan Cara Terbaik Mengatasi PC dan Laptop Mati Sendiri

Penyebab dan solusi laptop atau komputer mendadak mati sendiri

Laptop atau komputer yang terlalu panas; Beberapa laptop atau komputer rentan dan tidak tahan dengan suhu panas. Biasanya jika laptop atau komputer jenis ini akan mengambil tindakan untuk restart otomatis bahkan bisa mati tiba-tiba tanpa pemberitahuan sebelumnya. Panas yang berlebih pada laptop maupun komputer dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang paling sering memicu hal ini ialah sirkulasi udara pada PC yang tidak berjalan lancar.  Cara mengatasi hal ini iahal dengan membuka cover laptop atau komputer anda, kemudian pastikan putaran kipas berjalan lancar, jika ada demu maka bersihkan dengan hati-hati.

RAM laptop atau komputer kotor dan berdebu; Penyimpanan memory RAM pada laptop atau komputer harus dijaga kebrsihannya. Jika hal ini dibiarkan kotor dan berdebu dalam waktu yang lama, maka dapat memungkinkan running error dan komputer pun akan tiba-tiba restart sendiri bahkan mati sendiri. Cara mengatasi hal ini ialah membersihkan memory RAM dengan melepaskannya terlebih dahulu dari laptop atau komputer anda, kemudian di gosok dengan penghapus atau kain halus bersih higgan tak ada debu yang menempel lagi. Lalu pasang kembali perangkat tersebut ke laptop atau komputer anda.

Laptop atau komputer terkena virus jahat atau malware; Beberapa virus berfungsi untuk melakukan restart otomatis dan mati secara mendadak. Cara mengatasi hal ini ialah gunakan antivirus update untuk mencegah aktifitas virus atau malware ini selanjutnya, yang kemudian akan menghapus atau membuat shortcut file atau folder di komputer anda. Baca juga: 2 Cara Mengembalikan File Shortcut di Flashdisk Karena Virus.

Mengganti hardware yang tidak compatible; Hati-hati mengganti hardware untuk perangkat PC/komputer atau laptop anda. Tidak semua hardware yang cocok digunakan untuk setiap masing-masing komputer, meskipun harga hardware pengganti itu terbilang mahal harganya. Sebab, jika hardware tersebut dipasang, akan mengakibatkan error karena hardware baru tersebut tidak compatible.

Power suplay untuk laptop atau komputer bermasalah; Masalah pada power suplay mungkin kemungkinan kecil bisa terjadi. Hanya saja tetap harus diperhatikan segala perangkat yang terhubung dengan PC/komputer atau laptop kita jika terjadi mati secara tiba-tiba. Masalah pada kabel power yang terputus kemungkinan akan menyebabkan komputer atau laptop mendadak mati. Untuk itu, cara mengatasinya ialah, perbaiki dan ganti kabel power suplay anda jika ada yang terputus.

Salah satu komponen di komputer atau laptop tidak bekerja dengan baik; Hal ini ditandai dengan adanya suara bising yang dikeluarkan oleh perangkat di komputer atau laptop anda. Jika komponen ini selalu tidak berjalan sebagaimana mestinya maka komputer atau laptop anda akan gagal melakukan booting, lalu akan kembali pada kondisi awal atau otomatis restart.

Dari beberapa kasus di atas, mungkin hal yang paling harus anda perhatikan adalah kapasitas hardware pada laptop atau komputer anda. Hardware yang dimaksud ialah berupa VGA, harddisk, atau prosessor. Mungkin saja komponen perangkat berat tersebut bermasalah. Pada kebanyakan kasus yang mengakibatkan laptop atau komputer otomatis restart, gagal booting, dan mati secara mendadak karena diakibatkan oleh hardware tersebut yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Lebih-lebih jika kerusakan terjadi pada harddisk. Jika harddisk tidak bekerja secara optimal maka system operasi yang diinstal pun tidak akan berjalan, atau gagal running. Sehingga booting, restart otomatis dan komputer mati pun tidak bisa dihindari.

Untuk masalah yang lain-lain selain masalah pada harddisk, anda bisa mencoba dengan menginstal ulang OS pada laptop atau komputer tersebut. Untuk hal ini anda dapat mengikuti panduan Cara Instal Windows 7, 8, 8.1 dan windows 10 dengan Flashdisk Tanpa Software Tambahan.

Demikian informasi tentang penyebab dan solusi mengatasi laptop atau komputer restart otomatis dan mati sendiri. Semoga berguna dan selamat mencoba.

Advertisement