Cara Bootable dan Install Windows 7, 8, dan 10 Via Flashdisk Tanpa Software

Tips komputer kali ini tentang Cara Bootable dan Instal Windows 7, 8, 8.1 dan 10 Via Flashdisk. Tanpa menggunakan software atau aplikasi tambahan. Sebelum menginstal ulang laptop/PC baru dan lama dengan flashdisk, maka kita harus setting dulu flashdisk tersebut sebelum dimasukkan file ISO dari Windows yang ingin diinstall.
Cara Install Windows dengan Flashdisk tanpa Software

Setting flashdisk yang dimaksud ialah untuk membuaat flashdisk bootable, sehingga bisa langsung booting saat kita menggunakannya sebagai installer di pc/laptop merek apapun (Asus, Toshiba, Lenovo, ROG, Acer, Samsung, dll). Untuk membuat flashdisk menjadi bootable tidak perlu menggunakan software atau aplikasi tambahan. Cukup menggunakan tools bawaan Windows, yaitu CMD (command prompt).

Jika menginstal OS Windows menggunakan software, sebetulnya dipakaipun hanya sekali saja. Ditambah lagi jaringan yang lemotnya minta ampun (bahkan minta ampun saja tidak cukup) untuk download aplikasinya. Boro-boro kalau software pendukung tersebut bukan virtual dan mengandung banyak virus yang zolim dan menjengkelkan (bukan so’uzon, tapi lebih berhati-hati).

Jika sudah siap, silahkan ikuti tutorial tentang cara booting/bootable flashdisk untuk install ulang Windows 7, 8, 8.1 atau Windows 10 (pro & enterprise) di komputer/laptop Anda.

Cara membuat USB flashdisk menjadi installer, untuk install ulang OS Windows

  • Buka command promnt dengan menekan tombol win+R lalu ketik CMD, kemudian tekan enter.
  • Setelah itu ketik diskpart lalu tekan tombol enter.
  • Ketik lagi list disk (untuk menampilkan media penyimpanan di pc atau laptop anda)
  • Perhatikan kapasitas ukuran dari media penyimpanan yang ditampilkan, jika sudah yakin itu adalah flashdisk yang anda colokkan tadi silahkan pilih media tersebut dengan mengetik select disk 1 atau select disk 2 atau select disk 3 (tergantung posisi flashdisk anda).
  • Setelah itu ketik clean, lalu enter, langkah berikut ketik create partition primary, lalu enter.
  • selanjutnya ketik select partition 1, tekan enter, kemudian ketikan active, lalu enter lagi.
  • Langkah berikut ketik format fs=fat32, kemudian enter (tunggu hingga 100% flashdisk anda sedang diformat). Perhatikan gambar di bawah ini.
Cara Install Windows dengan Flashdisk tanpa Software
  • Setelah itu ketik assign, lalu enter.
  • Sentuhan terakhir ketik exit dan tekan dengan keras tombol enter. -_-

Langka-langkah di atas merupakan tahap persiapan terhadap flashdisk yang akan digunakan untuk melakukan instal ulang OS Windows di laptop atau computer anda.

Selanjutnya silahkan kopi file instalasi windows (buka file ISO, lalu copy) dan paste ke Flashdisk yang sudah di bootable tadi. Misalnya, file instalan/file ISO windows 8 yang ada pada DVD di kopi paste ke flashdisk yang sudah dirias tadi. Sebelum melakukan instalasi, jangan lupa setting first bootnya (pindah ke paling atas) di BIOS menjadi Flashdisk. Cara menentukannya ialah dengan melihat nama penyimpanan dan size flashdisk tersebut.

Jika booting berhasil, maka proses instalasi system operasi Windows harusnya akan berjalan dengan lancar.

Demikian tutorial tentang Cara Bootable dan Install Windows 7, 8, dan 10 Via Flashdisk Tanpa Software. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Jangan lupa bookmark halaman ini, jadi jika sewaktu-waktu Anda butuh tutorialnya, tinggal lihat di list bookmark browser Anda. Sekian, sala!
Advertisement
Free and premium blogger templates