Agar Tidak Dimasukkan ke Grup Facebook Sembarangan

Siapa saja pengguna Facebook pasti sudah pernah menerima notifikasi atau pemberitahuan kalau akun FBnya telah ditambahkan ke dalam sebuah grup Facebook oleh teman Facebooknya sendiri. Grup facebook ini bisa berupa apa saja dengan nama apa saja dan oleh siapa saja, sehingga disebut grup sembarangan atau grup tidak jelas eksistensinya.

Grup facebook seharusnya ialah tempat nongkrong secara online bersama teman-teman se-hobi, seprofesi, se-angkatan atau sekelompok orang tertentu yang mempunyai tujuan yang sama, dengan asas saling kenal mengenal dan saling menopang antara satu dengan yang lainnya.

Hanya saja, hal tersebut tidak diperdulikan oleh oknum pengguna Facebook, yang maunya “memaksakan” kehendak untuk menambahkan seseorang pada grup “sembarang dan tidak jelas” buatannya. Bahkan, teman facebook lainnya juga turuk mendukung tindakan tersebut dengan menambahkan temannya yang lain pada grup sembarangan tesebut.
Agar Tidak Dimasukkan ke Grup Facebook Sembarangan

Entah ini adalah unsur kesengajaan atau tindakan robot, virus atau malware, apapun alasannya menambahkan seseorang pada grup Facebook yang tidak jelas kepakan sayapnya seperti itu sangat meresahkan pengguna facebook lainnya. Apalagi jika nama dari grup facebook “sembarangan” tersebut bernada nyeleneh, tentu ini akan merusak nama baik, citra, harkat dan martabat dan keluarga dari yang bersangkutan.

Dari kasus seperti ini, beberapa fakta menarik telah ditemui dan terverifikasi keabsahannya. Bahwa seseorang yang menjadi teman kita yang juga telah menambahkan kita pada grup facebook sembarangan tersebut adalah tidak sadar bahwa ia telah menambahkan teman-temannya ke grup facebook. Ini berarti ada yang salah dengan akun si pengundang ke Facebook ini. Untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, silahkan baca artikel berikut.

Baca: Mengatasi Facebook yang Sering Mengundang Teman ke Grup Secara Otomatis

Lalu apa solusi cara mencegah agar tidak dimasukkan atau di invite ke grup Facebook sembarangan seperti itu? Solusi yang dapat saya berikan agar tidak dapat ditambahkan lagi pada grup Facebook yang tidak jelas adalah sebagai berikut.

1. Langsung keluar dari grup Facebook

Untuk mencegah penambahan grup facebook menumpuk, segeralah untuk keluar pada grup facebook yang baru ditambahkan. Jangan lupa centang pada Cegah anggota lainnya menambahkan anda kembali ke grup ini.
Agar Tidak Dimasukkan ke Grup Facebook Sembarangan

2. Unfriend teman facebook yang sudah menambahkan ke grup

Untuk melihat teman yang menambahkan ke grup, manfaatkan notifikasi (pemberitahuan) pada akun Facebook anda. Jika perlu klik link Lihat semua, untuk melihat seluruh notifikasi minggu terakhir di Facebook anda.
Agar Tidak Dimasukkan ke Grup Facebook Sembarangan

Pada notifikasi tersebut akan terlihat orang yang telah menambahkan anda ke grup facebook. Carilah nama tersebut pada kolom pencarian facebook, lalu unfriend atau hapus pertemanan.

3. Hapus aplikasi yang aneh-aneh yang pernah ditautkan dengan akun Facebook

Jika sebelumnya anda pernah menautkan akun facebook anda dengan aplikasi online lainnya, maka silahkan di cek kembali, apakah aplikasi tersebut masih bermanfaat, sudah tidak bermnafaat atau malah pemicu spam.
Agar Tidak Dimasukkan ke Grup Facebook Sembarangan

Caranya, pergi ke beranda > scroll ke bawah temukan tulisan Aplikasi > Lainnya > Pengaturan, maka akan muncul daftar palikasi yang pernah ditautkan dengan Facebook anda.

4. Hindari mengklik sembarangan tautan yang dibagikan ke grup atau timeline teman Facebook

Tidak semua tautan di facebook murni menuju ke link aslinya, banyak juga tautan spam yang berisi malware dan virus dengan tampilan yang menipu. Bisa berupa foto cewek s*xy, video m*sum, cewek minta pin BB dan lain sebagainya. Jika kemudian anda mengklik tautan tersebut, maka anda akan diminta untuk mengisntal sesuatu, dari situlah asal mula akun Facebook anda akhirnya menjadi spam.

Akun facebook anda yang selanjutnya membagi tautan spam hingga menambahkan teman-teman anda ke grup sembarangan lainnya.

Advertisement