Mengatasi Facebook yang Sering Mengundang Teman ke Grup Secara Otomatis

Banyak yang bertanya dan heran mengapa akun Facebook miliknya di tuduh sering mengundang orang ke group-group Facebook tertentu secara otomatis? Padahal pemilik akun yang bersangkutan ini tidak sekalipun mengundang teman-teman Facebooknya untuk bergabung ke grup-grup tidak jelas tersebut. Hal ini menjadi menjengkelkan oleh kedua belah pihak, yang tertuduh merasa dirugikan karena ia beralasan bahwa dia tidak sekalipun mengundang seseorang untuk bergabung di grup yang bahkan bukan miliknya. Lebih-lebih orang yang diundang ke grup tidak jelas ini, tentu saja mereka marah dan merasa tidak nyaman, sebab penambahan ke grup tersebut tidak hanya terjadi sekali saja, melainkan berkali-kali dan dilakukan oleh orang yang sama. Bahkan parahnya, sehari bisa mendapatkan 3 kali invite/join ke grup Facebook abal-abal itu.

Sebetulnya hal ini bukan terjadi begitu saja. Ternyata terdapat beberapa alasan mengapa sampai Facebook seseorang mengundang Facebook orang lain secara otomatis ke grup-grup yang tidak jelas tersebut. Penyebabnya ialah sebagai berikut.

  1. Pernah membuka gambar atau video p*rno yang dipublish pengguna Facebook lain yang menuju ke website/blog tertentu; yang sebetulnya itu ialah virus atau bot yang nantinya akan mengendalikan akun Facebook anda untuk keperluan yang aneh-aneh.
  2. Pernah menginstal software, flash player, add-ons, setelah mengklik gambar atau video cabul yang dibagikan oleh teman Facebook; hal ini sangat masuk akal sebab software, flash player ataupun add-ons yang anda install tersebut disisipi script/bot jahat untuk mengerjai Facebook anda.
  3. Jika anda pengguna smartphone; kemungkinan smartphone anda telah terinveksi script/bot virus yang membuat hal ini terjadi. Apalagi jika sampai mengisntal aplikasi yang tidak jelas sumber dan kegunannya apa.
  4. Komputer terkena virus; hal ini sebetulnya rangkaian dari kondisi atas kejadian yang telah dijelaskan pada dua poin di atas.


Nah, dari poin-poin di atas kita sudah mengetahui penyebab mengapa akun Facebook sampai mengundang orang lain ke grup-grup tertentu secara otomatsi atau tanpa sepengetahuan anda. Untuk mencegah agar hal ini tidak kejadian lagi

Mengatasi Facebook yang Sering Mengundang Teman ke Grup Secara Otomatis

Mencegah agar Facebook tidak lagi mengundang teman ke grup secara otomatis

Untuk membuat kasus seperti ini agar tidak terulang lagi, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Berhenti mengklik gambar atau video p*rno di Facebook

Agar tidak terjebak lagi, melihat atau membuka gambar dan video cabul haru segera dihentikan. Agar Facebook anda tersebut tidak lagi membuat risih seseorang karena sering menambahkan mereka ke group-group yang tidak jelas.

Hapus software, aplikasi, media player atau add-ons yang disinyalir memicu terjadinya hal ini

Untuk menjalankan hal ini memang agak sedikit sulit dan ruwet. Apalagi jika anda pengguna smartphone atau PC yang aktif menginstal macam-macam software, aplikasi dan add-ons (di Google Chrome, Mozilla, Opera Mini) di handphone, komputer/laptop milik anda. Namun, pastikan saja mana aplikasi atau software yang setelah anda install kemudian tidak ada gunanya, maka segeralah menghapus aplikasi/software tersebut.

Selain itu, pastikan pula bahwa tidak ada add-ons atau pengaya yang tidak jelas terpasang di browser anda, baik di Google Chrome, Mozilla, Opera Mini dan lainnya, dengan membuka menu Pengaya di masing-masing browser tersebut.

Scan atau install ulang jika terkena virus

Kalau merasa komputer/PC anda terkena virus maka segeralah untuk mengupdate anti virus di komputer tersebut lalu lakukan scan, termasuk web scan. Namun, jika tidak mempan juga alangkah baiknya PC tersebut di install ulang.

Baca juga: Cara Instal Windows 7, 8, 8.1 dan windows 10 dengan Flashdisk Tanpa Software Tambahan

Begitupun untuk pengguna smartphone, lakukan scaning dengan antivirus yang terpercaya. Lalu hindari mengisntal aplikasi yang tidak jelas kegunaanya.

Update 17-1-2015

Mengganti passwor akun Facebook secara berkala

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kemungkinan besar akun Facebook anda bertingkah aneh-aneh yaitu sering menambahkan seseorang ke grup tidak jelas karena akun anda tersebut telah dikuasai oleh bot hack.

Untuk mengantisipasi kejadian yang lebih parah selanjutnya, maka anda perlu mengganti password akun tersebut secara berkala, minimal 6 bulan sekali atau paling cepat 3 bulan sekali.

Namun, sebelum anda melakukan langkah antisipatif dengan mengganti password, pastikan anda dapat login ke email yang telah didaftarkan pada akun Facebook tersebut. Dengan pengertian lain, email anda harus dapat diakses terlebih dahulu. Jika hal ini terpenuhi, maka lakukan penggantian password pada akun Facebook anda.

Artikel ini sebetulnya masih berkaitan dengan artikel sebelumnya tentnag pembahasan yang sama, tetapi dari sudut pandang yang berbeda. Artikelnya ialah tentang Mengatasi Tag Spam Gambar dan Video di Grup Facebook dan juga tentang Cara Mencegah Agar Tidak Ditambahkan pada Grup Facebook. Jangan lupa untuk menyimak kedua postingan tersebut, agar akun Facebook anda tidak terjadi hal-hal aneh lainnya.

Demikian informasi kali ini tentang cara mengatasi facebook yang sering mengundang teman ke grup secara otomatis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Niagahoster
VPS Starts from
$2.5
/Month

Vultr

Read Review
  • One-click installation of 20+ apps
  • Available 17 worldwide locations
  • 100% local SSD and high performance Intel CPUs
  • Infinite OS combinations
Visit Site
Gunakan link di atas untuk saldo akun $100 gratis
DigitalOcean
VPS Starts from
$5
/Month

DigitalOcean

Read Review
  • Deploy custom image, RDP, 1-Click App, or standard distribution
  • Flexibility and scalability
  • Fantastic average uptime of 99.99%
  • Infinite OS combinations (Linux and Windows)
  • Developer-friendly tools and APIs
Visit Site
Topup $25 to gets $100 in credit over 60 days with refer link above
Niagahoster
Mulai dari
Rp10K
/Bulan

Niagahoster

View Details
  • Free SSL Certificate
  • Garansi 30 hari
  • Free domain & website migration
  • Tersedia unlimited disk space (shared hosting, kecuali paket bayi)
Visit Site
Diskon unlimited hosting hingga 75%
Niagahoster
VPS mulai dari
Rp68
/Jam

IDCloudHost

View Details
  • One-Click Deploy
  • Lokasi server Indonesia termurah
  • Instal berbagai Control Panel, VM, OS dan aplikasi
  • Menghubungkan dengan API
Visit Site
Dapatkan free credit Rp50K dengan minimal topup Rp50K

Komentar telah ditutup dan disembunyikan. Jika ada yang perlu disampaikan silahkan kirim pesan lewat laman kontak.