Cara Mendapatkan Uang dari Internet Bagi yang Suka Berkomunikasi dan Menulis

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini internet sudah menjadi tempat tersendiri dalam hal mendapatkan banyak uang, bahkan dengan penghasilan yang tak terbatas. Meski demikian, masih banyak juga orang yang belum memahami seberapa besar peluang guna mendapatkan penghasilan dari internet ini. Singkatnya, banyak yang belum mengerti bagaimana cara menghasilkan uang dari internet.

Beberapa orang telah berhasil dengan berbisnis di internet, dengan penghasilan yang tidak sedikit. Mereka menjadikan internet sebagai pekerjaan utama. Beberapa pula memanfaatkan internet sebagai pekerjaan sampingan untuk mencari uang, yang bahkan pekerjaan sampingan tersebut lebih banyak memberikan pemasukan kepada mereka dalam hal financial, dibandingkan pekerjaan utamanya di dunia nyata.
Cara Mendapatkan Uang dari Internet Bagi yang Suka Berkomunikasi dan Menulis
Melalui artikel ini, akan dijabarkan beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Khusus bagi anda yang suka berkomunikasi, punya pemahaman yang luas dalam bidang tertentu, menguasai bebeberapa bahasa di dunia, dan pandai dalam merangkai kata hingga melahirkan sebuah tulisan, maka kelebihan tersebut dapat anda ‘jual’ dalam dunia internet.

Banyak yang terjebak dengan pemahaman ‘untuk mendapatkan uang dari internet, setidaknya mempunyai blog, hingga website yang super terkenal’. Padahal, blog hanyalah sumber kecil dalam hal membuka potensi meraup pendapatan di internet. Cukup banyak cara lain yang bisa dilakukan dalam menghasilkan uang dari internet. Tentunya, hal ini tergantung dari keahlian dan kesukaan anda, serta seberapa besar niat dalam menjemput peluang tersebut.

Apa saja itu? Simak berikut ini.

Menjadi penulis artikel

Menjadi penulis artikel, yang biasa dikenal dengan sebutan online freelancer atau solopreneur adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan yang berlimpah dari internet. Bagi anda yang punya kemampuan bahasa Inggris yang baik dan benar, maka menjadi penulis artikel berbahasa Inggris dapat anda jadikan sebagai peluang bisnis di interent.

Apa yang akan ditulis? Di internet cukup banyak webmaster yang membutuhkan artikel baru dan unik untuk mengisi website/blog mereka yang terbengkalai karena jarang mendapatkan postingan. Kontennya bisa berupa apa saja, mulai dari kesehatan, berita terkini, berita olahraga, artikel SEO dan lain sebagainya. Baik dalam bahasa Indonesia, maupun bahasa Inggris. Selain itu, anda juga dapat menulis tentang e-commerce yang membutuhkan jasa penulisan artikel terkait produk-produk yang mereka pasarkan.

Baca juga: Cara Dapatkan Penghasilan $100 Dollar di Internet dengan Hanya Menulis 1 Artikel

Bagaimana cara menjalankan bisnis ini? banyak cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan job sebagai penulis artikel. Antara lain, membuat sebuah blog khusus untuk memasarkan bidang jasa anda, promosi di media sosial, mempromosikan pada lapak-lapak tertentu, bisa pula dengan langsung memberi penawaran pada pihak perusahaan atau blogger yang membutuhkan jasa anda.

Menjadi penulis tamu (guest blogger)

Biasanya blog baru yang ingin cepat terkenal ataupun blog terkenal yang ingin mempertahakan ke-eksisannya, terkadang mereka membutuhkan seorang kontributor atau panulis tamu. Kontributor ini akan diberikan topik tertentu dengan bayaran yang cukup tinggi.

Lebih-lebih blog/website yang berbahasa Inggris, bayarannya sekitar 5-100 USD per artikel, bahkan beberapa situs memberi harga yang fantastis, sekitar $500 USD per artikel. Harga tergantung dari topik atau artikel yang ditulis.

Membuat VLOG (video blog) atau Photoblog

Pada dasarnya vlog dan photoblog hampir sama dengan blogging, hanya saja orientasinya lebih pada membuat konten dalam bentuk video atau gambar, alias bukan tertulis. Dalam hal ini, kemampuan dalam berkomunikasi, ide konten (ide kreatif) dan pembawaan adalah beberapa hal yang penting diperhatikan.

Untuk menjalankan hal ini anda perlu sebuah channel di Youtube jika anda sebagai penggian vlog, ataupun melalui blog gallery photo jika memilih sebagai penggiat photoblog.

Jangan lewatkan:
Mendapatkan Penghasilan dengan Menjual Foto Secara Online
Konten YouTube yang Banyak Viewers Cocok Untuk Menghasilkan Uang

Lalu bagaimana mendapatkan uang dari vlog atau photoblog? Untuk meraup penghasilan online dari hal ini pada awalanya dari iklan (Google adsense). Selanjutnya, seiring dengan channel atau gallery photo anda telah mendapat cukup banyak subscriber dan viewer, maka pengiklan pun akan mulai berdatangan, dalam hal ini anda menjadi review produk yang dibayar.

Membuat buku dan ebook (buku digital) 

Selain beberapa hal yang telah dijabarkan di atas, cara mendapatkan uang dari internet bagi yang suka berkomunikasi dan menulis ialah membuat buku dan ebook. Buku dan ebook yang dijual dapat berisi berbagai konten. Tergantung materi atau hal-hal yang anda kuasai dan bermanfaat bagi banyak orang.
Selanjutnya, buku atau ebook ini dapat anda jual secara online. Menjual buku dan ebook di internet dapat dilakukan dengan memasarkannya di media sosial, membuat lapak pada e-commerce yang terkenal, atau melalui platform khusus penjualan buku dan ebook.

Demikian dulu informasi tentang cara mendapatkan uang dari internet kali ini. Sebetulnya masih sangat banyak peluang bisnis online yang bisa digeluti. Cara mendapatkan uang dari internet lainnya akan di bahas pada artikel lainnya.

Bagi anda yang telah berhasil atau sedang menggeluti hal-hal baru dalam berbisnis di dunia internet, silahkan berpartisipasi dengan memberikan komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan sukses selalu!

Advertisement