6 Tips Ngeblog Untuk Mahasiswa dan Anak Sekolah

Pada dasarnya menjadi blogger itu dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Aktifitas blogging pun tidak hanya untuk pengangguran saja, bahkan seorang karyawan perusahaan, buruh, ataupun pekerja bisa saja menjadi blogger. Hal ini menunjukkan bahwa setiap orang berpeluang untuk membangun blognya sendiri.

Lebih-lebih bagi mahasiswa atau anak sekolah yang hampir setiap hari mempunyai waktu luang untuk bersantai, selepas kuliah atau setelah kegiatan belajar mengajar. Maka hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk ngeblog. Namun, sebagai seorang pelajar, tentu yang menjadi prioritas utama adalah pendidikan. Akan tetapi, jika mampu mengkondisikan diri dengan baik, maka aktifitas ngeblog ini dapat dipastikan tidak akan mengganggu pendidikan.
6 Tips Ngeblog Untuk Mahasiswa dan Anak Sekolah
Berikut ini beberapa tips ngeblog yang patut diketahui oleh mahasiswa dan anak sekolah. Beberapa tips dasar dalam hal penyesuaian diri untuk membangun blog dengan tidak mengorbankan pendidikan yang sedang diemban saat ini.

Baca juga: 7 Niche Blog yang Selalu Ramai Pengunjung

1. Disiplin dan tahu membagi waktu

Persoalan pertama yang perlu ditekankan ialah disiplin membagi waktu. Apalagi seorang pelajar dengan tugas dan tambahan kegiatan belajar yang tidak terduga. Maka aktifitas blogging ini yang perlu menyesuaikan dengan masalah pendidikan tersebut. Bukan malah sebaliknya. Jangan sampai kegiatan ngeblog malah merusak waktu belajar dan mengerjakan tugas-tugas kuliah atau sekolah anda.

Untuk itu, tentukanlah kapan waktu harus ngeblog. Tak masalah jika anda tidak bisa ngeblog setiap hari. Cukup mengambil 2 hingga 3 kesempatan setiap minggunya untuk membangun blog. Entah itu menulis artikel, mengkonfigurasi template, menerapkan SEO, blogwalking, mencari materi untuk blog dan lain sebagainya.

2. Kurangi waktu bersantai

Pada dasarnya tubuh manusia itu butuh santai dan rileks. Namun jangan berlebihan, sebab hanya akan membuat anda terlena. Khusus bagi pelajar yang nyambi menjadi blogger, maka perlu mengurangi waktu santai dan bermain. Sepatutnya anda mengurangi waktu keluyuran tidak jelas dengan teman-teman. Gantikan waktu bersantai dengan teman-teman tersebut dengan aktifitas blogging.

3. Membuat konten blog yang dekat dengan jurusan pendidikan anda

Membuat konten blog yang masih berhubungan dengan pendidikan anda merupakan salah satu cara untuk memicu daya belajar. Selayaknya sambil menyelam minum air, sambil belajar dan mempermantap pelajaran tersebut. Untuk melakukan hal ini, maka mulai dari pelajaran-pelajaran yang anda sukai.

4. Jika tiba-tiba muncul ide tulisan, buatlah kerangka terlebih dahulu

Manusia diberikan berbagai hal yang luar biasa. Salah satunya ialah kemampuan untuk berimajinasi. Sebagai manusia biasa, bahkan hal ini mutlak tidak dapat dihindari. Terkadang pada saat menerima pelajaran dari guru atau dosen, ada saja ide yang muncul untuk sesuatu yang kita geluti.

Misalnya pada saat belajar anda tiba-tiba muncul pikiran untuk membuat artikel tentang “kiat-kiat sukses belajar”, maka pada saat itu juga buatlah kerangkanya atau poin-poin penting dari persoalan tersebut. Setelah kegiatan belajar dan tugas diselesaikan, buatlah artikel utuh tentang persoalan yang anda pikirkan tersebut sesuai poin-poin yang telah disiapkan sebelumnya.

Baca juga: Menjadikan Blog Tetap Ramai Pengunjung Walau Jarang Update Postingan

Perlu diperhatikan bahwa cara ini cukup dilakukan pada kondisi yang memungkinkan saja. Jangan lakukan hal ini saat sedang ujian semester atau ulangan serta kegiatan lain yang menurut anda penting. Kegiatan selain ngeblog, yang membutuhkan anda fokus saat itu.

5. Manfaatkan waktu libur untuk ngeblog

Waktu libur adalah waktu yang tepat untuk memaksimalkan aktifitas ngeblog. Apa saja ide yang muncul, maka buatlah menjadi tulisan untuk postingan blog. Bahkan saat anda jalan-jalan untuk berwisata dapat menjadi tulisan untuk blog anda. Jika waktu libur ini anda maksimalkan untuk ngeblog, maka berarti waktu blogging saat tengah masuk sekolah lagi akan menjadi berkurang. Dengan begitu, anda bisa fokus lagi dengan urusan pendidikan.

6. Berhenti ngeblog saat tengah menghadapi ujian

Karena prioritas utama mahasiswa dan anak sekolah ialah pendidikan, maka tinggalkan sementara untuk berutak-atik dengan blog. Ini sangat penting dilakukan, karena bagaimanapun juga anda adalah seorang pelajar dan harus fokus menghadapi ujian atau ulangan.

Perlu diketahui, jika anda sudah menempuh waktu lama dalam ngeblog, maka pikiran-pikiran terkait blog ini akan terus bermain-main di pikiran anda. Dalam arti lain, aktifitas ngeblog ini dapat membuat candu seseorang. Untuk itu, patut waspada dan tetap fokus dalam ujian. Bergabunglah bersama teman yang giat belajar. Nanti jika ujian telah selesai, anda dapat melanjutkan aktifitas blogging lagi.

Advertisement