4 Bisnis Usaha yang Pasti Menjanjikan Untuk Jangka Panjang di Era Modern

Berbagai jenis bisnis dapat kita temui dimana saja, termasuk di sekitar tempat Anda tinggal atau bekerja. Bisnis-bisnis tersebut bahkan diluar dugaan ternyata mampu mendatangkan keuntungan yang sangat besar. Mulai dari membangun usaha digital kreatif, menjual produk fashion, menjual pulsa dan lainnya.

Sebagai pekerja kantoran atau perusahaan atau bahkan swasta tentu beberapa orang pernah mengalami kondisi disaat waktu istirahat dan harus mengisi perut yang tengah keroncongan. Maka tidak sedikit orang yang mencari penjual makanan untuk makan siang. Namun, tidak banyak yang melakukan perhitungan seberapa besar pendapatan dari penjual makanan tadi. Tentu jika dihitung-hitung, bisa saja akan menyamai pendapatan dari pekerja kantoran, atau bahkan lebih dari itu.
4 Bisnis Usaha yang Pasti Menjanjikan Untuk Jangka Panjang di Era Modern
Ini adalah salah satu contoh kecil yang sering kita alami hampir setiap hari. Lingkungan sekitar telah memberikan solusi bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis. Jadi, tidak ada alasan untuk bingung memulai usaha yang ingin dijalani. Yang penting mau bersungguh-sungguh dan bekerja keras untuk usaha tersebut.

Baca juga: Mendapatkan Penghasilan dengan Menjual Foto Secara Online

Untuk itu, bagi siapa saja yang masih juga bingung memulai usaha apa yang ingin digelutinya, berikut 4 bisnis yang punya potensi besar sebagai referensi untuk masa depan keuangan Anda.

1. Bisnis di bidang digital kreatif

Bisnis digital kreatif sudah menjadi industri baru, baik di tanah air maupun di manca negara. Berbicara tentang dunia “kreatif”, tentu yang menjadi pintu utama ialah ide, dan ide ini biasanya akan lahir adanya kemampuan dan keahlian seseorang sesuai bidangnya masing-masing. Dalam bisnis digital kreatif ini terdapat berbagai macam jenis usaha yang dapat dijalankan.

Beberapa bisnis yang dapat dijalankan melalui bisnis digital kreatif ini. diantaranya, membangun situs toko online, membangun situs portal berita, menjual ebook, berjualan theme/template, menjadi creator video YouTube, membuat situs berjualan hosting/domain, trading dan masih banyak lagi.

Baca:
Cara Mendapatkan Uang dari Internet Bagi Programmer, Pembuat Aplikasi dan Designer
Jenis Video yang Banyak Menghasilkan Uang di Youtube

Itu hanyalah gambaran umum terkait usaha yang dapat dijalankan melalui bisnis digital kreatif. Tentu saja beberapa jenis usaha digital kreatif yang disebutkan itu mempunyai keuntungan dan prospek yang bervariasi. Jika kebetulan Anda mempunyai keahlian untuk mewujudkan salah satu dari jenis bisnis digital kreatif yang disebutkan itu, maka apa salahnya membulatkan tekad untuk mewujudkannya.

2. Memulai bisnis online menjadi reseller produk fashion style

Sebagai pengguna sosial media, maka dapat dipastikan Anda pernah melihat atau bahkan berteman dengan seseorang yang memposting gambar fashion style, padahal orang tersebut anda ketahui tidak mempunyai toko fisik atau kios untuk berjualan produk dari foto yang di uploadnya tersebut.

Perlu diketahui, bahwa seseorang tersebut sebetulnya telah menjalankan bisnis online dengan menjadi reseller dari berbagai toko online atau seseorang di suatu daerah tertentu. Anda patut mencoba untuk menjalankan jenis usaha ini. Tugas Anda cukup sederhana, yaitu tinggal mengunggah foto-foto produk yang Anda pilih dari toko online tempat Anda menjadi reseller, lalu tentukan harga Anda sendiri untuk produk tersebut.

Produk-produk fashion yang dijual bisa berupa apa saja. mulai dari t-shirt, busana muslim, blus, celana, sepatu, peralatan kecantikan, baju style masa kini, hijab dan lain sebagainya. Berbagai produk pilihan Anda ini dapat dipromosikan pada jejaring sosial apa saja dan dengan cara yang efektif menurut Anda. Misalnya membuat group di BBM, posting di Facebook atau group Facebook, Instagram dan lainnya.

Untuk menjalankan bisnis ini Anda perlu sedikit bersabar. Sebab, setelah Anda memposting foto-foto produk tidak serta merta akan kebanjiran orderan. Jangan putus asa atau malah menyerah karena sudah berminggu-minggu tidak ada satupun konsumen yang mau membeli produk melalui Anda.

Sebagai tips untuk menjalankan bisnis ini. Cobalah melakukan observasi kecil-kecilan pada teman-teman kampus atau sekolah serta tetangga-tetangga Anda. Cari tahu kira-kira produk apa yang paling banyak diminati oleh teman-teman atau tentangga-tetangga Anda. Sebagai contoh, jika dalam observasi tersebut ternyata banyak diantara mereka yang ingin mengganti baju daster atau dobydoll, maka tawarkan mereka untuk melihat style/motif daster dan dobydoll di toko online atau group berjualan Anda. Tentu dengan suasana dan komunikasi yang nyaman dan menarik perhatian konsumen anda.

3. Bisnis makanan dan minuman atau kuliner

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya. Bahkan di era modern sekarang ini, malah telah membuat bisnis kuliner makin merajalela. Merajalela bukan berarti kesempatan untuk mendapat penghasilan tinggi dari bisnis ini semakin kecil. Ternyata malah sebaliknya, tak perduli seberapa banyak persaingan yang terjadi, bisnis kuliner tetaplah favorit dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Hal ini tentu tidak lepas dari minat masyarakat modern yang menginginkan makanan cepat dalam suasana yang berbeda. Apalagi aktifitas hangout, tentu tidak lepas dari yang namanya mencari makanan atau kuliner.

Namun patut diperhatikan, meski bisnis kuliner ini adalah persoalan makanan atau minuman, maka yang paling utama diupayakan ialah membuat cita rasa yang khas. Karena cita rasa inilah yang akan membedakan bisnis kuliner Anda dengan yang lainnya. Tak perduli seberapa banyak usaha kuliner yang menjadi competitor Anda, jika kuliner Anda punya cita rasa yang khas, maka konsumen-konsumen ini tetap akan berbalik memilih jualan Anda.

Jika sudah punya cita rasa yang khas, maka selanjutnya ialah menyajikan pelayanan yang baik dan tidak asal-asalan. Tetap menjaga tempat jualan selalu bersih dan memperbaiki pelayanan. Yang tidak kalah penting selanjutnya ialah harga dan porsi jualan. Harga boleh sama dengan yang lainnya, tetapi bisa saja porsi Anda lebih banyak dari tempat jualan lain. Jika di tempat jualan Anda mampu mengimplementasikan hal-hal tersebut, maka boleh jadi keuntungan yang akan selalu Anda peroleh.

4. Bisnis pulsa elektrik dan pulsa listrik

Menjadi agen pulsa dewasa ini sudah semakin dipermudah dan juga praktis. Cukup deposit beberapa rupiah saja maka Anda sudah menjadi seorang agen penjual pulsa. Begitupun berjualan token listrik atau pulsa listrik. Keduanya bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja, bahkan di rumah Anda sendiri tanpa harus membuat sebuah toko fisik.

Apalagi kedua jualan tersebut cukup banyak peminatnya. Di era serba smartphone ini siapa yang tidak membutuhkan pulsa. Bahkan berbagai penjuru daerah nusantara ini orang-orang membutuhkan pulsa. Kodisi yang sama juga berlaku bagi rumah tangga yang membutuhkan token listrik. Jika Anda mampu menjalankan kedua usaha ini, maka keuntungan pun akan Anda dapatkan.

Bahkan kedua bisnis ini dapat Anda jalankan hingga kapan saja, alias tak ada matinya. Disamping itu, untuk mempromosikannya pun tidak butuh biaya yang berarti. Cukup beritahukan dengan secarik kertas polos lalu ditulis “Jual Pulsa Elektrik All Operator dan Token Listrik” kemudian di tempel di depan pintu rumah, maka bersiaplah menerima kedatangan konsumen.

Bisnis ini sungguh terlihat sederhana dan tidak membutuhkan kerja keras yang super ekstra untuk menjalankannya. Anda tidak perlu jemput bola untuk mendatangi konsumen. Biarkan konsumen sendiri yang mendatangi Anda.

Bagaimana? Ada yang membuat Anda tertarik? Silahkan tentukan pilihan Anda!

Advertisement