4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Playstore

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi dan Game di Playstore – Sebagai pengguna Android, tentu tidak asing lagi dengan Google Play Store. Playstore merupakan layanan download yang disediakan Google diperuntukkan kepada pengguna smartphone dengan sistem operasi Android.

Baik developer aplikasi Android dan pengguna yang ingin mendownload aplikasi dan game, dapat langsung mengunjungi dan menikmati layanan tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Dapat Diputar

Disana tersedia ratusan ribu aplikasi dan game berbagai macam kegunaan dan genre. Tersedia dua versi aplikasi dan game yang dibuat oleh developer, versi gratis dan versi premium.

4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Playstore

Playstore merupakan salah satu platform aplikasi dan game smartphone yang sangat ramai pengunjung. Dengan fasilitas yang mumpuni untuk developer dan pendownload, apalagi ditambah dengan nama besar Google dibelakangnya, tentu merupakan alasan tersendiri mengapa layanan ini menjadi favorit.

Namun demikian, bukan berarti semua akan lancar-lancar saja mendownload aplikasi dan game di Playstore. Kenyataannya beberapa pengguna mengalami hal yang tidak menyenangkan saat mendownload aplikasi atau game di Playstore. Beberapa pengguna mengeluhkan karena tidak dapat mendownload di Playstore.

Tentu hal ini sangat menyebalkan, apalagi aplikasi atau game itu benar-benar dibutuhkan segera mungkin, tetapi terkendala masalah gagal untuk download aplikasi atau game tersebut di Playstore.

Untuk mengatasi masalah gagal download aplikasi atau game di Google Play Store ini, berikut beberapa tips yang dapat anda terapkan agar.

1. Update play store ke versi baru

Hal paling utama yang mengakibatkan tidak dapat mendownload aplikasi atau game di PLaystore adalah karena versi aplikasi Playstore yang terpasang di ponsel/hp Android anda adalah versi lama. Solusinya ialah, silahkan update aplikasi Playstore ke versi terbaru.

2. Penyimpanan atau memori smartphone yang penuh 

Sebelum mendownload aplikasi atau game di Playstore, pastikan kapasitas memori masih mampu menerima instalasi aplikasi atau game baru. Jika ternyata memori sudah penuh atau hampir penuh, maka anda perlu menghapus atau uninstall aplikasi atau game lainnya yang tidak terlalu dibutuhkan.

3. Reboot smartphone/hp

Beberapa kejadian pada smartphone tertentu saat sedang mendownload di Playstore, tiba-tiba smartphone itu tidak dapat dioperasikan atau fungsi tombol berhenti. Hal ini diakibatkan oleh penggunaan smartphone yang tetap dipaksakan meski keadaan smartphone tersebut sudah sangat loading. Jika mengalami kejadian ini, maka perlu me-restart atau reboot smartphone.

4. Koneksi internet yang lambat atau tidak stabil

Koneksi internet yang tidak stabil atau lambat juga dapat memicu terjadinya gagal saat download aplikasi atau game di Playstore. Untuk mengatasi hal ini, silahkan baca informasi tentang: 4 Tips Mudah Memperkuat Sinyal HP/Smartphone.

Advertisement