Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Dapat Diputar

Mengatasi Video di Instagram yang Tidak Bisa di Play – Sebagai pengguna aktif media sosial, pasti Instagram menjadi aplikasi jejaring sosial termasuk salah satu favorit anda. Bagaimana tidak demikian, mengingat nama Instagram begitu menarik perhatian dari berbagai kalangan sebagai media sosial berbasis foto dan video singkat yang human-friendly, dikhususkan untuk pengguna smartphone, baik sistem operasi Android, iOS, dan Windows Phone.

Walau banyak pengguna, ternyata aplikasi Instagram tidak luput dari berbagai kendala. Salah satunya, dari fitur video singkat yang menjadi salah satu andalan aplikasi yang telang diakuisisi oleh Facebook ini.

Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Dapat Diputar

Masalahnya ialah, terkadang video tidak dapat di play atau tidak bisa diputar pada waktu-waktu tertentu.

Lalu, bagaimana cara mengatasi video Instagram yang tidak dapat diputar ini? Untuk itu, silahkan simak informasi berikut ini:

1. Cek Jaringan Internet pada Smartphone/Ponsel

Kualitas koneksi atau jaringan internet menjadi andil demikian besar yang mempengaruhi gagalnya pemutaran video di Instagram. Walaupun video Instagram relative singkat, bukan berarti tidak membutuhkan jaringan yang kuat. Untuk itu, sebelum memutar video di Instagram, pastikan jaringan internet tidak sedang lemot. Baiknya anda membaca artikel tentang: 4 Tips Mudah Memperkuat Sinyal HP/Smartphone.

2. Versi Instagram Terinstal adalah Versi Lama

Aplikasi apapun itu perlu di update, agar anda dapat menikmati fitur terbaru ataupun perbaikan dari bug dari versi sebelumnya. Hal ini juga berlaku pada aplikasi Instagram. Jika ingin lancar saat menggunakan aplikasi ini, maka anda perlu mengupdate atau upgrade ke versi terbaru. Untuk mengupdate aplikasi Instagram, anda hanya perlu masuk ke Google Play Store.

3. Install Ulang Aplikasi Instagram

Jika ternyata timbul masalah lain, atau masalah gagal memutar video masih dialami, cobalah untuk mencopot pemasangan aplikasi tersebut, lalu menginstalnya kembali. Namun perlu diperhatikan bahwa, pastikan anda menghafal password dan username (email) akun Instagram anda.

4. Bersihkan Cache (File Sampah)

Banyak yang mengabaikan hal ini, padahal meghapus cache atau file sampah perlu dilakukan untuk mempertahakan performa ponsel atau smartphone tetap menjadi seperti biasanya. Untuk membersihkan cache pada aplikasi Instagram, silahkan menuju ke menu Settings (pengaturan) >> All App >> Instagram >> Clear cache. Untuk mendapatkan kenyamanan saat sedang membuka Instagram, lakukan cara ini secara berkala.

5. Restart Smartphone/Ponsel

Jika ternyata ke-empat langkah di atas tidak mampu mengatasi gagal saat memutar video di Instagram, maka anda perlu merestart/reboot perangkat anda. Melakukan restart perangkat akan mengulang kembali kerja sistem. Dengan begitu sistem yang tadinya stop working, akan berjalan kembali sebagaimana mestinya.

6. Ganti Smartphone/Ponsel

Sejauh ini dengan mengikuti lima langkah di atas sudah dapat mengatasi masalah pemutaran video di Instagram. Namun, jika saja masalah itu tidak bisa diatasi dengan langkah-langkah di atas, maka dengan berat hati saya harus megatakan anda perlu ganti ponsel. Terima kasih!
Niagahoster
VPS Starts from
$2.5
/Month

Vultr

Read Review
  • One-click installation of 20+ apps
  • Available 17 worldwide locations
  • 100% local SSD and high performance Intel CPUs
  • Infinite OS combinations
Visit Site
Gunakan link di atas untuk saldo akun $100 gratis
DigitalOcean
VPS Starts from
$5
/Month

DigitalOcean

Read Review
  • Deploy custom image, RDP, 1-Click App, or standard distribution
  • Flexibility and scalability
  • Fantastic average uptime of 99.99%
  • Infinite OS combinations (Linux and Windows)
  • Developer-friendly tools and APIs
Visit Site
Topup $25 to gets $100 in credit over 60 days with refer link above
Niagahoster
Mulai dari
Rp10K
/Bulan

Niagahoster

View Details
  • Free SSL Certificate
  • Garansi 30 hari
  • Free domain & website migration
  • Tersedia unlimited disk space (shared hosting, kecuali paket bayi)
Visit Site
Diskon unlimited hosting hingga 75%
Niagahoster
VPS mulai dari
Rp68
/Jam

IDCloudHost

View Details
  • One-Click Deploy
  • Lokasi server Indonesia termurah
  • Instal berbagai Control Panel, VM, OS dan aplikasi
  • Menghubungkan dengan API
Visit Site
Dapatkan free credit Rp50K dengan minimal topup Rp50K
Free and premium blogger templates