10 Cara Membedakan HP Sony Xperia Asli dan Palsu

Cara Membedakan HP Sony Xperia Asli (Original) dan Palsu (Fake/Replika/KW) – Belakangan ini telah merajalela oknum yang nekat untuk melakukan bisnis merugikan pengguna smartphone, terutama smartphone atau ponsel Sony Xperia. Yakni membuat hp replika atau supercopy guna mendatangkan keuntungan yang banyak. Jenis smartphone Sony Xperia yang dibuat replika adalah Sony Xperia E5, Sony Xperia X Performance, Xperia XA (Dual atau Ultra), Sony Xperia Z6, Xperia Z5 Premium Dual/ Compact, Xperia Z4, Xperia Z3, Xperia M5 Dual, Xperia C5 Ultra, Xperia C4 Dual, Xperia Z3 Dual, Xperia E4 Dual, Xperia E3 Dual, Sony Xperia M4 Aqua dan produk Sony lainnya.

Mengingat begitu banyaknya smartphone replika yang beredar di pasaran, sebagai pengguna hendaknya jeli sebelum membeli, agar tidak menjadi korban dari para oknum yang tidak bertanggungjawab tersebut.
10 Cara Membedakan HP Sony Xperia Asli dan Palsu
Berikut ini beberapa informasi untuk membedakan produk asli atau palsu/fake dan supercopy, bagi Anda yang ingin membeli smartphone Sony Xperia.

1. Kejernihan Layar atau LCD
Untuk mengetahui kejernihan layar hp Sony Xperia, dapat dilihat dari penampakan fisik kerapatan pixel pada LCD hp Sony Xperia tersebut. Hp Sony Xperia asli mempunyai pixel yang sangat rapat. Sebaliknya, jika hp Sony Xperia itu palsu, mempunyai kerapatan pixel yang cukup rendah. Sehingga penampakan layar terlihat buram, saat memutar video atau melihat gambar (memberbesar gambar).

2. Melihat Spesifikasi Perangkat Android hp Sony Xperia
Asli atau tidaknya hp Sony Xperia dapat diketahui dengan membandingkan spesifikasi pada hp tersebut dengan informasi spesifikasi yang dimuat oleh situs resmi Sony Xperia. Bacalah secara rinri spesifikasi smartphone Sony Xperia yang hendak dibeli.

Pada beberapa kSony Xperia, akan diketahui perbedaan antara spesifikasi hp Sony Xperia asli dan palsu, misalnya pada jaringan Zenfrone, kualitas kamera, kapasitas RAM dan ROM. Biasanya smarphone Sony Xperia  asli menggunakan RAM 2 GB, dibandingkan dengan smartphone Sony Xperia  palsu hanya menggunakan RAM 1 GB bahkan ada yang lebih parah, hanya menggunakan 512 MB saja.

Selain itu, beberapa fitur lain juga perlu di cek terlebih dahulu. Berupa bahan LCD yang digunakan, keberadaan Wi­Fi dan hotspot, Bluetooth sampai dengan spesifikasi baterai.

Jika diketaui ternyata berbeda dengan informasi yang diberikan oleh pihak Sony Xperia secara resmi, maka dapat dipastikan hp Sony Xperia tersebut adalah palsu.

3. Sony Xperia  Asli Ada Logo Intel Inside
Secara fisik, asli atau palsu hp Sony Xperia dapat diketahui dari logo Intel Inside yang berada dibelakang smartphone Sony Xperia tersebut.

Untuk logo Intel yang asli atau original, jika disentuh maka logo tersebut terasa timbul, sedangkan yang palsu terasa seperti tempelan atau hologram.

4. Letak Fitur Sony Xperia 
Perhatikan gambar di atas, untuk membedakan hp Sony Xperia asli atau palsu dapat dilihat dari letak fiturnya. Yakni pada bagian belakang hp Sony Xperia supercopy atau replika, bentuk lampu flash dibuat terlalu besar. Sedangkan yang asli lebih kecil dan bulat berada di bawah kamera.

5. Performa Device Hp Sony Xperia
Produk Sony Xperia ori atau replika juga dapat diketahui dengan cara mencoba sendiri performa device atau perangkat hp itu. Pada umumnya performa hp Sony Xperia palsu lebih lambat dan terdapat bayang-bayang saat sedang mengakses hp itu. Berbeda dengan hp Sony Xperia yang asli, performanya lebih cepat, sangat friendly dan tidak ada bayang-bayang saat sedang mengoperasikan hp tersebut.

6. Keberadaan Fitur NFC
Perangkat NFC berada dibalik baterai dan akan diketahui ketika melepas baterai dari hp Sony Xperia. Pada hp Sony Xperia yang palsu/replika atau super copy, penampakan NFC lebih dimunculkan alias tampak jelas terlihat. Dibandingkan dengan yang aslinya, keberadaan NFC tidak begitu mencolok namun lebih terlindungi.

7. Membandingkan Berat Hp Sony Xperia
Perbedan yang sangat mencolok antara hp Sony Xperia asli atau palsu dapat diketahui dari berat produk tersebut. Meskipun pada produk supercopy sekalipun akan tampak berat yang cukup signifikan.

Jika hp Sony Xperia asli mempunyai bobot atau berat 133 gram, terkadang pada hp Sony Xperia palsu beratnya bisa mencapai 140 gram. Tentu saja untuk menyamakan berat dari satu perangkat itu butuh ketelitian yang ekstra, dan hal itu tidak menjadi perhatian penting bagi pelaku pembuat smartphone Sony Xperia, untuk memangkas biaya produksi.

8. Cek performa dengan Antutu Benchmark
Cara lain untuk mengetes performa hp Sony Xperia adalah dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengetahui informasi fitur software dan hardware yang terpasang pada perangkat secara detail, dengan begitu dapat diketahui hp Sony Xperia tersebut asli atau palsu.

Baca juga: 10 Cara Penting Cek HP Asus Asli atau Palsu

Dengan melakukan pengujian menggunakan Antutu Benchmark, juga akan mengetahui kecepatan performa dari smartphone Sony Xperia yang Anda gunakan.

9. Cek Harga Handphone
Jangan mudah tergiur dengan penjualan hp Sony Xperia yang terlihat murah harganya. Patut mencurigai bagi siapa saja yang menawarkan produk Sony Xperia dengan harga murah tersebut. Karena boleh jadi hp Sony Xperia yang ditawarkan itu adalah hp palsu atau replika.

Perlu diingat juga, harga yang mahal atau sama dengan aslinya juga tidak menentukan keaslian dari hp Sony Xperia, karena boleh jadi dengan harga yang sama namun ternyata produknya tetaplah palsu atau replika.

Jangan mudah percaya dengan harga yang ditawarkan, apalagi smarphone Sony Xperia yang ditawarkan dengan harga yang cukup rendah dari biasanya. Artinya harga bukanlah segalanya, pastikan tetap mengecek beberapa hal penting yang telah disebutkan sebelumnya, dan satu hal penting lagi berikut ini.

10. Mengecek Kode IMEI Hp Sony Xperia
Kode IMEI yang tertanam pada smartphone Sony Xperia akan menentukan hp tersebut asli atau tidak, dan juga hp Sony Xperia tersebut terdaftar secara resmi atau tidak, atau IMEI yang dituliskan pada smartphone Sony Xperia itu asli atau tidak.

Untuk mengetahui kode IMEI pada hp Sony Xperia adalah dapat dilihat dari dusboxnya dan dengan menekan *#06# dan kode IMEI untuk smartphone tersebut pun akan segera tampil. Bisa pula melalui menu Settingsi => About => Status.

setelah kode IMEI diketahui, silahkan kunjungi situs (kumpulan produk dengan IMEI terdaftar, asli) http://www.imei.info masukkan kode IMEI smartphone Sony Xperia anda pada kolom yang tersedia. Jika kode IMEI terdaftar, berarti hp Sony Xperia anda asli.

TIPS TAMBAHAN:
Lebih lanjut cara membedakan hp SONY XPERIA asli atau palsu adalah berikut ini.

Silahkan buka papan tombol telepon pada smartphone Sony Xperia. Ketikkan angka *#*#7378423#*#* tunggu sampai muncul tampilan menu bar. Pada menu tersebut Anda dapat menguji beberapa layanan/fitur pada ponsel Sony Xperia Anda.

Berikut adalah fungsi menu yang dibuka dengan cara di atas:

  • Service info: yaitu untuk melihat informasi detail hp Sony, berupa model hp, dan lainnya.
  • Software info: yaitu untuk mengetahui informasi software yang terpasang pada smartphone Sony Xperia Anda.
  • SIM lock: berfungsi untuk mengunci SIM card.
  • Configuration: yaitu layanan untuk menguji fitur pada smartphone Sony, apakah masih berjalan baik atau tidak. Untuk pengujian fungsi hardware pada hp teresbut, silahkan menggunakan layanan ini.
  • Service test: yaitu layanan yang berfungsi menguji performa berbagai fitur yang dimiliki oleh smartphone Sony. Mulai dari pengujian performa keyboard dan switch, touch screen, display, illumination, speaker, earphone dan lain sebagainya.

Demikian informasi tentang cara membedakan hp Sony Xperia asli atau palsu. Semoga bermanfaat.
Advertisement