Cara Membedakan HP Oppo Asli dan Palsu

Cara Mengetahui atau Cek HP Oppo Asli atau Palsu – Selain smrtphone Samsung, Xiaomi dan Sony Xperia, hp Oppo pun tak dilewatkan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk dibajak atau dipalsukan demi keuntungan yang melimpah.
Cara Membedakan HP Oppo Asli dan Palsu

Untuk itu, berhati-hatilah terlebih dahulu sebelum membeli hp Oppo baru. Sebab, produk hp Oppo palsu (fake/sopercopy) pun tak beda jauh tampilannya dengan hp Oppo yang asli (original). Hp Oppo yang sering dipalsukan ialah Oppo A37, Oppo A59, Oppo R9 Plus, Oppo F1 Plus, Oppo A53, Oppo A33, Oppo Neo 7, Oppo R7s, Oppo R7 Lite, Oppo R5s, Oppo Mirror 5s, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo Neo 5 2015, Oppo Neo 5s, Oppo Mirror 3, Oppo Joy Plus, Oppo Find 5 Mini, Oppo Yoyo, Oppo N3, Oppo N1 Mini, dan device Oppo lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mengetahui atau membedakan hp Oppo asli dan palsu, silahkan ikuti tips-tips berikut ini.

1. Melihat Spesifikasi Perangkat Android hp Oppo

Asli atau tidaknya hp Oppo dapat diketahui dengan membandingkan spesifikasi pada hp tersebut dengan informasi spesifikasi yang dimuat oleh situs resmi Oppo. Bacalah secara rinri spesifikasi smartphone Oppo yang hendak dibeli.

Pada beberapa kOppo, akan diketahui perbedaan antara spesifikasi hp Oppo asli dan palsu, misalnya pada jaringan Zenfrone, kualitas kamera, kapasitas RAM dan ROM. Biasanya smarphone Oppo asli menggunakan RAM 2 GB, dibandingkan dengan smartphone Oppo palsu hanya menggunakan RAM 1 GB bahkan ada yang lebih parah, hanya menggunakan 512 MB saja.

Selain itu, beberapa fitur lain juga perlu di cek terlebih dahulu. Berupa bahan LCD yang digunakan, keberadaan Wi­Fi dan hotspot, Bluetooth sampai dengan spesifikasi baterai.

Jika diketaui ternyata berbeda dengan informasi yang diberikan oleh pihak Oppo secara resmi, maka dapat dipastikan hp Oppo tersebut adalah palsu.

2. Kejernihan Layar atau LCD

Untuk mengetahui kejernihan layar hp Oppo, dapat dilihat dari penampakan fisik kerapatan pixel pada LCD hp Oppo tersebut. Hp Oppo asli mempunyai pixel yang sangat rapat. Sebaliknya, jika hp Oppo itu palsu, mempunyai kerapatan pixel yang cukup rendah. Sehingga penampakan layar terlihat buram, saat memutar video atau melihat gambar (memberbesar gambar).

3. Oppo Asli Ada Logo Intel Inside

Secara fisik, asli atau palsu hp Oppo dapat diketahui dari logo Intel Inside yang berada dibelakang smartphone Oppo tersebut.

Untuk logo Intel yang asli atau original, jika disentuh maka logo tersebut terasa timbul, sedangkan yang palsu terasa seperti tempelan atau hologram.

4. Letak Fitur Oppo

Perhatikan gambar di atas, untuk membedakan hp Oppo asli atau palsu dapat dilihat dari letak fiturnya. Yakni pada bagian belakang hp Oppo supercopy atau replika, bentuk lampu flash dibuat terlalu besar. Sedangkan yang asli lebih kecil dan bulat berada di bawah kamera.

5. Performa Device Hp Oppo

Produk Oppo ori atau replika juga dapat diketahui dengan cara mencoba sendiri performa device atau perangkat hp itu. Pada umumnya performa hp Oppo palsu lebih lambat dan terdapat bayang-bayang saat sedang mengakses hp itu. Berbeda dengan hp Oppo yang asli, performanya lebih cepat, sangat friendly dan tidak ada bayang-bayang saat sedang mengoperasikan hp tersebut.

6. Keberadaan Fitur NFC

Perangkat NFC berada dibalik baterai dan akan diketahui ketika melepas baterai dari hp Oppo. Pada hp Oppo yang palsu/replika atau super copy, penampakan NFC lebih dimunculkan alias tampak jelas terlihat. Dibandingkan dengan yang aslinya, keberadaan NFC tidak begitu mencolok namun lebih terlindungi.

7. Membandingkan Berat Hp Oppo

Perbedan yang sangat mencolok antara hp Oppo asli atau palsu dapat diketahui dari berat produk tersebut. Meskipun pada produk supercopy sekalipun akan tampak berat yang cukup signifikan.

Jika hp Oppo asli mempunyai bobot atau berat 133 gram, terkadang pada hp Oppo palsu beratnya bisa mencapai 140 gram. Tentu saja untuk menyamakan berat dari satu perangkat itu butuh ketelitian yang ekstra, dan hal itu tidak menjadi perhatian penting bagi pelaku pembuat smartphone Oppo, untuk memangkas biaya produksi.

8. Cek performa dengan Antutu Benchmark

Cara lain untuk mengetes performa hp Oppo adalah dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengetahui informasi fitur software dan hardware yang terpasang pada perangkat secara detail, dengan begitu dapat diketahui hp Oppo tersebut asli atau palsu.

Dengan melakukan pengujian menggunakan Antutu Benchmark, juga akan mengetahui kecepatan performa dari smartphone Oppo yang Anda gunakan.

9. Cek Harga Handphone

Jangan mudah tergiur dengan penjualan hp Oppo yang terlihat murah harganya. Patut mencurigai bagi siapa saja yang menawarkan produk Oppo dengan harga murah tersebut. Karena boleh jadi hp Oppo yang ditawarkan itu adalah hp palsu atau replika.

Perlu diingat juga, harga yang mahal atau sama dengan aslinya juga tidak menentukan keaslian dari hp Oppo, karena boleh jadi dengan harga yang sama namun ternyata produknya tetaplah palsu atau replika.

Jangan mudah percaya dengan harga yang ditawarkan, apalagi smarphone Oppo yang ditawarkan dengan harga yang cukup rendah dari biasanya. Artinya harga bukanlah segalanya, pastikan tetap mengecek beberapa hal penting yang telah disebutkan sebelumnya, dan satu hal penting lagi berikut ini.

10. Mengecek Kode IMEI Hp Oppo

Kode IMEI yang tertanam pada smartphone Oppo akan menentukan hp tersebut asli atau tidak, dan juga hp Oppo tersebut terdaftar secara resmi atau tidak, atau IMEI yang dituliskan pada smartphone Oppo itu asli atau tidak.

Untuk mengetahui kode IMEI pada hp Oppo adalah dapat dilihat dari dusboxnya dan dengan menekan *#06# dan kode IMEI untuk smartphone tersebut pun akan segera tampil. Bisa pula melalui menu Settingsi => About => Status.

setelah kode IMEI diketahui, silahkan kunjungi situs (kumpulan produk dengan IMEI terdaftar, asli) http://www.imei.info masukkan kode IMEI smartphone Oppo anda pada kolom yang tersedia. Jika kode IMEI terdaftar, berarti hp Oppo anda asli.

TIPS TAMBAHAN:
Cara mudah lainnyan yang ampuh untuk membedakan kualitas hp Oppo berdasarkan negara pembuat hp tersebut, yang menentukan hp Oppo itu asli atau palsu adalah berikut ini:
Cek kembali kode IMEI dengan cara ketik *#06#
Maka nomor IMEI untuk hp Oppo tersebut pun akan ditampilkan.
Perhatikan nomor IMEI, misalnya: 416855 05 7630127.

Untuk mengetahui pembuatan hp Oppo tersebut berasal dari negara mana, maka lihatlah pada angka atau nomor urut ke 7 dan 8 pada kode IMEI hp Oppo yang ditampilkan tadi.

Berikut keterangan dari angka-angka tersebut serta kualitas produksi dari masing-masing negara:
  • Jika angka 67 atau 76, berarti ponsel tersebut adalah produksi  negara Amerika Serikat. Kualitas paling bagus.
  • Jika angka 01 atau 10 berarti ponsel tersebut adalah buatan  negara Finlandia. Kualitas sangat bagus.
  • jika angka 00, berarti ponsel tersebut adalah produksi negara Prancis atau Kanada. Kualitas paling baik.
  • Jika angka 08 atau 80, berarti ponsel tersebut adalah produksi  negara Jerman. Kualitas lumayan.
  • Jika angka 02 atau 20,  berarti ponsel tersebut adalah produksi  negara di Asia. Kualitas buruk.

Berikut beberapa kode tambahan terkait secret kode pada angka ke 7 dan 8 kode IMEI:
Secret kode IMEI dan negara produksi: 00 Prancis
Secret kode IMEI dan negara produksi: 07 Eropa Regional
Secret kode IMEI dan negara produksi: 08 Germany
Secret kode IMEI dan negara produksi: 80 Germany
Secret kode IMEI dan negara produksi: 01 Finland
Secret kode IMEI dan negara produksi: 10 Finland
Secret kode IMEI dan negara produksi: 70 Eropa Regional
Secret kode IMEI dan negara produksi: 07 Eropa Regional
Secret kode IMEI dan negara produksi: 19 UK
Secret kode IMEI dan negara produksi: 91 UK
Secret kode IMEI dan negara produksi: 30 Korea
Secret kode IMEI dan negara produksi: 03 Korea
Secret kode IMEI dan negara produksi: 67 USA
Secret kode IMEI dan negara produksi: 76 USA
Secret kode IMEI dan negara produksi: 20 China
Secret kode IMEI dan negara produksi: 02 China
Secret kode IMEI dan negara produksi: 40 India
Secret kode IMEI dan negara produksi: 04 India
Secret kode IMEI dan negara produksi: 60 Asia Regional
Secret kode IMEI dan negara produksi: 80 Asia Regional

Artikel lainnya tentang cara membedakan asli atau palsu pada ponsel/smartphone lainnya:
Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu
Cara Mengetahui HP Samsung Asli atau Palsu

Demikian informasi tentang cara mengetahui/membedakan hp Oppo Android asli atau palsu. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.