Cara Mengatahui Alamat IP Orang Lain

Cara Mengatahui Alamat IP Orang Lain - Internet merupakan jaringan komputer yang saling terkoneksi di seluruh penjuru dunia. Agar dapat melakukan pertukaran data, maka dibutuhkan IP Address yang dapat menghubungkan antar komputer. IP Address atau Internet Protocol Address merupakan deretan angka biner antara 32-bit hingga 128-bit.

Deretan angka ini digunakan sebagai alamat identifikasi untuk setiap komputer host dalam sebuah jaringan Internet. Panjang angka ini yaitu 32-bit untuk IPv4 atau IP versi 4 dan 128-bit untuk IPv6 atau IP versi 6, yang menunjukkan alamat komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Anda mungkin sudah mengetahui cara mengecek alamat IP pribadi. Nah, pertanyaannya sekarang adalah, apakah Anda bisa mengetahui alamat IP orang lain? Jawabannya BISA. Berikut ini adalah cara mengetahui alamat IP orang lain.
Cara Mengatahui Alamat IP Orang Lain

Mengetahui Alamat IP Situs

Buka konsol perintah. Jika Anda pengguna Mac, konsol ini bernama Terminal dan bisa Anda temukan pada folder Utilities. Sedangkan bagi pengguna PC, Anda bisa klik Start – Accessories - Command Prompt.  Lalu lakukan ping pada situs apapun yang ingin Anda ketahui IP situsnya.
Caranya, Ketik : ketik "ping [URL]" - contoh: ping www.facebook.com. Setelah itu akan muncul IP address situs yang Anda cari.

Mengetahui Alamat IP Email

Pertama, buka klien email yang ingin Anda cek IP addressnya. Untuk melacak alamat IP dari email yang Anda terima, bisa dilihat pada kepala pesan yang terlihat seperti tumpahan keyboard di dalam pesan. Tunjukkan bagian header. Lalu, dari menu View pilih opsi yang memungkinkan Anda melihat seluruh header. Anda juga bisa melihatnya dengan cara header yang diperpanjang pada bagian To atau From akan memberikan informasi baru. Pada sisi sebelah bagian Received, ada barisan yang berbunyi "from..." dan alamat IP. Pilih saja salah satunya lalu salin ke clipboard. Anda bisa melihat hasilnya.

Untuk memastikan keakuratan hasil, bukalah konsol perintah untuk melakukan pengecekan whois. Pada jendela termina di samping kursor yang berkedip-kedip, ketik whois, lalu tekan Enter. Informasi ini akan dikirim ke database untuk ditanyakan, serta kemudian dikembalikan berupa informasi registrasi untuk alamat IP tersebut.

Anda juga dapat menggunakan pengecek alternatif. Contohnya internet lookup, seperti ip-lookup, yang juga bisa memberi informasi yang hampir sama seperti pengecekan whois. Bahkan pada banyak kasus, dapat memberi Anda informasi lebih banyak.

Simak juga: 3 Cara Mengetahui IP Address di HP Android

Melacak Alamat IP Menggunakan Tools

Anda juga bisa melakukan pelacakan alamat IP menggunakan tools. Pertama-tama, install software tools bernama Free IP Scanner di computer Anda. Melalui software ini, Anda dapat mengetahui alamat IP orang lain dengan mudah, yang terpenting computer tersebut sudah terhubung ke jaringan. Selanjutnya, jalankan Free IP Scanner.

Apabila Anda diminta untuk memasukan License Key, cukup tekan opsi SKIP. Setelah itu, masukan range IP-nya, yaitu jarak IP pertama ke IP kedua, kemudian klik opsi “Start Scanning”. Tunggulah hingga tools menunjukkan hasilnya.

Melacak Lokasi Geografis Dari Alamat IP

Biasanya, orang melacak alamat IP untuk mengetahui letak geografis seseorang. Untuk hal ini, Anda dapat mengunjungi situs yang bisa membuat Anda mencari informasi alamat IP. Carilah "IP Lookup" atau "IP Geolocation" di google search untuk memperoleh daftar beragam situs melacak lokasi geografis secara gratis. Pilihlah salah satu situs tersebut, lalu masukkan alamat IP yang ingin Anda lacak.

Demikianlah cara mengetahui alamat IP orang lain. Yang perlu Anda ingat adalah, pelacakan ini tidak selalu berhasil. Terkadang, orang sudah melakukan tindakan pencegahan agar alamat IP nya tidak terlacak. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan menyalahgunakannya untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab, ya. Selamat melakukan pelacakan.
Advertisement