3 Cara Mengetahui IP Address di HP Android

Cara mengetahui IP Address di HP/ponsel Android - IP Address atau kepanjangan dari Internet Protocol Address adalah sebuah alamat yang tertanam pada komputer, yang menjadikan komputer itu dapat saling terhubung antar komputer lainnya. Secara umum IP Address terdiri atas 4 Blok, untuk setiap Blok terisi oleh angka, dari angka 0 hingga 255. Contoh IP Address seperti 192.168.100.1 , 10.57.38.223 (contoh dalam IPv4).

Untuk mengetahui seluk-beluk mengenai IP Address, silahkan lanjutkan bacaan anda ke: Pengertian dan Kelas IP Address.
3 Cara Mengetahui IP Address di Android

Tak terkecuali smartphone Android, dengan sistem computing yang tertanam di dalamnya, apalagi ponsel yang sudah include Wi-Fi atau jaringan internet, maka tentu IP Address ini pun sudah pasti tertanam pada masing-masing smartphone Android tersebut. Tak terkecuali vendor smartphone apapun itu, entah itu Asus, Samsung, Apple, BlackBerry, Xiamoi, Mito, Nokia, dan lainnya, pasti membenamkan kombinasi angka yang dikenal dengan istilah IP Address tersebut.

Dengan melihat dari pengertian dari IP Address tersebut di atas, maka dapat disepakati bahwa IP Address atau alamat IP begitu penting dalam sebuah jaringan.

Lalu, bagaimana mengetahui IP Address atau alamat IP di smartphone Android? Dapatkan dilihat dari smartphone Anda?



Tentu saja bisa! Setidaknya ada tiga cara untuk mengetahui IP Address pada ponsel atau smartphone Android bahkan pada ponsel Apple (iOS) dan OS Windows sekalipun, caranya adalah sebagai berikut:

Cara 1: Mengetahui IP Address di Android dengan membuka locallhost.com

Cara ini yang paling mudah Anda praktekan, yang penting ponsel sudah tersambung ke jaringan internet. Tidak hanya di komputer saja, pada smartphone pun anda dapat mengetahui alamat IP dengan cara mengetikkan locallhost.com di peramban atau browser di ponsel Anda.

Maka seketika situs ini akan meberitahukan alamat IP ponsel Anda dengan cepat dan tepat.

Cara 2: Melihat langsung alamat IP di smartphone

Cara ini agak sedikit ribet dari cara pertama tadi. Untuk mengetahui alamat IP pada smartphone Android dengan cara ini, silahkan ikuti caranya berikut ini:

Cara ini saya terapkan pada hp Xiamoi Redmi Note 3 Pro. Mungkin ada sedikit perbedaan dengan ponsel yang lainnya.

Pertama: Silahkan aktifkan WiFi smartphone Anda melalui panel Wi-Fi. Setelah tersambung, maka tap menu option pada jaringan tersambung tersebut. Biasa ditandai dengan arah panah atau 3 titik yang berderet ke bawah.
3 Cara Mengetahui IP Address di Android
Kedua: Scroll ke bawah layar smartphone Anda, maka akan anda tulisan “Alamat IP”. Di sebelah kanan tulisan tadi, itulah IP Address untuk smartphone Anda. Biasanya (pada hp Xiaomi) IP Address didahului oleh MAC Address.
3 Cara Mengetahui IP Address di HP Android

Cara 3: Mengetahui IP Address menggunakan aplikasi pihak ketiga

Jika kedua cara di atas terlalu mainstream untuk Anda, maka cara berikut ini dapat pula Anda terapkan dengan mudah, yaitu melihat alamat IP dengan mengunduh atau menginstal aplikasi yang akan memberikan informasi mendetail mengenail jaringan sistem di ponsel Android Anda.

Caranya adalah:
  • Silahkan download dan install aplikasi bernama MyIP: https://play.google.com/store/apps/details?id=radonsoft.net.myip langsung dari PlayStore
  • Setelah terinstal, buka aplikasi untuk menjalankannya.
  • Aplikasi akan meberikan informasi tentang IP Address, MAC Address dan lainnya.

3 Cara Mengetahui IP Address di Android
Tiga cara di atas saya rasa sudah cukup untuk memenuhi rasa penasaran Anda untuk mengetahui IP Address pada masing-masing smartphone Anda. Semoga membantu dan terima kasih sudah berkunjung.

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.