Cara Memasang Video Youtube di Postingan Blog AMP

Tutorial Blogger kali ini tentang cara menyisipkan atau menambahkan video YouTube di postingan pada blog yang menggunakan template AMP HTML. Seperti diketahui, khususnya untuk platform Blogger yang telah menggunakan template HTML AMP, maka cara menyisipkan segala sesuatu di postingan pun akan berbeda dari HTML biasa.
Cara Memasang Video Youtube di Postingan Blog AMP

Berbeda dengan HTML biasa, untuk menyisipkan atau meletakkan segala sesuatu berupa widget pada blog yang menggunakan template AMP HTML, punya aturan tersendiri.

Misalnya, jika ingin menambahkan video dari Youtube pada postingan artikel blog, maka formatnya harus mengikuti ketentuan penggunaan AMP HTML, seperti berikut ini.

Sebelumnya, khusus bagi Anda yang ingin migrasi untuk menggunakan template AMP HTML, simak dulu penjelasan berikut, terikait akibat menggunakan template AMP HTML pada platform Blogger.

Cara menyisipkan video Youtube di postingan blog pengguna template AMP HTML

Pastikan pada template sudah diaktifkan custom element AMP Youtube. Jika belum, silahkan diaktifkan segera dengan meletakkan kode berikut ini di atas kode </head> atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;

<script async='async' custom-element='amp-youtube' src='https://cdn.ampproject.org/v0/amp-youtube-0.1.js'></script>

Setelah itu, silahkan lihat URL video Youtube di address bar browser pada video yang Anda ingin sisipkan ke postingan blog. Contohnya seperti ini:

https://www.youtube.com/watch?v=OnfYLBNvrPw

Dari link di atas, yang diambil hanya bagian berikut ini:

OnfYLBNvrPw

Lalu disisipkan pada kode pemanggilnya yang akan diletakkan pada postingan blog, hingga hasilnya menjadi seperti berikut ini:

<amp-youtube
data-videoid="OnfYLBNvrPw"
height="270"
layout="responsive"
width="480">
</amp-youtube>

Cara yang sama juga dapat dilakukan jika ingin meletakkan video Youtube pada sidebar dan footer blog.

Demikian tutorial tentang cara memasang atau menyisipkan video Youtube pada postingan blog yang menggunakan template AMP HTML. Semoga membantu, terima kasih!
Advertisement