Cara Optimasi Meta Description Untuk Setiap Postingan/Artikel Blog

Cara Optimasi Meta Description Untuk Setiap Artikel Blog/Website - Salah satu penerapan seo yang saya lakukan untuk mengoptimasi setiap postingan adalah membuat meta description atau untuk masing-masing postingan. Cara ini dilakukan untuk mempertegas masing-masing postingan di serp atau search engine.
Menambahkan meta description artikel blog/website

Biasanya saya menggunakan kalimat utama untuk dijadikan deskripsi dari setiap postingan ini. Bukannya meta description ini diambil otomatis dalam snippet dari postingan tersebut? Betul demikian, tapi kita bisa mengubah meta description dari setiap postingan dengan versi kita sendiri. Nah, bagi yang tertarik melakukan cara ini untuk setiap postingan blognya, berikut caranya.

Cara Membuat Deskripsi Sendiri Untuk Setiap Postingan

Setelah login ke blog, klik Setelan > Preferensi Penelusuran, lalu pada bagian Deskripsi klik “Edit”. Lalu klik “Ya” kemudian akhiri dengan mengkilik “Simpan Perubahan”, perhatikan gambar di bawah ini.
Optimasi Meta Description Untuk Setiap Postingan

Jika blog anda mempunya niche yang lebih luas (banyak), maka kolom di atas tidak perlu di isi, namun jika blog anda mengulas hal-hal khusus, misalnya blog tentang berbagi template gratis, maka isilah kolom tersebut dengan deskripsi yang berhubungan dengan template gratis, seperti free download template, download template gratis, download template seo dan seterusnya.

Langkah berikutnya, setiap membuat postingan baru tambahkan deskripsi menurut versi anda. Perhatikan menu di sebelah kiri kolom postingan, lalu isikan deskripsi yang sesuai dengan ulasan postingan, seperti pada kolom di bawah ini.
Cara Membuat Deskripsi Sendiri Untuk Setiap Postingan

Diharapkan tetap menggunakan deskripsi yang sesuai dengan poin-poin penting dalam postingan. Jika menyalahi prinsip ini, bisa-bisa artikel tersebut akan dianggap spam oleh mesin pencari, terutama google yang punya kandang tersendiri untuk artikel-artikel/blog yang dianggap spam, maka siap-siap masuk ke google sanbox effect.

Baca juga: Agar Blog 100% SEO di Chkme Baik di Homepage dan Postingan Blog

Demikian tutorial tentang Cara Optimasi Meta Description Untuk Setiap Postingan/Artikel Blog atau Website. Khususnya penerapan untuk blog yang menggunakan platform Blogger atau Blogspot. Sekian, dan semoga bermnafaat!

2 komentar

  1. Profil:
    Ternyata selama ini saya agak keliru dalam menerapkan pengisian 'deskripsi penelusuran' pada saat membuat postingan karena hanya mengisi kalimat yang sama persis dengan judul yang saya buat, padahal masih bisa dibuat lebih luas untuk menjangkau target kata kunci kayaknya. Terima kasih udah berbagi teknik SEO nya
    • Profil:https://www.blogger.com/profile/13162875744493565460
      kalau seperti ini caanya lebih aman gan, susunan kalimat tetap harus jadi prioritas dulu, karena oleh mesin pencari yang dibaca bukan cuma keywordnya saja, tapi kesesuaian deskripsi dengan target ulasan juga penting, agar mengoptimasi seo onpage ini benar2 jalan.

      kalau untuk keyword saya menetapkan judul postingan sebagai keyword

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.