Widget yang Tidak SEO Friendly di Mesin Pencari

Widget yang mengurangi seo friendly di Search Engine – Tidak semua widget yang berguna itu akan berdampak baik pula untuk seo blog atau website. Nyatanya, ada beberapa widget yang dapat mengurangi kapasitas seo, terutama untuk kapasitas seo friendly di mesin pencari/search engine.

Pada dasarnya, seo friendly adalah sesuatu yang relative. Contohnya dalam penggunaan widget, ada widget yang menurut seseorang bahwa itu seo friendly namun oleh orang lain itu tidak seo friendly sama sekali, bahkan malah merusak nilai seo dari sebuah website/blog.

Baca juga: 3 Widget yang Mengundang Pengunjung ke Blog

Nah, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai salah satu widget yang kerap kali menempel pada blog/website kebanyakan, namun bagi saya penggunaan widget tersebut tidak bernilai seo friendly sama sekali. Widget yang dimaksud ialah, penggunaan tanggal posting atau date header atau timestamp (selanjutnya saya akan sering menggunakan tanggal posting).

Widget yang Tidak SEO Friendly di Mesin Pencari

Alasan-alasan tanggal posting menjadi tidak bernilai SEO Friendly.

Tanggal posting menjadi tidak bernilai seo friendly jika mengalami kondisi di bawah ini.

Blog yang jarang update; Blog yang jarang update dengan memasang widget tanggal posting di blognya akan menekan returning visitors, kecuali dalam keadaan mendesak. Apalagi jika blog tersebut membahas tentang tutorial yang cenderung tidak berkembang namun terus ditulis oleh orang lain, berganti bulan dan tahun terbaru.

Berkompetisi di mesin pencari dengan konten yang sama; Kondisi ini adalah yang paling parah. Misalnya, si A mempunya konten yang berjudul “Cara Membuat Blog Agar Seo Friendly di Search Engine”, konten tersebut di publish pada tanggal 17 Agustus 2010, lalu ada si B dan si C menulis artikel yang judul dan tujuannya kurang lebih sama dengan konten si A, namun artikel si B di publish pada tanggal 1 April 2015 dan postingan si C di publish pada tanggal 2 Mei 2015.

Maka pastilah kebanyakan orang akan memilih mengklik postingan si C ketimbang konten si A dan artikel si B, sebab postingan si C lebih baru dan calon pembaca menganggapnya postingan si C ini masih fresh dengan melihat tanggal posting yang muncul di search engine, meskipun posisi konten si A berada di atas si B dan si C. Mengapa tidak memilih artikel si B?, pasti semua orang sudah tau kalau bulan April itu bulan apa? April MOB.

Nah, untuk cari aman agar bisa bersaing sengit di mesin pencari, alangkah baiknya menghilangkan tanggal posting ini, baik itu yang nantinya tampil di blog atau di mesin pencari. Sehingga, apabila postingan blog usianya sudah tua, dengan tidak memunculkan tanggal posting, maka kita telah menekan akibat dari kondisi yang telah dicontohkan di atas.

Tampilan postingan di mesin pencari akan menjadi seperti pada gambar di bawah ini.
menghapus tanggal postingan di mesin pencari/search engine

Dari gambar tersebut, terdapat beberapa blog yang tanggal posting tidak dimunculkan, dan ada blog yang tanggal postinganya muncul.

Cara menghilangkan tanggal posting di mesin pencari/search engine.

Kalau menghilangkan tanggal posting di blog tentu anda sebagai pengolah blog pasti sudah tahu, yaitu tinggal hapus kode css dan htmlnya di script template blog. Namun, untuk menghilangkan tanggal posting di mesin pencari tidak cukup sampai disitu, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah menghilangkan tanda centang seperti pada gambar di bawah ini.

menghapus tanggal postingan di mesin pencari/search engine

Caranya, login ke blogger.com, masuk dashboard blog, ke Tata Letak dan klik Edit pada bagian Blog Posts, lalu hilangkan centang untuk bagian yang diberi tanda pada gambar di atas.
Bagi yang masih bersikeras memasang tanggal posting di blog, karena menjaga tampilan blog atau alasan lain, tambahkan kode rel='nofollow' untuk mencegah bot mengindexnya.

Contoh kode untuk menampilkan tanggal postingan.
<span class='clock'><a class='updated' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='updated' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a></span>

Jika ditambahkan rel='nofollow' akan seperti ini.
<span class='clock'><a class='updated' expr:href='data:post.url' rel='nofollow bookmark' title='permanent link'><abbr class='updated' rel='nofollow' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a></span>

Penutup

Di luar sana masih banyak penerapan seo yang masih sering diperdebatkan, salah satunya penggunaan tanggal posting ini. Sebenarnya saya enggan mengeluarkan tanggal posting ini di template blog, namun karena melihat kondisi-kondisi di atas untuk eksistensi di masa akan datang, sehingga saya harus melepasnya, toh seorang pembaca masih bisa melihat bulan dan tahun berapa artikel blog dipublish, yaitu melalui link yang tampak pada bar browser.

Terlihat memang hal kecil, tapi tetap saja tidak untuk disepelekan. Saya meriset ke beberapa blog yang sering muncul di ranking paling atas mesin pencari (khususnya blog yang mengulas tentang tutorial), dan saya mendapati beberapa blog tertentu menghilangkan tanggal posting di templatenya.

Jika ada yang bertanya, apakah penghilangan tanggal posting ini berpengaruh pada posisi blog di serf, terlepas dari kualitas konten? Jawaban saya, bisa iya bisa tidak. Alasan ia karena system indeksi search engine itu tidak setiap saat (detik atau menit atau jam) untuk mengindeksi postingan kembali, melainkan secara berkala, dengan menghilangkan tanggal posting muncul di mesin pencari berarti menghemat kerja pengindeksian search engine.

Alasan tidak, karena masih banyak juga blog yang muncul tanggal postingan di mesin pencari tampak bertengger ranking pertama di search engine, entah itu akibat dari munculnya tanggal posting atau dengan tambahan optimasi lain, biasanya kondisi ini sering terjadi pada situs-situs portal berita yang besar gaungnya.

Satu hal yang pasti bahwa seo itu adalah misterius, sulit menebaknya namun beragam cara mengoptimasinya. Jadi, pilihan ada di tangan anda, semoga artikel ini membantu, salam blogging.

4 komentar

  1. Profil:https://www.blogger.com/profile/07405635929635938311
    Betul juga, biasanya kl cari artikel di web pasti lihat tanggal dl
    • Profil:https://www.blogger.com/profile/13162875744493565460
      nah, itulah masalahnya mba, saya pun demikian, saya lebih suka membuka link yang mempunyai tanggal posting lebih baru di mesin pencari. Namun kalau ada pilihan antara memilih tanggal yang agak terlalu lama dengan yang tidak memiliki tanggal di mesin pencari saya lebih sering mengklik yang tidak mempunyai tanggalnya, bahkan saya lebih sering membuka link yang tidak memiliki tanggal sama sekali, karena penasaran :D
  2. Profil:https://www.blogger.com/profile/07126573827912835475
    Spertinya setuju juga, untuk lebih baik menghilangkan tanggal... jika blognya bukan blog berita :)
    • Profil:https://www.blogger.com/profile/13162875744493565460
      betul gan, biar kalau gak update gak ketahuan sama orang yang baru tau blog kita :D
  • Gunakan fitur Format Kode untuk menulis atau menyisipkan kode dan gambar dengan format tertentu.
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via Email ketika ada balasan.
  • Apabila ada pertanyaan diluar artikel silahkan buat topik baru di .
  • Untuk menyisipkan gambar, silahkan upload gambar terlebih dahulu. Lalu salin URL Gambar tersebut, paste ke kolom di bawah ini, lalu klik tombol Image.
  • Untuk menyisipkan Potongan Kode, atau Quote, paste kode tersebut ke kolom di bawah ini, lalu klik tombol pre, code, atau quote.
  • Untuk menulis kode dalam Syntax Highlighter gunakan format kode panjang.
  • Setelah itu, salin atau copy hasil parse dengan klik tombol icon Salin Kode! lalu paste ke kolom komentar.

image quote pre code