Cara Mencari atau Mendapatkan Artikel Viral dengan Mudah

Cara Mencari/Mendapatkan Artikel Viral di Media Sosial atau Sumber Lainnya dengan Mudah - Konten viral ialah ide atau kejadian apa saja yang sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat. Banyak hal yang bisa dilakukan terkait konten viral ini, diantaranya sebagai referensi penjualan produk toko online, internet marketing, menemukan ide artikel blog pada setiap tema/konten, indikator penelusuran keyword (kata kunci) untuk artikel blog, dan lain sebagainya.
Cara Mencari Artikel Viral di Media Sosial dengan Mudah

Terkait dengan manfaat konten viral dalam menemukan ide penulisan artikel blog, terdapat banyak tools yang bisa digunakan, berupa tools online dan offline.

Untuk tools online biasanya pakar SEO sering memanfaatkan Google Trends. Alasan tools tersebut lebih banyak digunakan karena user friendly, bahkan oleh pemula sekalipun.  Selain mudah digunakan, ada banyak opsi yang bermanfaat untuk mencari keyword agar tertarget.

Baca juga: Macam-macam Cara Mengetahui Kata Kunci yang Paling Banyak dicari

Namun, bagaimana caranya melihat atau mengatahui konten atau postingan yang menjadi viral di media sosial? Terkait hal ini, ternyata banyak juga tools online yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui artikel apa saja yang sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat pengguna media sosial. Baik yang banyak di share atau yang di like.

Salah satu tools online pencari konten viral di media sosial yang ingin saya bagi kali ialah Buzzsumo.com. Buzzsumo.com akan menampilkan postingan/artikel viral sesuai kata kunci atau keyword yang kita ketikkan pada widget pencariannya. Bersamaan dengan itu, beberapa hal lain yang ditampilkan ialah jumlah share yang terjadi di media-media sosial berupa Facebook, Twitter, Google Plus, Pinterest dan Linkedin, serta total share dari seluruh media sosial tersebut.

Hal yang tidak kalah penting yang ditampilkan lainnya ialah tanggal posting dari artikel viral tersebut. Tanggal postingan ini menjadi referensi akan jangka waktu dari laju postingan tersebut saat di publish dan menjadi viral.

Cara mencari konten viral di media sosial menggunakan Buzzsumo.com

Buzzsumo.com akan menampilkan artikel-artikel viral baik dalam berbahasa inggris dan bahasa Indonesia. Buzzsumo.com menyediakan fitur pro untuk tampilan konten viral lebih lengkap, namun untuk fitur free juga cukup menarik untuk sebatas mencari ide penulisan artikel di blog.

Berikut ini langkah-langkah untuk mencari artikel viral di Buzzsumo.com dengan mudah.

Buka link www.buzzsumo.com
Tuliskan keyword di kolom pencarian terkait ide penulisan konten sesuai blog. Dalam hal ini saya akan memberikan contoh dengan menuliskan kata kunci/keyword “tips smartphone”.
Cara Mencari Artikel Viral di Media Sosial dengan Mudah

Maka hasil penelusuran terkait artikel viral di Buzzsumo.com akan tampak seperti pada gambar berikut ini.
Cara Mencari Artikel Viral di Media Sosial dengan Mudah

Setelah itu silahkan buat topik artikel untuk blog anda terkait beberapa artikel viral yang ditampilkan. Jangan lewatkan pula penerapan custom permalink yang baik untuk SEO pada artikel sebelumnya.

Mendapatkan update berita terbaru dengan mengandalkan Google Alerts

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, Google Alerts merupakan layanan pemberitahuan surel (email), yang akan mengirim pemberitahuan tentang halaman web dan berita terbaru sesuai pilihan mereka. Pemberitahuan tersebut dikirim lewat surel atau umpan web (web feed). Saat ini ada enam tipe layanan Alerts yaitu: News, Web, Blog, Comprehensive, Video dan Group.

News Alerts adalah surel pemberitahuan kepada pengguna jika ada artikel baru yang masuk 10 besar hasil pencarian Google News yang mereka lakukan. Sementara itu, Web Alerts memberi tahu pengguna jika ada halaman web baru muncul dalam 20 besar hasil pencarian Google Web yang mereka lakukan.

Simpulannya, Anda akan mendapatkan berita atau pemberitahuan baru terkait apa yang Anda ketiikan pada kolom yang tersedia, yaitu beberapa keyword yang akan membantu Google Alert mendeteksi sesuati yang Anda sukai atau Anda inginkan dikirimkan ke email.

Cara menggunakan Google Alert sanga amat gampang.

Silankan kunjungi toolsnya melalui link: https://www.google.com/alerts?hl=id

Silahkan ketikkan keyword apapun pada kolom komentar yang tersedia. Misalnya saya ingin mendsapat update berita tentang bitcoin. Maka saya tulis seperti berikut ini:
Cara menggunakan Google Alerts

Silahkan lakukan setting lagi, untuk mendapat demografi yang lebih spesifik dari topik yang Anda inginkan. Yaitu dengan mengklik Tampilkan Opsi:
Cara menggunakan Google Alerts

Setelah pengaturan selesai, silahkan klik tombol Buat Notifikasi.

lakukan cara yang sama untuk mendapatkan notifikasi/pemberitahuan terkait topik berita/informasi yang lainnya. Maka topik-topik yang terkait dengan topik tersebut, akan langsung di kirimkan ke email Anda.

Demikian ulasan tentang Cara Mencari atau Menemukan Artikel Viral dengan Mudah. Masih mengeluh karena tidak ada ide untuk postingan? Kalau ia, itu bukan karena tidak adanya ide untuk bahan tulisan, tetapi karena faktor lain. Mau disebutkan faktor apa itu? Hanya anda yang tau, yang paling sering karena faktor M.
Advertisement
Free and premium blogger templates