Cara Terbaru Membuat Polling Survey di Facebook

Tips Facebook kali ini tentang cara membuat tombol status polling survey atau voting di Facebook. Polling atau voting ini merupakan pertanyaan atau jajak pendapat secara sederhana dengan opsi atau pilihan tertentu, yang sengaja dileparkan ke public dengan tujuan tertentu.

Sebetulnya fitur polling atau jajak pendapat ini punya manfaat yang cukup besar. Kita bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh masyarakat publik terkait persoalan-persoalan atas pilihan tertentu. Misalnya membuat polling atau survey tentang pemilu, pilpres, pemilukada atau pemilihan kepala daerah.

Tidak hanya itu saja, fitur polling atau jajak pendapat ini juga kita bisa terapkan pada hal-hal lain selain politik, misalkan polling tentang kebutuha produk barang, bisnis, makanan, spot-spot wisata, kampus atau tempat kuliah, sekolah, penyakit yang ingin kita derita dan lain sebagainya.
Cara Membuat Polling Survey di Facebook

Ada beberapa cara untuk membuat polling survey di Facebook. Berikut ini dua cara yang dapat Anda pilih untuk membuat polling atau jajak pendapat pada Facebook versi update terbaru.

Cara Buat Poling di Group Facebook tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Cara buat polling survey atau jajak pendapat di Facebook sebetulnya sangat mudah, tanpa harus mempergunakan aplikasi pihak ketiga pun, kita sudah bisa membuat polling survey.

Apalagi untuk membuat polling di Grup Facebook, tidak dibutuhkan aplikasi khusus, sebab pada kolom status sendiri sudah ada fitur jajak pendapat. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Login/masuk ke Akun Facebook
2. Pilih Group Facebook yang ingin Anda buat polling survey
3. Klik pada bidang kolom status, lalu klik tulisan Mulai Diskusi. Setelah itu klik juga tulisan Jajak Pendapat yang ada di bagian bawah. Seperti yang ditandai pada gambar berikut:
Cara Membuat Polling Survey di Facebook

4. Lalu tuliskan pertanyaan yang ingin Anda ketahui polling surveynya, beserta opsi-opsi yang akan dipilih oleh audience atau public. Kurang lebih seperti pada gambar berikut.
Cara Membuat Polling Survey di Facebook

5. Setelah itu, klik tombol Kirim.
6. Selesai, hasil polling survey Anda akan terlihat seperti gambar berikut:
Cara Membuat Polling Survey di Facebook

Selanjutnya tinggal menunggu tanggapan dari member di Group tersebut terkait polling atau jajak pendapat yang Anda lemparkan.

Tips lainnya: Cara Mengetahui Orang yang Sering Membuka Profile Facebook Kita

Cara Melakukan atau Membuat Jajak Pendapat di Facebook dengan Poll Apps

Bedanya dari polling survey sebelumnya, kalau menggunakan aplikasi Poll ini Anda dapat mengirimkan polling survey Anda ke halaman/beranda profil dan fanpage Facebook. Alias bukan ke Grup Facebook.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Anda sudah login ke Facebook
2. Buka link ini, lalu klik tombol +Create Poll.
Cara  Membuat Polling di Facebook
3. Hubungkan dengan Facebook Anda, dengan mengklik Lanjutkan sebagai… lalu OK.
Cara  Membuat Polling di Facebook
4. Pilih halaman (profil atau fanpage) yang ingin Anda lemparkan polling survey.
Cara  Membuat Polling di Facebook
5. Pada kolom Question, tulis pertanyaan Anda, dan pada kolom Answers, tulis pilihan-pilihan yang akan divoting oleh pemirsa(tiap baris adalah opsi/pilihan baru). Seperti pada gambar berikut:
Cara  Membuat Polling di Facebook
7. Jika sudah selesai, silahkan scroll sampai bawah, dan temukan tombol Create Poll untuk mempublish status polling survey Anda. Tunggu beberapa saat sampai Proessing selesai.
Cara  Membuat Polling di Facebook
8. Lalu klik lagi tombol Kirim ke Facebook.
9. Selesai, polling survey Anda akan terlihat seperti ini.
Cara  Membuat Polling di Facebook

Pada aplikasi ini Anda dibolehkan memodifikasi polling survey tersebut dengan menambahkan gambar, video dan merubah style opsi poling. Petunjuknya dapat dilihat dengan mengklik tulisan:
  • How to add images?
  • How to add videos?
  • How to style votes?
  • Other tips

Baca juga: Cara Mengubah Tampilan Facebook Biar Loading Makin Cepat

Serta beberapa kolom dan tombol opsional lainnya yang dapat Anda gunakan jika diperlukan. Silahkan coba-coba saja sendiri untuk mencentang tombol-tombol tersebut. Yang pasti dengan langkah-langkah di atas, polling survey Anda sudah terlihat oke!
Advertisement