Menjalankan iklan di halaman search label dan terutama search blog post, adalah suatu tindakan yang sangat beresiko untuk kesehatan akun Google Adsense. Bisa-bisa akun Adsense akan kena banned.

Sebab, kita sebagai pemilik blog/website tidak dapat mengontrol keisengan pengunjung yang bisa saja memodifikasi URL pencarian label, dan memasukkan keyboard pencarian halaman blog, dengan kata kunci yang tidak ada hubungannya dengan konten blog, bahkan cenderung kurang pantas.
Menyembunyikan Iklan AdSense di Halaman Pencarian Blog dan Label

Lebih-lebih jika pengunjung yang marah karena masalah keluarga atau karena masalah hutang, dan melampiaskan kemarahannya tersebut pada akun Adsense yang terpasang di blog kita, melalui kolom pencarian blog (data:blog.searchQuery) atau memodifikasi link URL halaman pencarian label (data:blog.searchLabel) menjadi sesuatu yang berbau kata kunci dewasa atau18+.

Sebagai contoh, URL blog dari hasil keisengan pengunjung saat menggunakan widget pencarian blog, maka akan menjadi seperti ini:

https://setuplaptopgamingmurah.blogspot.co.id/search?q=download+video+dewasa+mp3.5

Atau jika URL pencarian halaman label blog dimodifikasi, maka akan tampak seperti berikut ini:

https://setuplaptopgamingmurah.blogspot.com/search/label/Download%20Video%20Dewasa?&max-results=8

download+video+dewasa+mp3.5 dan Download%20Video%20Dewasa merupakan kata kunci yang kurang pantas hasil keisengan blog. Padahal jelas-jelas blognya membahas tentang setup laptop gaming yang murah. Malah dimodifikasi menjadi sesuatu yang “berlendir”.

Simak juga: Cara Memasang 3 Slot Iklan di Tengah Artikel

Perhatian:
Perlu diketahui, meskipun keyword halaman pencarian blog dan URL halaman search labels tidak terdapat di dalam konten blog, halamannya tidak akan dialihkan ke page Error 404. Dia tetap akan terbuka pada halamannya sendiri.

Disisi lain, menampilkan iklan Google Adsense di halaman pencarian artikel blog, memang harusnya tidak perlu dilakukan. Karena dihalaman tersebut tidak ada konten efektif. Jika suatu halaman blog tidak adak konten efektif, maka halaman itu tidak pantas ditampilkan iklan Adsense.

Cara sembunyikan iklan Adsense pada halaman search blog dan labels

Terapkan cara berikut ini demi menjaga akun Adsense Anda dari banned, sebelum terlambat.

Cara sembunyikan iklan Adsense di header, sidebar atau footer jika menggunakan Widget HTML/JavaScript

1. Pastikan Anda sudah mengetahui HTML ID untuk widget kode iklan Adsense di blog Anda. Yaitu dengan cara masuk ke Tata Letak, klik edit pada widget HTML/JavaScript yang berisi kode iklan.

Dalam tutorial ini, misalkan attribute ID untuk kode iklan Adsense Anda adalah HTML2.

2. Setelah itu masuk ke Theme > Edit HTML, cari kode HTML2. Caranya tekan tombol ctrl+f lalu ketikkan HTML2 pada kolom search yang muncul, setelah itu tekan enter.
Menyembunyikan Iklan AdSense di Halaman Pencarian Blog dan Label

3. Pada attribute ID HTML2 tersebut, temukan kode <b:includable id='main'> lalu letakkan kode tag conditional berikut ini di bawah kode tersebut:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot; and data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>
<b:else/>

4. Masih pada attribute ID yang sama, temukan kode </b:includable> lalu letakkan kode penutup dari tag conditional berikut tepat di atas kode tadi:
</b:if>

Sehingga untuk langkah 3 dan 4, cara penerapannya akan nampak seperti pada gambar berikut ini:
Menyembunyikan Iklan AdSense di Halaman Pencarian Blog dan Label

5. Setelah itu Simpan Theme.

Cara sembunyikan kode iklan Adsense yang ada di didalam HTML template

Meskipun di dalam HTML theme, jenis iklan seperti ini sifat tampilnya tetap disemua halaman, misalnya iklan Page Level Ads, dan atau floating ads.

1. Caranya lebih mudah dari yang tadi, yaitu tinggal seperti ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot; and data:blog.url != data:blog.homepageUrl'><b:else/>
Kode iklan Adsense letakkan disini….
</b:if>

2. Setelah itu Simpan Theme.

Sebetulnya masih ada halaman/page tidak efektif lainnya untuk iklan Adsense, seperti halaman Error 404 dan halaman static (statis). Jika halaman ini dipadukan dengan halaman pencarian blog dan pencarian label, maka cara penerapannya akan menjadi seperti ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot; and data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot; and data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;'>
Kode iklan Adsense letakkan disini….
</b:if>
</b:if>

Atau jika Anda ingin tetap menampilkan iklan di halaman statis, dan tidak ingin menampilkan iklan di halaman pencarian blog, search label, dan halaman error page 404, maka cara penerapannya menjadi seperti ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot; and data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;'>
Kode iklan Adsense letakkan disini….
</b:if>
</b:if>

Pokoknya tinggal mainkan saja tag conditional yang Anda, sesuai konsep yang Anda inginkan.

Sampai saat ini, cara menyembunyikan iklan Adsense di atas masih 100% efektif untuk menghindari banned iklan Adsense dari hal-hal yang sudah disebutkan di atas.

Sebagai catatan tambahan, cara di atas tidak hanya dapat diterapkan pada iklan Google Adsense, tetapi iklan yang lainnya. Hanya saja Adsense lebih ketat aturannya, maka fokusnya di Adsense.

Demikian tutorial tentang Cara Menyembunyikan Iklan AdSense di Halaman Pencarian Blog dan Label. Semoga membantu dan bermanfaat!
Advertisement