Cara Memasang Breadcrumb pada Blogger Terbaru Versi 3

Salah satu fitur yang hilang dari update HTML Blogger ialah breadcrumb. Lalu bagaimana cara memasang kembali fitur breadcrumbs tersebut?

Lebih baik menggunakan breadcrumb atau tidak perlu lagi? Sejauh ini, itu pertanyaan yang masih menghantui saya. Mengapa Blogger Developers kok tega menghilangkannya? Apa memang breadcrumb udah gak guna lagi? Yang pakar SEO mudah-mudahan bisa jawab pertanyaan ini di kolom komentar.
Cara Memasang Breadcrumb pada Blogger Terbaru

Nah, bagi yang terpaksa mengabaikan pertanyaan-pertanyaan tersebut, penuh keyakinan untuk nekat pasang breadcrumb di sintaks Blogger versi terbaru, berikut caranya!

Tips:
Dalam hal ini, kita tetap menggunakan parameter dan kode pemanggil parameternya. Sehingga output breadcrumb bisa diletakkan dan ditampilkan dimana saja. Alias bisa diletakkan di dalam dan d luar post page.

Langkah 1: cari kode ini
<b:defaultmarkup type='Common'>

Langkah 2: letakkan kode parameter berikut di bawah kode tadi:
        <b:includable id='breadcrumb' var='post'>
<b:loop values='data:posts' var='post'>
<b:if cond='data:post.labels'>
<div class='breadcrumbs'>
<span itemscope='itemscope' itemtype='https://data-vocabulary.org/Breadcrumb'><a class='breadhomepost' expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='url' title='Home'><span itemprop='title'><svg class='icons post-HOME' viewBox='0 0 24 24'><path d='M10,20V14H14V20H19V12H22L12,3L2,12H5V20H10Z' fill='#768187'/></svg> Home&amp;nbsp;</span></a></span>&amp;nbsp;&#8250;
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<span itemscope='itemscope' itemtype='https://data-vocabulary.org/Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url + &quot;?max-results=6&quot;' expr:title='data:label.name' itemprop='url'><span itemprop='title'><data:label.name/></span></a><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> &#8250; </b:if></span>
</b:loop><span><data:post.title/></span>
</div>
</b:if>
</b:loop>
</b:includable>

Langkah 3: untuk mengaktifkan parameternya, silahkan panggil dengan kode berikut:
<b:include data='post' name='breadcrumb'/>

kalau hanya ingin menampilkan pada tampilan postingan penuh (post page dan static page), maka gunakanlah tag conditional <b:if cond='data:view.isSingleItem'>, sehingga jadinya akan seperti ini:
<b:if cond='data:view.isSingleItem'>
<b:include data='post' name='breadcrumb'/>
</b:if>

Catatan:
  • Untuk langkah 3, kodenya bisa diletakkan dimana saja. Entah itu di bawah <div class='post-title-container'> atau di bawah <article class='post-outer-container'> atau pada markup lainnya.

Sampai disitu pemasangan breadcrumb pada html baru Blogger sudah selesai. Tinggal atur stylenya dengan CSS seperti berikut ini di atas kode </style>:
.breadcrumbs {font-size:90%;overflow:hidden;color:#ccc;text-overflow: ellipsis;white-space: nowrap;overflow:hidden;display:block;position:relative;margin:0 auto 20px}
.breadcrumbs .icons{position:absolute;top:0;left:0;width:16px;height:16px;vertical-align:center}
.breadcrumbs .breadhomepost{position:relative;padding:0 0 0 20px;overflow:hidden}
.breadcrumbs li{list-style-type:none;display:inline-block;float:left}
.breadcrumbs span a {color:#777;padding:0 3px;}
.breadcrumbs &gt;span:last-child {width:0;color:#999;font-weight:400;padding:0 0 0 3px}
.breadcrumbs span a:hover {color:#333;}
.breadcrumbs a:hover {color:#333;}

Kalau pada template Blogger belum ada kode seperti pada langkah 1, maka tinggal menambahkan kode berikut di atas kode </head> atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;
    <b:defaultmarkups>
      <b:defaultmarkup type='Common'>
// parameter breadcrumbs letakkan disini (langkah 2), pokoknya disini isinya sintaks parameter yang akan dimunculkan pada halaman post dan di luar post.
      </b:defaultmarkup>
    </b:defaultmarkups>

Serunya di update HTML Blogger versi 3 itu begitu, bisa meletakkan apa saja di luar dan di dalam postingan. Bahkan bisa menampilkan tanggal posting, widget share, widget comments count pada widget Popular Post dan Featured Post (default).

Anda juga bisa menerapkan Breadcrumb dengan Microdata Schema.org untuk tutorial ini. Bahkan lebih dianjurkan!

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.