6 Cara Jitu Optimasi Video Youtube

Cara mendapatkan uang dari Youtube, memang kelihatannya mudah. Tinggal bikin video, upload ke Youtube, tautkan dengan Google Adsense, dan biarkan pengunjung datang untuk melihat video di channel Youtube kita.
Cara optimasi video Youtube

Tapi ternyata, tidak sesederhana itu. Jika ingin mendatangkan penonton atau viewers pada video Youtube kamu, maka membiarkan video dan channel begitu saja adalah kesalahan besar. Video di channel Youtube kamu juga mesti di optimasi sedemikian rupa, agar menarik minat para penonton di Youtube.

Kesalahan seperti itu cenderung dilakukan oleh para pemula, yang menganggap “asal sudah upload video” itu sudah cukup. Tidak perduli sebagus apa konten video kamu, sekeren apa sinematografi di video kamu, atau bahkan semahal apa kamera dan peralatan yang kamu gunakan, jika tanpa sentuhan optimasi, maka sulit untuk mendapatkan views yang banyak.

Lalu bagaimana optimasi yang tepat untuk video Youtube saat ini? Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk optimasi video di Youtube kamu. Simak dan terapkan!

Buat nama file video mengandung keyword (kata kunci)

Sebelum mengupload video ke Youtube, rename terlebih dahulu file video kamu dengan keyword atau kata kunci yang kamu targetkan. Untuk spasi, ganti dengan tanda strip. Contohnya: video-flat-earth-terbaru.mp4

Ubah judul video agar mengandung keyword

Setelah video terupload, ubah kembali judul video tersebut. Konfigurasi judul adalah dengan menggunakan kata keyword di depan judul. Dalam hal ini, judul seperti itu akan bersifat call to action. Dengan begitu video bakal mendapat posisi terbaik pada pencarian Youtube.

Buatlah deskripsi video yang menarik dan berisi keyword

Tidak hanya mengkonfigurasi judul saja, membuat deskripsi yang mengandung kata kunci atau keyword pun harus dilakukan. Deskripsi video tidak perlu panjang-panjang, cukup mewakili keyword yang kamu targetkan. Dalam hal ini, deskripsi video yang dibuat adalah jelas dan alami.

Siapkan thumbnail video yang menarik

Thumbnail ialah gambar dari video yang akan hendak kamu upload ke Youtube. Thumbnail ini mewakili isi video kamu. Thumbnail yang menarik dan relevan serta merta akan memicu daya tarik penonton Youtube untuk melihat video kamu.

Sebagian penonton cukup pintar untuk menilai tingkat profesionalitas seorang content creator atau Youtuber dalam mengelola channel Youtubenya dengan melihat tampilan thumbnail video Youtube kamu.

Untuk urusan thumbnail, kamu bisa membuatnya dengan Photoshop atua Corel Draw, dengan menggunakan ukuran pixels yang besar. Buatlah thumbnail dengan ukuran terbaik terbaik yaitu width 1280px dan height 720px. Simpan gambar dengan nama yang mengandung unsur keyword atau kata kunci sesuai dengan judul video.

Gunakan Tag yang relevan

Tag merupakan fitur pada Youtube yang akan memetakan setiap video yang di upload ke Youtube. Penggunaan Tag terbaik adalah dengan menyesuaikan dengan video yang kamu upload.

Gunakan tag setidaknya 10 tag saja, dengan jumlah karakter yang terbatas, tidak lebihd ari 100 karakter. Pisahkan dengan tanda kutip ganda, misalnya “Musik” atau “games”.

Berikan anotasi yang efektif pada setiap video

Anotasi juga adalah salah satu fitur di Youtube yang berguna untuk meningkatkan views pada video Youtube kamu. Anotasi ini semacam teks atau tulisan mengambang, akan muncul di atas video kamu saat viewers sedang menonton video tertentu.

Anotasi sendiri dapat digunakan untuk maksud-maksud tertentu, untuk memberi rekomendasi pada video yang lain di channel Youtube kamu, atau meminta untuk subscribe channel Youtube kamu.

Namun jangan gunakan anotasi yang terlalu banyak, karena hal itu hanya akan mengganggu pemirsa saat menonton video kamu. Penggunaan anotasi yang efektif adalah diletakkan pada bagian akhir video kamu.

Bentuk anotasi yang efektif adalah dengan mengajak penonton atau pemirsa untuk subscribe channel Youtube kamu, dan rekomendasi video lainnya yang ada di channel Youtube kamu.

Itulah caranya yang dapat kamu lakukan untuk optimasi video di channel Youtube kamu. Cukup mudah dilakukan bukan?

Demikian tips Youtube kali ini yang berjudul 6 cara jitu optimasi video di Youtube. Semoga dapat dipahami dan diterapkan dengan good! Jika artikel ini kamu rasa berguna untuk kamu atau orang lain, teman kamu yang sama-sama mengelola channel Youtube, silahkan bagikan (share) atau tag artikel ini di Facebook atau social media kamu.

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.