Tips Vlogging Menggunakan Smartphone

Siapa sangka bahwa untuk membuat vlog tidak selalu harus menggunakan komputer, pc, laptop maupun kamera digital. Kamu juga bisa memanfaatkan smartphone yang kamu punya untuk membuat vlog.
Tips vlogging pakai smartphone

Tetapi, kamu harus memastikan bahwa smartphone yang kamu gunakan adalah smartphone dengan kemampuan merekam yang tinggi dan kualitas kamera yang mumpuni.

Sesuai judul artikel kali ini, Bungfrangki.com akan memberikan beberapa tips bermanfaat membuat vlog dengan menggunakan smartphone.

Karena smartphone adalah perangkat yang terbilang baru untuk membuat sebuah vlog, maka ada beberapa trik juga yang harus kamu pelajari.

Beberapa tips dari Bungfrangki.com yang harus kamu perhatikan sehingga hasil video vlog kamu yang menggunakan smartphone pun masih mempunyai kualitas yang tinggi.

Tips Membuat Vlog Dengan Menggunakan Smartphone

Berikut ini beberapa tips yang akan berguna bagi kamu vlogger yang menggunakan smartphone.

1. Smartphone Berkualitas Tinggi

Poin penting pertama yang harus kamu perhatikan adalah smartphone itu sendiri. Apakah kamu sudah yakin menggunakan smartphone yang tepat untuk membuat vlog?

Setidaknya, untuk membuat sebuah video yang jernih dan berkualitas tinggi, smartphone kamu harus mempunyai kapasitas kamera utama sebesar 8 Megapixel dan beresolusi minimal 720p.

Sebaiknya, jika kamu mempunyai dana, belilah sebuah smartphone yang mampu merekam video dengan resolusi maksimal 4K, lalu yang mempunyai fitur Optical Image Stabilization atau yang biasa disingkat dengan OIS.

OIS berfungsi untuk meminimalisir atau mencegah video yang direkam mengalami kerusakan seperti buram atau blur akibat berbagai faktor seperti goyang atau guncangan pada saat merekam. Tetapi, cukup dengan fitur auto-fokus yang cepat juga bisa membuat video kamu mempunyai kualitas tinggi.

2. Gunakan Kamera Utama

Mungkin banyak vlogger yang masih belum tahu ketika mereka membuat vlog, mereka menggunakan kamera depan, tetapi itu adalah hal yang kurang tepat.

Pada dasarnya, hampir semua smartphone mempunyai kualitas kamera utama atau kamera belakang yang lebih tinggi dibandingkan kamera depannya.

Jadi, pastikan kamu menggunakan kamera belakang ketika merekam vlog kamu. Kecuali, smartphone kamu memang memiliki kamera depan yang lebih bagus daripada kamera belakangnya.

3. Smartphone Anti Air dan Debu

Jika kamu adalah seorang travel vlogger maka kamu harus menggunaka sebuah smartphone yang mempunyai fisik yang kuat yang bisa digunakan dimanapun dan kapanpun. Smartphone yang anti air dan debu adalah pilihan yang tepat.

Dengan menggunakan smartphone yang anti air dan debu maka kamu bisa merekam atau membuat vlog baik ketika cuaca sedang cerah maupun hujan, sehingga kamu tidak akan melewati momen-momen berharga untuk menghiasi vlog kamu.

4. Gunakan Microphone atau Smartphone Lainnya

Ketika kamu membuat vlog, jarak antara kamu dan smartphone perlu diperhatikan juga. Kamu harus bisa memprediksi apakah suara kamu masih tetap terdengar atau tidak ketika jarak kamu terhadap smartphone relatif jauh.

Untuk meminimalisir rekaman video yang mempunyai kualitas audio yang buruk, maka gunakanlah sebuah microphone eksternal atau smartphone lain yang kamu simpan disaku atau dimanapun, yang penting jaraknya lebih dekat dengan sumber suara.

Dengan begini kamu akan mendapatkan kualitas video dan audio yang maksimal. Tetapi, jika kamu tidak ingin menggunakan microphone atau smartphone tambahan, maka alangkah baiknya kamu membuat vlog pada saat kondisi tenang dan tidak ada suara yang mengganggu.

Simak juga: 5 Kamera Smartphone Terbaik untuk Membuat Vlog Youtube

5. Jangan Lupa Edit Video

Langkah terakhir setelah kamu merekam video vlog kamu, maka kamu harus mengeditnya atau memperbaikinya. Kamu juga bisa menambahkan efek visual, opening video dan ending video.

Bungfrangki.com menyarankan kamu untuk mengedit video kamu di PC atau komputer karena jika kamu mengedit video di smartphone yang kamu gunakan, maka fitur-fiturnya pasti terbatas dan hasilnya tidak akan maksimal.

Semoga setelah kamu membaca 5 tips membuat vlog dengan smartphone diatas, kamu bisa membuat video vlog yang semakin berkualitas dan subscriber serta viewers Channel Youtube kamu semakin bertambah juga. Punya tips lain? Bagikan di kolom komentar ya!
Advertisement