Cara Membuat Link Aktif pada Text Status Facebook

Trik Facebook ini semacam cara membuat tulisan yang mendangung link aktif (URL) di status FB. Artinya, link tersebut benar-benar bisa diklik dan menuju ke halaman tertentu. Misalnya, ke halaman profile kita pribadi atau seseorang, halaman fanpage blog/website dan juga ke halaman grup tertentu di Facebook.
Cara Membuat Link Aktif pada Text Status Facebook

Karena ini namanya trik, berarti ada permainan dan mengandung unsur manipulatif disana. Jelas saja, untuk membuat status yang mengandung link aktif semacam itu, tidak sama halnya dengan membuat atau ngepost status Facebook sebagaimana biasanya.

Walau kelihatannya agak sedikit rumit, tetapi trik ini sangat amat gampang diterapkan. Anda atidak butuh keterampilan khusus untuk melakukan trik ini, pun tidak perlu menguasai bahasa HTML yang sedemikian rupa.

Yang dibutuhkan ialah:
  • Sebuah perangkat PC/laptop atau smartphone yang masih berfungsi dengan baik.
  • Sebuah akun Facebook milik pribadi (milik perusahaan juga bisa).
  • Sebuah halaman target yang akan disipkan pada text untuk membentuk link aktif.

Cara membuat tulisan/text di status Facebook mengandung link aktif atau URL

Untuk menerapkan cara ini, tidak dibutuhkan aplikasi Facebook yang terinstall di smartphone Anda, juga tidak menggunakan domain Facebook yang biasanya. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut:
Cara Membuat Link Aktif pada Text Status Facebook

Berikut langkah-langkah membuatnya!

Langkah 1
Kunjungi dan login pada website mobile Facebook, yaitu https://mobile.facebook.com.

Langkah 2
Format status Facebook agar dapat menghasilkan link aktif kurang lebih adalah sebagai berikut:
Cara membuat status Facebook yang mengandung @@[0:[253664224684238:1:LINK AKTIF ATAU URL]]. Link aktif tersebut menuju ke halaman fanpage @[253664224684238:]. Status dengan @@[0:[253664224684238:1:LINK AKTIF]] seperti ini juga bisa diarahkan pada @@[0:[253664224684238:1:PROFILE PRIBADI]]. Selamat mencoba!

Keterangan:
  • Ganti tulisan 53664224684238 dengan ID laman, profile, atau grup Facebook.
  • Ganti juga tulisan yang berhuruf kapital, untuk kata-kata yang ingin dibuatkan link aktifnya.

Perhatian!
Jangan ada dua ID yang berbeda. Jika itu terjadi, besar kemungkinan trik ini tidak akan berhasil dan status tidak bisa dikirim/posting.

Langkah 3
Post status Facebook dan lihat hasilnya.

Simak juga: 2 Cara Menghapus History Pencarian di Facebook

Meskipun trik ini tidak dapat dilakukan pada aplikasi dan website for desktop Facebook, namun hasilnya (dari langkah-langkah di atas), tetap akan nampak jika dilihat pada keduanya.

Dari hasil trik cara membuat tulisan yang terdapat link aktif pada status Facebook tersebut, dapat disimpulkan bahwa, sebetulnya kita hanya mengganti keterangan atau nama dari profile, fanspage, atau grup Facebook.

Demikian tutorial tentang Cara Membuat Status Facebook yang Mengandung Link Aktif atau URL. Selamant mencoba dan semoga berhasil!
Advertisement
Free and premium blogger templates