Cara Mengetahui Judul Lagu/Musik di Video Youtube

Tips YouTube kali ini ialah tentang cara mengetahui backsound atau judul lagu di video Youtube. Sebagai content creator, Youtuber ataupun hanya sebagai viewers, pasti pernah merasa tertarik dan suka dengan soundtrack atau musik/lagu yang sering dipakai pada video Youtube seseorang. Namun tidak mengetahui judulnya.
Tips Mengetahui Judul Lagu yang Digunakan di Video YouTube

Nah, ternyata ada cara untuk mencari judul lagu/soundtrack yang digunakan pada video tersebut. Kita hanya perlu menggunakan pendeteksi lagu/musik video Youtube. Pendeteksi judul lagu ini ada bermacam-macam.

Kalau dulu banyak orang yang menggunakan webtools Mooma.sh uuntuk mengetahui judul lagu video Youtube, Instagram, Twitter dan Facebook yang tidak diketahui judulnya. Namun sayangnya webtools tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Mooma.sh saat ini berubah menjadi aplikasi.

Lalu apa pengganti Mooma.sh? Kalau untuk webtools yang jadi alat pengenal judul lagu pada video Youtube, berikut beberapa diantaranya.

Tips Mencari Judul Lagu yang Digunakan di Video YouTube

Terkait mencari judul lagu yang sering dipakai di Youtube ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut.

1. Mengetahui judul lagu video Youtube dengan Midomi

Midomi adalah salah satu website atau situs untuk mengetahui lagu pada video Youtube. Cara menggunakan website ini sangat mudah, yaitu sebagai berikut:
  • Kunjungi website Midomi
  • Lalu mainkan bagian video Youtube yang ingin Anda ketahui judul lagunya.
  • Kemudian pada Midomi, klik tombol  Clik and sing or hum.
  • Jika muncul notifikasi browser bertuliskan Allow Midoma to use microphone, klik tombol Allow atau setuju.
  • Setelah itu klik lagi tombol Click to search.
  • Dan tunggulah beberapa detik sampai proses Analyzing selesai.
Tips Mengetahui Judul Lagu yang Digunakan di Video YouTube

Simak juga: Cara Mengetahui Nama Font yang Digunakan pada Video Youtube

2. Mencari judul musik di video Youtube dengan WatZatSong

Kalau ada potongan lagu/musik yang lagi popular atau sering dipakai pada video Youtube, namun Anda tidak tau judulnya apa, WatZatSong dapat digunakan untuk mengenali potongan lagu di video Youtube tersebut.

Caranya sebagai berikut:
  • Kunjungi webtiste WatZatSong lalu lakukan registrasi.
  • Gunakan fitur rekam pada WatZatSong, caranya tinggal play bagian musik di video Youtube tersebut.
  • Lalu langsung klik tombol POST A SAMPLE di WatZatSong, selanjutnya klik tombol REC berwarna merah untuk mulai merekam.
  • Selanjutnya silahkan Post, selanjutnya tinggal menunggu jawaban dari member lainnya terkait sampel musik yang Anda post tadi.

Catatan:
  • Konsep di website WatZatSong adalah Anda bertanya kepada pengguna lain disebut sebagai “komunitas” dengan cara mengunggah sample audio dari musik/lagu yang ingin Anda ketahui judul dan detail lainnya.
  • Website ini masih belum mendukung lagu-lagu berbahasa Indonesia dan bahasa daerah, juga termasuk lagu dangdut. Namun, tetap saja kembali kepada komunitas, jika ada salah satu anggota yang cukup bermurah hati untuk mencarikan detail informasi terkait sample lagu yang Anda post, maka Anda beruntung.

3. Cari judul lagu di video Youtube pakai ekstensi browser

Untuk melakukan cara ini, sebaiknya Anda gunakan komputer atau laptop, serta browser kenamaan semisal Chrome, Mozilla Firefox dan Opera. Bisa juga browser lain yang mendukung ekstensi Chrome, seperti Torch Browser.

Adapun ekstensi yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengenali potongan lagu pada video Youtube ini ada begitu banyak, salah satunya adalah AHA Music – Music Identifier, cara penggunakannya sebagai berikut (contoh ini menggunakan browser Chrome).
  • Install ekstensi AHA Music – Music Identifier pada browser Chrome.
  • Setelah proses instalasi selesai, buka dan play bagian video yang judul musiknya ingin Anda ketahui.
  • Lalu cepat-cepat klik ikon ekstensi AHA Music, dan biarkan dia memproses sejenak.
  • Jika gagal, silahkan coba lagi.
  • Jika track lagu atau musik berhasil diidentifikasi, maka Anda akan diberikan link untuk lagu tersebut. Entah itu link ke Youtube, Deezer dan Spotify.
Tips Mengetahui Judul Lagu yang Digunakan di Video YouTube

Perhatian:
Mohon digaris bawahi bahwa cara-cara di atas kadang tidak selalu berhasil. Oleh karena itu, tolong jangan memaki jika ekspektasi Anda tidak kesampaian.

Demikian Tips Mencari atau Mengetahui Judul Lagu yang Digunakan di Video YouTube. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.