5 Website Belajar Coding Online untuk Programmer Pemula

5 Website Belajar Coding Online untuk Programmer Pemula - Jika Anda melihat seseorang yang memiliki kemampuan coding dan mengetahui cara membuat website toko online, apakah berarti dia pernah kuliah di jurusan IT? Hmmm, belum tentu, kok. Pada era yang serba digital seperti saat ini, keahlian tertentu bisa dikuasai tanpa harus menempuh pendidikan formal hingga bertahun-tahun.
5 Website Belajar Coding Online untuk Programmer Pemula

Seiring dengan perkembangan teknologi, terutama  semenjak adanya internet, setiap orang bisa memiliki kesempatan yang sama untuk belajar. Internet memberikan kemudahan untuk mempelajari berbagai macam keahlian, seperti coding. Mengelola website dengan hosting terbaik pun tidak lagi jadi perkara yang sulit untuk dilakukan.

Melihat potensi kerja sebagai programmer maupun developer yang semakin dicari di industri kerja, nilai dari keahlian ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Permintaan pasar yang semakin meningkat akan terpenuhinya posisi ini membuat seseorang dengan skill coding dibayar lebih tinggi dibanding posisi lainnya.

Maka, rasanya tidak heran jika makin banyak orang yang ingin menguasai bahasa pemrograman. Lalu, apabila Anda juga ingin mencoba mempelajarinya, langkah apa yang harus dilakukan agar tidak perlu bertahun-tahun menempuh kuliah IT? Berikut 5 website belajar coding secara online untuk para programmer pemula.

Baca dulu: Manfaatkan Blog untuk Mendapatkan Uang dari Internet dengan 3 Cara Ini

1. Codeasy.net

Codeasy.net - Website Belajar Coding Online untuk Programmer Pemula

Ada berbagai cara yang menarik dan menyenangkan untuk belajar coding secara online. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan dari codeasy.net. Melalui situs ini, Anda akan dibawa pada suatu petualangan. Untuk bisa menemukan jalan keluar, Anda harus memecahkan kasus-kasus di dalamnya dengan keahlian programming.

Untuk para pemula, codeeasy.net tergolong beginner friendly. Asalkan Anda memiliki kemauan yang tinggi untuk mempelajari beberapa dasar coding melalui tutorial C# yang tersedia di dalamnya, Anda akan bisa memahaminya dengan lebih mudah.

Pada materi-materi yang tersedia, terdapat berbagai topik dan fungsi seputar C# hingga tingkat lanjut. Metode pembelajaran dan pendekatan yang digunakan pun bisa mendukung mereka yang sudah memiliki sedikit pengalaman seputar coding untuk bisa lebih ahli dalam software development.

Simak dulu: Fitur yang Harus Diketahui Pemula Saat Mengedit Template Blogger

2. Hack.pledge ()

Hack.pledge - Website Belajar Coding Online untuk Programmer Pemula

Ingin belajar coding langsung dengan ahlinya? Hack.pledge () bisa menjadi salah satu pilihan platform yang tepat untuk Anda. Platform belajar coding online ini merupakan situs berbasis komunitas yang beranggotakan developer yang telah berpengalaman di bidangnya. Mereka tidak akan ragu untuk berbagi ilmu dan materi terkait bahasa pemrograman.


Untuk memulai kursus online ini, langkah paling pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar sebagai anggotanya. Setelah itu, pelajarilah software development sampai mahir. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai informasi yang dapat mengembangkan skill coding Anda.

Program ini difasilitasi secara subsidi oleh Pluralsight yang menghubungankan mentor-mentor dengan para mentee. Dengan menjangkau para programmer di seluruh dunia, situs ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi lebih jauh bersama dengan para mentor.

Jika Anda memiliki komunitas programmer sendiri, Anda pun bisa mengajukan untuk tergabung bersama komunitas-komunitas lain dari seluruh dunia melalui Hack.pledge (). Sehingga apabila Anda sudah mahir di bidang software developing, Anda juga berkesempatan menjadi mentor di dalamnya.

3. aGupieWare

aGupieWare - Website Belajar Coding Online untuk Programmer Pemula

Anda tidak perlu kuliah di universitas-universitas ternama dunia untuk bisa mempelajari bahasa pemrograman. Melalui aGupieWare, Anda bisa mempelajari coding secara gratis dengan kurikulum yang diterapkan di perguruan tinggi internasional, seperti MIT, Carnegie Mellon, Berkeley, Standford, dan Columbia.

Dengan pembelajaran online lewat situs ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya hingga $50.000 untuk bisa mengakses materi dari Harvard, misalnya. Anda bisa dengan praktis mempelajari dasar-dasar programming dengan kurikulum yang aplikatif untuk diterapkan langsung.

Dengan tanpa mengeluarkan biaya hingga puluhan dolar, pilihan program di dalamnya memungkinkan Anda untuk mengikuti 15 kursus yang telah diklasifikasikan ke dalam 3 kelas pengenalan, 7 kelas inti, dan 5 kelas pilihan. Beberapa skill lain yang bisa dipelajari melalui aGupieWare diantaranya adalah Computer Science, Swift programming, Python, Security Testing, Linux, hingga Hacking.

4. Coursera

Coursera - Website Belajar Coding Online untuk Programmer Pemula

Hampir sama dengan layanan yang ditawarkan oleh aGupieWare, kursus berbasis tutorial dan resources seputar coding yang terdapat pada Coursera juga disediakan langsung oleh para ahli dari berbagai universitas. Anda bisa memilih salah satu dari ratusan tutorial seputar coding dan belajar langsung dengan para profesor di dalamnya.

Untuk mengelola dan mengembangkan kursus online ini, Coursera bekerja sama dengan beberapa guru terbaik dari berbagai universitas top. Hal ini berarti Anda akan belajar coding langsung dari ahlinya. Setiap kursus di situs ini tidak akan memungut bayaran. Namun, kalau Anda menginginkan sertifikat jika sudah selesai belajar, maka Anda harus membayarnya.

Memang dalam pengembangannya, setiap materi pembelajaran di dalamnya dikelola dan dikembangkan langsung oleh berbagai ahli terbaik di bidangnya dari universitas-universitas top dunia. Sehingga, kualitas dari materi kursus yang Anda akses juga disesuaikan dengan perkembangan bahasa pemrograman yang dibutuhkan oleh industri terkini.

Melalui Coursera, Anda bisa mempelajari berbagai kursus mengenai Python, Java, HTML dan CSS, IoT Programming, C, serta Introduction to programming.

Baca juga: Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Website dan Blog

5. Upskill

Upskill - Website Belajar Coding Online untuk Programmer Pemula

Bagi para pemula, Upskill bisa menjadi opsi platform belajar coding online yang membantu mereka untuk fokus pada web development. Tidak hanya pemula, para developer di level advance pun juga masih memanfaatkan situs ini untuk mengembangkan skill coding-nya.

Dengan kurikulum yang 100% berbasis pada proyek, Anda akan langsung diajak untuk menerapkan materi yang sudah dipelajari melalui real case yang juga bisa dimanfaatkan sebagai portofolio. Bagi para programmer pemula, kurikulum semacam ini akan membuka kesempatan pada mereka untuk mendapatkan klien dengan lebih cepat.

Website belajar online ini tidak mematok syarat tertentu kepada user barunya, semacam keharusan untuk menguasai web development terlebih dulu. Sehingga jika Anda benar-benar baru dalam dunia web developping, Anda berkesempatan mempelajari semua hal dasar tentang pengembangan website dari awal.

Beberapa materi terkait coding yang bisa Anda pelajari melalui situs ini adalah WordPress plugin development, WordPress best practices, Javascript, HTML5 dan CSS3, PHP, MySQL, Node.js, dan Ruby on Rails. Materi-materi tersebut bisa diakses jika Anda sudah tergabung di dalamnya sebagai anggota.

Setelah mengetahui beberapa website untuk belajar coding secara online di atas, apakah Anda tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman? Website mana yang sekiranya cocok dengan Anda? Jangan ragu untuk share pendapat Anda melalui kolom komentar, ya!
Advertisement

Free and premium blogger templates