Dimana Investasi Syariah Terbaik yang Dapat Dipercaya? Temukan Jawabannya Berikut Ini

Beruntung memiliki agama yang mengatur secara keseluruhan hidup, Islam juga memberikan peraturan bagi Anda yang ingin melakukan investasi. Sebagai umat yang taat terhadap agama, tentunya Anda berusaha untuk mematuhi syariat Islam yang berlaku.
Dimana Investasi Syariah Terbaik yang Dapat Dipercaya? Temukan Jawabannya Berikut Ini

Investasi dapat dijadikan sebagai salah satu hal yang penting dalam kehidupan karena dengan menggunakan investasi kehidupan Anda akan terjamin. Tidak hanya melulu soal menghabiskan harta, dengan investasi Anda akan mempelajari keuntungan memiliki aset yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan Anda beserta keluarga.

Mengenal Investasi Syariah dan Manfaatnya

Investasi adalah aktivitas menyimpan dana pada periode tertentu dalam sebuah aktivitas bisnis dengan tujuan meningkatkan nilai investasi. Dalam menjalankan bidang bisnis, investasi merupakan hal yang selalu digunakan untuk pengembangan bisnis.

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan tetap dan tidak tetap juga harus memiliki investasi sebagai salah satu alat untuk mengembangkan harta yang Anda miliki. Dengan berinvestasi, Anda akan memperoleh penghasilan tetap secara rutin, dapat memperbesar usaha, memperoleh jaminan bisnis, serta mengurangi persaingan.

Investasi dapat dibagi menjadi dua, yaitu investasi konvensional dan investasi Syariah. Pembeda diatara keduanya adalah cara pembagian keuntungan antara pihak bank dengan nasabah. Dalam Islam, peraturan antar pembagian hasil usaha ini berpengaruh terhadap halal dan tidaknya transaksi yang dilakukan.

Investasi konvensional biasanya menerapkan system bunga, dimana system tersebut tidak diperbolehkan dalam Islam. Sedangkan pada investasi Syariah menggunakan metode bagi hasil yang di dalamnya sudah ada akadnya. Dalam Islam, ketika sudah ada akad maka transaksi tersebut sudah sah untuk dilakukan sehingga kedua belah pihak dapat menanggung resiko atau memperoleh untung.

Jenis investasi Syariah juga bermacam-macam, yaitu investasi properti, deposito bagi hasil, reksadana Syariah, asuransi Syariah, dan investasi emas. Lima jenis investasi ini merupakan aktivitas halal yang dapat Anda gunakan untuk penanaman modal.

Anda dapat memilih masing-masing jenis transaksi yang sesuai dengan kemampuan, keinginan, dan kebutuhan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Pemilihan jenis investasi yang tepat dan sesuai dapat memberikan kenyamanan bagi Anda untuk menjalankan investasi secara berkelanjutan.

Mengetahui Dimana Investasi Syariah Terbaik dan Terpercaya

Sebenarnya jika Anda bertanya dimana investasi syariah terbaik dan terpercaya yang bisa dipilih ada beberapa hal tentang investasi syariah yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Berikut diantaranya (referensi tulisan dari Duwitmu.com):

● Investasi Bebas Riba dan Unsur Haram

 Jadi, ketika Anda sudah yakin akan berinvestasi Syariah, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal yaitu di dalamnya tidak terdapat praktik riba dalam bentuk apapun, system pengelolaan dana yang terbuka agar Anda dapat memantau dana yang diinvestasikan di dalamnya, dan bisnis yang dijalankan bebas dari unsur haram.

● Diawasi dan Mengikuti Fatwa MUI dan OJK

Dimana investasi Syariah terbaik yang dapat dipercaya tentunya tidak jauh dari fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dalam kegiatan investasi Syariah juga pasti diiringi dengan DPS (Dewan Pengawas Syariah) yang merupakan badan pengawas terkait investasi yang dilakukan.

Jika Anda mendaftarkan investasi Syariah pada Lembaga yang telah memiliki izin dari OJK dan MUI, maka sudah dapat dipastikan investasi yang Anda jalankan benar-benar terlaksana sesuai syariat Islam. Sehingga Anda tidak perlu meragukan keamanannya lagi.

● Investasi Syariah Memberi Manfaat untuk Orang Lain 

Investasi Syariah dapat menjadi salah satu solusi dana yang Anda miliki agar berkembang dan menambah nominalnya. Dengan berinvestasi Anda akan memperoleh dana pasif setiap kurun waktu tertentu. Selain itu, Anda juga akan memberikan kebermanfaatan bagi orang yang menggunakan dana tersebut untuk pengembangan bisnis.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda untuk mengetahui tentang dimana investasi Syariah terbaik yang dapat menjadi pilihan. Anda dapat memilih jenis dan tempat investasi Syariah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan hidup. Selamat mencoba!
Advertisement

Free and premium blogger templates