Cara Menampilkan Teks Keterangan Timestamp (TimestampLabel)

Timestamp label atau post date label ini adalah salah satu widget setting yang biasanya dapat diedit melalui form textarea Gadget Posting Blog, yang sejajar dengan format tanggal posting.
Cara Menampilkan Teks Keterangan Timestamp (TimestampLabel)

Yang ditunjukkan oleh gambar ini:
Cara Menampilkan Teks Keterangan Timestamp (TimestampLabel)

Di Edit HTML, kita bisa jumpai kodenya seperti berikut ini:

<b:widget-setting name='timestampLabel'>[string]</b:widget-setting>

Saya kurang yakin dengan nama yang diberikan oleh developer Blogger untuknya. Namun begitu, tentu Anda sudah mahfum dengan apa yang saya maksud. Melalui gambar dan kode yang saya kasih di atas.

Jadi, mari kita sepakati saja memenaggilnya dengan nama teks keterangan timestamp, timestamp label, post date label, atau widget setting timestampLabel. Jika Anda kebetulan mengetahui nama sesungguhnya, tolong bagikan di komentar.

Pada kebanyakan template Blogger, widget setting timestampLabel ini sangat jarang digunakan. Para desain template lebih memilih menggantinya dengan icon (Material icon atau Font Awesome). Dibeberapa template saya pun langsung ditulis Updated atau Diposting pada html.

Beberapa diantaranya juga menerapkan kode switch case seperti ini:

<b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Diposting<b:default/>Updated</b:switch>

Sebetulnya tidak ada yang salah dengan penerapan-penerapan itu. Bahkan bisa dikatakan, tidak ada pengaruhnya untuk SEO blog.

Namun, jika suatu waktu Anda ingin menggunakan fitur widget setting timestamLabel pada template Blogger/blogspot, maka begini cara menampilkannya.

Penerapan

Masuk ke menu Tema lalu ke Edit HTML. Temukan kode <b:if cond='data:top.showTimestamp'> lalu letakkan kode berikut ini dibawah kode tadi.

<b:with value='data:widgets.Blog.first' var='option'><data:option.allBylineItems.timestamp.label/>

Untuk gadget Blogger versi 1, menggunakan kode ini:

<data:top.timestampLabel/>

Catatan:
Agar cara ini berjalan, pastikan checkbox Timestamp tercentang.

Posting Komentar