Perbedaan Shared Hosting dan VPS, Mana yang Lebih Baik?

Ketika hendak membuat sebuah website yang baru, mengetahui pilihan hosting website adalah hal yang cukup penting. Ya, dengan mengetahui jenis hosting website yang tersedia, nantinya Anda bisa memilih mana jenis hosting yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan website Anda. Tentu, hosting yang tepat secara langsung akan berpengaruh pada kinerja website yang dikelola.

Perbedaan Shared Hosting dan VPS, Mana yang Lebih Baik?

Berbincang tentang hosting website, dua jenis pilihan yang marak digunakan adalah beli shared hosting dan VPS. Keduanya dianggap memiliki fitur yang memadai untuk menghasilkan sebuah website dengan performa mengesankan. Nah, kali ini akan dibahas tentang perbedaan shared hosting dan VPS yang perlu diketahui.

Tentu, dengan mengetahui perbedaan kedua jenis hosting website tersebut, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik diantara keduanya dan bisa memilih mana yang terbaik. Penasaran apa saja perbedaan dari shared hosting dan VPS? Simak ulasan selengkapnya!

Fakta Tentang Shared Hosting dan VPS

Sebelum mengecek beberapa hal terkait perbedaan dari shared hosting dan VPS, ada beberapa fakta menarik diantara keduanya yang tentu bisa menjadi patokan penilaian. 

Fakta-fakta ini memberikan gambaran tentang bagaimana kedua jenis hosting tersebut bekerja dan digunakan. 

Nah, adapun fakta mengenai shared hosting yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • Shared hosting merupakan jenis hosting paling murah yang tersedia
  • Dirancang untuk pemula yang baru mengenal dunia website dan teknologi yang berkaitan
  • Memiliki performa yang tepat untuk penggunaan pada website statis dengan lalu lintas traffic yang cenderung rendah
  • Tidak memiliki sumber daya khusus
  • Risiko keamanan hosting cenderung lebih tinggi
  • Situs yang digunakan untuk berbagi web server akan cenderung berpengaruh pada website yang dimiliki

Di sisi lain ada beberapa fakta terkait VPS yang juga harus dipahami dengan baik. Beberapa fakta terkait VPS diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hosting dengan kebutuhan pengetahuan teknis yang cenderung lebih besar
  • Cenderung lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting
  • Dirancang secara khusus untuk website menengah yang sedang bertumbuh
  • Kontrol pada hosting cenderung lebih bisa disesuaikan
  • Cenderung lebih hemat jika dibandingkan dengan detail shared hosting, terutama dari segi kualitas.

Ragam Perbedaan Shared Hosting dan VPS dari Beberapa Sisi

Berbincang tentang perbedaan shared hosting dan VPS, ada beberapa poin yang bisa dijadikan penjelasan terkait perbedaan tersebut. 

Tentu, dengan beberapa poin tersebut nantinya Anda akan memahami kedua hosting ini dengan lebih baik sebelum menentukan mana yang tepat untuk digunakan.

Adapun beberapa perbedaan tersebut ditinjau dari beberapa poin tertentu adalah sebagai berikut:

1) Alokasi sumber daya

Perbedaan antara shared hosting dan VPS bisa dilihat dari alokasi sumber daya. Dalam hal ini, jika Anda menggunakan shared hosting, maka Anda akan berbagi sumber daya dengan situs lain yang berbeda di server yang sama. 

Jika salah satu website menggunakan banyak bandwidth, maka website lain akan terkena dampak berupa akses yang lambat.

Di sisi lain VPS cenderung lebih aman dalam hal sumber daya. Alasannya, pengguna akan memiliki lebih banyak sumber daya untuk digunakan. 

Selain itu, setiap pengguna juga mendapatkan akses root yang akan memudahkan mereka untuk menambahkan file ataupun melakukan edit apapun di server untuk menjaga performa website. 

2) Keamanan

Keamanan memang menjadi isu yang penting ketika membahas tentang hosting. Nah, lantas bagaimana detail shared hosting dan VPS ini jika dilihat dari sisi keamanan?

Sebenarnya, sebagian besar shared hosting memiliki keamanan yang cukup baik. Hanya saja, tidak ada jaminan yang mutlak untuk keamanan tersebut. 

Perlu diingat, shared hosting berarti ada beberapa website dalam satu server. Nah, jika salah satu website melakukan kesalahan, tentu keamanan server tersebut bisa dikategorikan rentan.

Perihal keamanan, VPS memiliki nilai yang lebih baik. Hal ini dikarenakan setiap pengguna memiliki akses keamanan yang lebih luas untuk melakukan kontrol. Oleh karenanya, data yang tersimpan pada hosting dengan teknologi VPS akan cenderung lebih aman.

3) Performa

Anda tentu ingin memiliki website dengan performa yang maksimal, bukan? Oleh karenanya, memilih hosting yang tepat adalah hal yang perlu untuk dilakukan.

Telah disinggung sebelumnya bahwa ketika Anda menggunakan shared hosting, maka Anda akan berada di satu server yang sama dengan beberapa pengguna. 

Oleh karenanya, akan terjadi semacam perebutan akses dalam server tersebut. Ketika salah satu website mendapatkan banyak traffic, bisa dipastikan jika website lain yang tergabung akan memiliki akses yang lambat.

Nah, jika Anda menggunakan VPS, hal di atas kemungkinan besar tidak akan terjadi. VPS memiliki teknologi yang bisa menangani gelombang traffic yang jauh lebih besar tanpa harus mengurangi kecepatan akses dan pemuatan informasi. Oleh karenanya, website Anda tentu akan tetap memiliki akses yang stabil dalam setiap penggunaannya.

Baca Juga: Cara Custom Domain WordPress.com dengan Mudah

Penutup

Itu dia perbedaan shared hosting dan VPS. Dari ulasan tersebut, bisa disimpulkan jika VPS cenderung lebih direkomendasikan dibandingkan dengan shared hosting. 


Posting Komentar