9 Tips Mencegah Radiasi Akibat Penggunaan HP Atau Ponsel

Dewasa ini, kemajuan teknologi berupa tablet, smartphone atau bahkan handphone canggih dan biasa semakin pesat dan makin tak terbendung. Bahkan dengan harga yang paling mahal sekalipun tetap saja menjadi buruan oleh peminatnya dari seluruh kalangan masyarakat. keunggulan fitur serta harga yang makin terjangkau telah meningkatkan animo masyarakat untuk berbondong-bondong agar dapat memiliki gadget berupa smartphone yang diinginkannya.

Penggunaan ponsel canggih pada dasarnya untuk menunjang gaya hidup seseorang, meskipun kenyataanya dengan smartphone canggih ini lebih mudah mendapatkan informasi dengan browsing tanpa batas dan hal-hal penting lainnya. Jika saja penggunaan handphone/ponsel ini dilakukan dengan cara-cara yang tidak wajar dan dilakukan terus-menerus, maka akan mengakibatkan hal-hal yang berbahaya.

Baca juga: 4 Tips Jitu Menghemat Kuota Internet Untuk Pengguna Smartphone

Sebab, dalam ponsel tersebut, terdapat radiasi yang dapat memicu hal-hal tak terduga dan berbahaya, baik dalam beraktifitas dan kesehatan tubuh penggunanya. Dalam beberapa penelitian, disebutkan terdapat sejumlah dampak buruk yang diakibatkan oleh radiasi ponsel ini, diantaranya kanker, tumor otak, Parkinson, alzheimar, sakit kepala dan lain-lain.

9 Tips Mencegah Radiasi Akibat Penggunaan HP Atau Ponsel

Penelitian yang berbeda menghasilkan hasil yang berbeda. Ada yang menyatakan radiasi handphone atau ponsel lebih banyak menyebabkan kanker dan kelainan. Ada yang menyatakan bahwa radiasi ponsel tidak berhubungan dengan kanker. Terlepas dari mana yang benar atau salah tentu kita sebaiknya perlu untuk bersikap waspada dan mengantisipasi.

Baca juga: Cara Melacak Seseorang atau HP Hilang Melalui Aplikasi Smartphone

Nah, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat penggunaan radiasi handphone ini, simak beberapa tips untuk menghindari radiasi tersebut berikut ini.

Tips Mengurangi atau Mencegah Efek Radiasi Handphone/Ponsel

1. Jika memungkinkan, aktifkan loudspeaker ketika menelepon

Biasanya ketika kita menelepon jika tidak mengaktifkan loudspeaker ponsel, maka tentu kita akan menempelkan pada telinga kita. Hal ini sangat buruk, karena gelombang radiasi saat menelepon itu sangat kuat. Namun, jika kita mengaktifkan loudspeaker, maka tidak perlu menempelkan handphone ke dekat telinga kita.

2. Gunakan headset atau headphone saat menelepon

Cara ini menjauhkan pemancar sinyal dari otak di kepala, namun tidak bisa mencegah risiko impotensi selama masih dikantongi di celana. Perangkat bebas genggam nirkabel, misalnya bluetooth juga masih memancarkan radiasinya sendiri meski lebih sedikit.

3. Jauhkan ponsel setidaknya 1 inci/ 2,5 cm dari tubuh anda

Jangan terlalu sering meletakan handphone dekat ginjal, jantung dan kantung celana. bila ponsel melekat seharian di tubuh Anda, letakkan dengan layar menghadap ke dalam. Bila tak digunakan sebaiknya taruh di tas atau dompet.

4. Jangan simpan ponsel di kantong baju atau celana

Otak bukan satu-satunya organ tubuh manusia yang terpengaruh oleh radiasi ponsel. Untuk mengurangi risiko tersebut, ada baiknya ponsel disimpan di tas kecil yang bisa dijinjng ke mana-mana.

Karena, baru-baru ini ilmuwan Hongaria menyimpulkan, pria yang terlalu sering menyimpan handphone-nya di pinggang atau saku celana akan mengalami masalah kesuburan. Juga bebarapa penelitian membuktikan, radiasi bisa mempengaruhi kualitas sperma pria dan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita.

5. Bila memungkinkan, gunakan ponsel dalam kondisi sinyal terkuat

Semakin lemah sinyal, semakin banyak frekuensi radio yang digunakan agar bisa terhubung. Dengan begitu semakin besar pula radiasi yang dihasilkan oleh handphone tersebut.

6. Kirim SMS saja ketimbang menelepon bila memungkinkan

Radiasi SMS lebih rendah ketimbang berbicara. Mengirim SMS juga menjauhkan radiasi dari kepala Anda. Radiasi yang dipancarkan saat berkirim pesan singkat lebih sedikit dibandingkan saat menerima atau melakukan panggilan suara. Selain itu, posisi ponsel saat berkirim pesan berada lebih jauh dari kepala dibandingkan saat telepon.

7. Jangan simpan ponsel di bawah bantal

 Meski sedang tidak digunakan, ponsel dalam posisi stand by (tetap menyala) masih memancarkan radiasi agar selalu terhubung dengan jaringannya. Meletakkan ponsel di bawah bantal saat tidur akan mendekatkannya dengan kepala sehingga otak akan terpapar radiasi sepanjang malam. Lebih baik dimatikan kalau memang tidak ada hal yang penting untuk smartphone tersebut.

8. Jauhkan ponsel dari bayi dan jauh dari perut jika Anda tengah hamil

Otak janin dan bayi paling rentan terhadap radiasi. Meskipun belum ada penelitian yang pasti tentang hal ini, namun tetap saja unsure radiasi ini akan mempengaruhi pertumbuhan bayi dan system saraf pada janin.

9. Gunakan casing handphone antiradiasi

Menggunakan casing ponsel antiradiasi adalah salah satu solusi untuk meminimalisir bahaya akibat radiasi handphone, dari pada akan terjadi hal-hal yang merugikan, apa salahnya agar menggunakan casing handphone.

Demikian tips-tips untuk mencegah radiasi akbiat penggunaan handphone atau ponsel. Semoga kita makin bijak menggunakan kekayaan teknologi ini. [diolah dari berbagai sumber]

Advertisement