Cara Mudah Membuat Video Selfie dan Lipsync di Dubsmash

Cara Mudah Menggunakan Dubsmash untuk Video Selfie dan Lipsync – Beberapa pekan terakhir ini media social dan jagad hiburan telah dihebohkan oleh sebuah aplikasi buatan Jerman bernama Dubsmash. Aplikasi ini adalah cara baru seru-seruan membuat video selfie dan lipsync kemudian di upload ke media social berupa instagram, facebook, twitter, bahkan youtube.

Kepopuleran dari aplikasi yang sudah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna ini tak lepas dari peran public figure dari kalangan artis, sebab mereka telah bersedia menggunakan dan tidak sengaja mempromosikan aplikasi tersebut ke masyarakat. Entah apa yang membuat aplikasi ini begitu istimewa, sehingga aktris dan penyanyi sekelas Jennifer Lopez dan actor Hugh Jackman mau menggunakan aplikasi untuk narsis ini. Begitupun artis lokal (Indonesia), terkesan tak mau tertinggal dengan tingkah kenarsisan yang dilakukan oleh artis luar negeri, mereka juga berbondong-bondong menggunakan aplikasi Dubsmash ini secara berjamaah.

Baca juga: 4 Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik dan Populer

Dengan kehebohan yang ditimbulkan artis-artis Indonesia tersebut, tak pelak membuat mata fansnya terbelalak dan mau mengikuti tingkah fansnya tersebut, akhirnya masyarakat suku narsis pun bagaikan bangkit dari tidur panjangnya, mulai bervideo selfie dan lipsync ria hingga ikut-ikutan menggunakan aplikasi tersebut dan mengupload hasil Dubsmashnya ke social media facebook, twitter, instagram dan youtube.

Cara Mudah Membuat Video Selfie dan Lipsync di Dubsmash

Fitur yang ditawarkan Dubsmash

Sebelum anda ingin memulai menggunakan aplikasi seru ini, alangkah baiknya anda mengenal fitur yang ditawarkan Dubsmash ini terlebih dahulu. Aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan oleh Jonas Druppel, Daniel Taschik dan Roland Grenke ini menawarkan 3 kategori andalan yaitu Trending, Discover dan My Sounds.

Setelah itu install aplikasi Dubsmash yang bisa anda dapatkan di Google Play bagi pengguna android atau App Store bagi pengguna iOS.

Membuat akun Dubsmash

Lagi, lagi sebelum menggunakan aplikasi Dubsmash anda harus membuat akun di situs aplikasi ini. Sebetulnya meskipun tanpa akun anda sudah dapat membuat video selfie dan lipsync melalui aplikasinya, namun fitur yang ditawarkan sangat terbatas.

Untuk itu silahkan melakukan registrasi terlebih dahulu melalui menu Settings, klik posi Login/Sign Up. Kemudian lengkapi data-data yang diminta melalui kolom-kolom yang tersedia seperti email, username, password dan usia anda. Lanjutkan dengan mengklik tombol “Registrasi” untuk menyelesaikan proses pembuatan akun.

Mulai membuat video Selfie dan Lipsync Dubsmash
Tibalah saatnya narsis-narsisan dengan membuat video di Dubsmash. Ada tiga cara dalam membuat video selfie atau lipsync di aplikasi ini, berikut caranya.

1. Membuat video selfie atau lipsync dari suara/musik yang ada di aplikasi

Yaitu menggunakan sebuah fitur dalam aplikasi Dubsmash, dengan memanfaatkan/menggunakan suara atau lagu yang sudah tersedia dan di upload oleh pengguna sebelumnya, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, atau suara/musik yang telah disediakan oleh pengelola aplikasi Dubsmash sendiri.

Untuk membuat video versi ini caranya adalah, buka aplikasi Dubsmash, cari lagu yang cocok atau anda sukai sebagai suara atau lagu dari video anda melalui daftar suara yang sedang populer digunakan oleh pengguna Dubsmash atau suara/music yang baru saja di upload oleh pengguna Dubsmash melalui tombol “Latest”.

Jika kata-kata dalam suara/music yang dipilih sudah dihafal, maka mulailah membuat video dengan mengkilik tombol “Start” yang terdapat di bawah layar. Jangan lupa untuk menyetel kamera mana yang ingin digunakan, dengan mengklik icon kamera di sebelah kanan-atas.

2. Membuat video Dubsmash dengan suara/musik sendiri

Jika anda tidak begitu tertarik dengan suara/musik yang ada di aplikasi tersebut, anda bisa memasukkan suara atau potongan music versi anda sendiri, dengan cara sentuh tombol menu di sebelah kiri, lalu pilih “Add Sound”.

Maka anda akan disuguhi dua pilihan yaitu “Record a Sound”  untuk merekam suara sendiri dan “Improt a sound” untuk mengunggah suara (potongan) musik atau suara dari smartphone anda.

Upload video Dubsmash ke media social

Jika perekaman video sudah selesain, silahkan menambahkan embel-embel berupa emoticon dan text ke dalam video tersebut, namun jika anda kurang suka dengan video yang baru saja dibuat, gunakan tombol “Back” untuk kembali membuat video baru.

Jika pembuatan video sudah selesai dan hasilnya sudah cukup bagis, langkah selanjutnya adalah langsung membagikan video selfie dan lipsync tersebut ke facebook atau WhatsApp, dengan cara sentuh tomboh panah kanan atas, lalu bagikan ke media social. Anda juga bisa menyimpanya ke galeri jika ingin menshare video tersebut ke sosmed lainnya, berupa twitter, isntagram, path atau youtube.

Baca juga: 4 Tips Jitu Menghemat Kuota Internet Untuk Pengguna Smartphone

Demikian cara membuat video selfie dan lipsync menggunakan aplikas Dubsmash. Harap memperhatikan kembali akan nuansa atau musik video yang ada dalam video buatan anda, jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dikemudian hari. Bisa saja beberapa produser menggugat penggunaan musik yang anda gunakan dalam video tersebut, sebab ini menyangkut license atau hak cipta.

Sebab jika nanti bermasalah dengan hak cipta atau pemilik musik/suara dalam video anda menggugat (jika bukan suara anda), mau tidak mau anda harus berurusan dengan hukum dan tuntutan yang berlaku.

Hal ini saya katakana bukan tanpa dasar, sebab pengelola Dubsmash sendiri telah tersandung masalah hak cipta dari klik suara yang ada di Dubsmash tersebut, seperti segmen lagu dan klip film yang ternyata tidak memiliki lisensi. Oleh sebab itu silahkan gunakan aplikasi ini dengan bijak.

Advertisement