Cara Membuat Partisi SD Card dengan Aparted Tanpa Menggunakan PC

Cara Membuat Partisi SD Card dengan Aparted Tanpa Menggunakan PC - Maksud dari membuat partisi di SD Card ialah membagi kartu SD menjadi dua atau beberapa bagian, tergantung selera pemilik SD Card tersebut. Pembagiannya bisa digunakan untuk bermacam-macam, misalnya jika digunakan pada smartphone, maka memori yang dibagi itu akan digunakan untuk menyimpan file berupa video dan foto pribadi dan lainnya.

Secara umum, membagi partisi di SD Card sebetulnya hampir sama dengan melakukan pembagian partisi di PC/laptop atau komputer, yang biasanya kita bagi roomnya menjadi beberapa bagian, umumnya dibagi menjadi 2 hingga 3 bagian. Jika room dibagi menjadi 3 bagian, maka partisi yang dihasilkan ialah partisi khusus untuk menyimpan program file yang biasa disebut dengan Drive C yang biasanya digunakan untuk tempat menyimpan file program game, aplikasi dan lainnya. Selanjutnya data D yang digunakan untuk menyimpan data yang dianggap paling penting, dan data E untuk menyimpan berbagai file tambahan, seperti film, musik dan lainnya.

Baca juga: Download Piano Tiles 2 apk for Android, Game Seru dan Menghibur

Mungkin anda bertanya-tanya, apa kegunaan serta manfaat dari mempartisi SC Card ini? Dengan melakukan partisi pada SD Card maka kita akan dengan mudah memisahkan file-fle atau data tertentu, sehingga seluruh data yang ada dalam smartphone Android lebih rapi, mudah di search, dan mudah pula menggunakannya.

Nah, pada tutorial kali ini, saya akan berbagi cara membuat partisi sdCard pada smartphone android dengan menggunakan aplikasi Aparted. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui cara membagi partisi SDcard di androidnya, terutama dalam mengoperasikan aplikasi Aparted sebagai alat yang disebut dengan istilah Android Partition Tool atau apk aparted. Mengapa menggunakan aplikasi Aparter? Sebab, Aparted mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis lainnya. Selain dapat digunakan untuk membagi partisi SD Card, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menambah RAM pada perangkat dengan memanfaatkan partisi SWAP. Keunggulan aplikasi Aparted lainnya ialah digunakan untuk scanning file yang rusak serta dapat memperbaiki kartu memori SD Card yang error.
Cara Membuat Partisi SD Card dengan Aparted Tanpa Menggunakan PC

Cara Membagi Partisi SD Card Android Menggunakan Aparted

Sebelum menjalankan cara ini dan demi menjaga seluruh data pada smartphone Android anda, alangkah baiknya backup terlebih dahulu semua data SD Card anda tersebut, karena seluruh data tersebut akan terhapus. Selain itu, keluarkan juga kartu memori (memori eksternal) dari smartphone/tablet Android anda, jika tidak ingin dilepas maka buatlah pengaturan pada ponsel anda tersebut yaitu: buka Pengaturan > Penyimpanan > Lepaskan kartu memori (Unmount SD Card).

Terkait: Cara Membagi Partisi di Windows 7, 8, 8.1 dan 10 Tanpa Software

Jika sudah siap, maka lanjutkan untuk mengikuti tutorial berikut ini.


  • Terlebih dahulu, download dan istall aplikasi Aparted langsung dari Google Play Store.
  • Jalankan aplikasi Aparted, pilih CREATE dan tekan pada tombol hijau “+” (plus). Maka anda akan diminta untuk membuat partisi pertama, buatlah 2 atau 3 partisi (sesuai selera anda) sebaiknya 2 partisi saja.
  • Tentukan jumlah ruang penyimpanan dengan cara menggeser garis hijau, silahkan sesuaikan dengan keinginan anda.
  • Pilih jenis file System FAT32 lalu klik Aplly change
  • Kemudian klik Tools, pada tahap ini anda dapat men-ceck list partisi mana yang anda ingin pasa di smartphone/tablet Android, lalu lanjutkan dengan klik tombol Create.
  • Tunggu beberapa saat partisi yang anda buat sedang diproses, sampai akan muncul pop up dialog Exit, maka lanjutkan dengan klik tombol OK untuk keluar dari system.
  • Restart atau reboot smartphone/tablet Android anda, untuk menyelesaikan seluruh rangkainan membagi partisi di SD Card.


Hasilnya ialah, SD Card anda sudah terbagi menjadi beberapa partisi atau beberapa bagian dan siap digunakan. Selanjutnya anda dapat memasukkan kembali kartu memori eksternal anda dan siap digunakan sebagaimana mestinya.

Demikian cara membagi partisi SD Card dengan aplikasi Aparted tanpa menggunakan bantuan PC/komputer atau laptop. Semoga membantu dan sukses.

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.