Spesifikasi PC Untuk Live Streaming Game di Youtube

Melakukan Live Streaming di Channel Youtube masing-masing youtuber adalah salah satu teknik ampuh untuk meningkatkan jumlah viewers dan subscriber. Jenis videolive streaming yang paling dicari dan digemari di Youtube untuk saat ini adalah video live streaming game.
Spesifikasi PC untuk live streaming game di Youtube

Oleh karena itu banyak sekali Youtuber baik yang sudah sukses maupun yang baru berkarir mengambil tema game dan melakukan live streaming. Contohnya seperti Youtuber terkenal Reza Arap Oktovian yang sering sekali melakukan live streaming di Channel Youtubenya pada saat dia bermain game.

Jika kamu ingin melakukan live streaming pada saat kamu bermain game di PC kamu, maka spesifikasi PC kamu juga harus kamu perhatikan karena mustahil jika kamu ingin melakukan live streaming game dengan spesifikasi yang ala kadarnya saja.

Pada artikel kali ini Bungfrangki.com akan memberitahu kamu spesifikasi PC lengkap agar kamu bisa melakukan Live Streaming dengan memainkan game dengan lancar.

Kamu bisa melihat tutorial cara melakukan live streaming di Youtube melalui artikel Cara Live Streaming di Channel Youtube Menggunakan OBS Studio

Spesifikasi PC Untuk Live Streaming Game di Youtube dengan Lancar

Untuk melakukan live streaming game di Youtube tentunya membutuhkan kekuatan PC yang diatas rata-rata. Spesifikasi dibawah ini dapat contoh jika kamu ingin melakukan live streaming game di Youtube :
  • Processor : Intel Core i5-4670 atau AMD FX-8350
  • RAM : 8 GB
  • VGA : Menyesuaikan dengan game yang dimainkan

Spesifikasi minimum diatas mungkin bisa untuk melakukan live streaming game-game populer dan berat, contohnya seperti GTA 5.

Namun, spesifikasi diatas tidak bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk melakukan live streaming dengan semua game. Karena masing-masing game sendiri juga memerlukan spesifikasi Hardware yang berbeda-beda.

Seperti yang dikutip dari Ngelag.com, bahwa untuk melakukan live streaming secara langsung di Youtube maka PC yang kamu gunakan harus PC yang benar-benar handal.

Karena, pada saat melakukan live streaming game maka PC kamu akan bekerja dua kali lipat. Selain untuk memainkan game, PC kamu juga harus melakukan proses encoding.

Proses Encoding adalah proses dimana komputer harus mengeluarkan source atau kekuatan lebih besar karena untuk melakukan konversi video “mentah” menjadi video yang sudah “matang” secara langsung ke Youtube.

Jika PC atau komputer kamu kehabisan resource atau kekuatan pada saat live streaming masih berlangsung, dapat dipastikan hasil video live streamingnya tidak akan berkualitas. Kamu tidak mau kan video live streaming yang susah-susah kamu buat malah menjadi patah-patah.

Setelah mengetahui pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa PC yang harus kamu gunakan adalah PC yang sudah memenuhi spesifikasi minimum game yang akan kamu mainkan dan harus mempunyai resource yang cukup besar serta yang pandai melakukan proses encoding sehingga video yang dihasilkan akan berkualitas.

Ada 2 teknik untuk melakukan live streaming game di Youtube, yang pertama adalah dengan menggunakan PC atau komputer yang kekuatannya dua kali lipat dari spesifikasi minimum game yang dimainkan, dan yang kedua adalah dengan menurunkan kualitas grafik dari game yang dimainkan tanpa harus menggunakan PC yang spesifikasinya lebih besar.

Cara Live Streaming Game di Youtube Dengan Spesifikasi PC Dua Kali Lipat

Cara yang pertama ini mengharuskan kamu untuk mengetahui spesifikasi minimum dari game yang hendak kamu live streamingkan. Contohnya game Youtubers Life memerlukan spesifikasi minimum dengan prosesor Interl Pentium 4 dan RAM 2 GB. Maka kamu harus memiliki spesifikasi yang dua kali lipat dari spesifikasi minimum game Youtubers Life diatas, seperti :
  • Prosesor : Intel Core i3
  • RAM : 4 atau 8 GB

Dengan begini maka PC kamu sudah bisa berbagi source baik dengan game yang sedang dimainkan maupun dengan proses live streaming yang memerlukan encoding ke Youtube.

Cara Live Streaming Game di Youtube Dengan Pengaturan Grafik Low

Teknik yang kedua dalam spesifikasi minimum untuk melakukan live streaming game di Youtube adalah dengan memanfaatkan spesifikasi rekomendasi dan pengaturan grafik dari game itu sendiri.

Namun, untuk menggunakan teknik kedua ini kamu harus memastikan bahwa PC gaming yang kamu gunakan adalah PC yang spesifikasinya sama dengan spesifikasi rekomendasi gamenya. Contohnya game Battlefield 1 yang memerlukan spesifikasi rekomendasi seperti :
  • Prosesor : Intel Core i5-4670 atau AMD FX-8350
  • RAM : 16 GB

Dengan spesifikasi seperti diatas maka kamu sudah bisa memainkan game Battlefiend 1 dengan settingan grafik high bahkan ultra. Namun, dengan pengaturan grafik yang seperti itu tidak akan cukup untuk bermain game Battlefield 1 sambil melakukan live streaming.

Maka kamu harus mengubah pengaturan grafiknya terlebih dahulu ke medium atau low. Dengan begini kamu bisa memainkan game Battlefield 1 dengan lancara sambil melakukan live streaming di Channel Youtube kamu.

Baca juga Cara Live Streaming di Channel Youtube Menggunakan Xsplit Broadcaster

Setelah mengetahui spesifikasi minimum lengkap untuk melakukan live streaming game di Youtube, sekarang kamu sudah bisa mempertimbangkan game apa yang akan kamu mainkan sambil melakukan live streaming dengan hasil video yang bagus dan berkualitas.
Advertisement