Cara Terbaru Mengetahui Judul Lagu di Video Instagram dan IGTV

Tips Instagram kali ini yakni mengulas tentang cara mengetahui judul soundtrack/musik pada video Instagram atau IGTV dengan mudah. Salah satu hal yang membuat video Instagram ataupun IGTV menjadi menarik adalah karena pemilihan track atau musik yang tepat, guna menambah estetika dari video tersebut.
Cara Terbaru Mengetahui Judul Lagu di Video Instagram dan IGTV

Hanya saja, terkadang kita tidak mengetahui detail dari track atau lagu yang jadi backsound di video Instagram atau IGTV tersebut. Mulai dari judul lagunya, siapa penyanyinya dan lain sebagainya.

Berbeda dengan lagu yang ada penyanyinnya, track berupa musik (tanpa penyanyi), sangat sulit untuk mengetahui atau menabak judulnya dan pembuat komposernya. Padahal kita sangat ingin menggunakan musik tersebut untuk keperluan video ataupun sebagai nada dering di ponsel.

Jika Anda mengalami kendala terkait tidak mengetahui detail judul lagu atau musik yang sering Anda putar dan dengar di video Instagram atau IGTV, berikut solusinya!

Solusi mencari dan mengetahui judul lagu/musik pada Video Instagram atau IGTV menggunakan HP

Untuk menjalankan tutorial ini Anda perlu bantuan dari smartphone Anda, entah itu Android ataupun iPhone. Untuk tutorial kali ini, saya akan coba pada smartphone Android.

Tips mengetahui judul lagu video Instagram menggunakan aplikasi SoundHound
Aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu Anda menemukan judul lagu dari video Instagram atau IGTV salah satunya adalah SoundHound. Aplikasi ini bersifat freemium.

Mesikupun fitur freenya terbatas, Anda tetap masih akan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Seperti judul lagu/musik, serta siapa penyanyi dan pembuat musiknya. Dan itu sudah cukup sebagai clue untuk mencari track lengkapnya di Youtube, Soundcloud, Spotify dan lainnya.

Cara menggunakan SoundHound adalah sebagai berikut:
  • Download dan Install aplikasi SoundHound ke smartphone Android Anda.
  • Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasinya. Pastikan hp masih terkoneksi dengan internet.
  • Siapkan perangkat lain (pc/laptop atau smarthone yang lain) untuk memutar video Instagram atau IGTV yang ingin diketahui judulnya.
  • Saat itu juga langsung tap pada ikon SoundHound paling tengah di bawah layar, sambil didekatkan pada sumber suara video Instagram dari hp atau laptop tersebut.
  • Biarkan aplikasi berproses atau loading sebentar.
  • Setelah menunggu beberapa saat, maka aplikasi SoundHound akan kasih detail track dari video Instagram atau IGTV yang ingin Anda ketahui judulnya tersebut.

Cara Terbaru Mengetahui Judul Lagu di Video Instagram dan IGTV

Simak juga: Cara Mengetahui Judul Lagu/Musik di Video Youtube

Aplikasi pendeteksi judul lagu selain SoundHound

Sebetulnya ada beberapa aplikasi terbaik yang dapat Anda gunakan untuk sekadar mencari judul lagu dari video Instagram atau IGTV. Selain SoundHound, berikut beberapa aplikasi sejenis yang dapat dicoba. Penggunannya pun hampir sama dengan cara menggunakan SoundHound seperti pada tutorial di atas.

Shazam

salah satu aplikasi terbaik alternatif untuk mengetahui judul lagu dari video yang Anda temui di media social adalah Shaza. Aplikasi ini telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 3 juta pengguna.

Tingkat kepuasan pengguna atas aplikasi ini pun cukup tinggi, yakni menyentuh skor 4.4 di Google Play Store.

Aplikasi ini punya antarmuka yang clean, dan ringan. Tersedia secara gratis, meski kadang ada iklan yang sering muncul.

Musixmatch - Lyrics & Music

Aplikasi Musixmatch - Lyrics & Music mengaku punya jutaan koleksi lagu di seantero dunia. Banyak fitur yang dapat Anda temukan dengan aplikasi ini.

Diantaranya adalah floating lyrics dari lagu dan mendapatkan link atas sumber lagu yang ingin Anda ketahui detail tracknya langsung ke Youtube, Spotify, Soundcloud dan lainnya.

Music Recognition / Visualizer

Terakhir ada aplikasi yang punya judul Music Recognition / Visualizer. Aplikasi ini mengaku dapat memvisualisasikan dan mengenali lagu yang sedang diputar di sekitar Anda.

Penggunannya sangat mirip dengan SoundHound, cukup dekatkan aplikasi ini ke sumber musik atau lagu. Maka dia akan kasih tau detail lagu tersebut kepada Anda.

Daftar aplikasi di atas bisa dibilang adalah alternatif dari Moomash yang sampai saat ini websitenya sudah tidak dapat diakses lagi. Kalau hanya ingin mengetahui judul lagu atau musik dari video dari social media apapun terutama Instagram dan IGTV, saya rasa aplikasi-aplikasi tersebut sudah bisa sangat membantu.

Demikian tips tentang Cara Mengetahui Judul Lagu atau Musik di Video Instagram dan IGTV. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.