Cara Redirect 301 ke Domain Baru di Blogger/Blogspot

Cara redirect 301 dari domain lama ke domain baru di Blogger atau Blogspot ini juga berlaku bagi blog yang sudah menggunakan TLD (Top Level Domain). Intinya, masih pakai platform Blogger untuk membuat postingan.
Cara Redirect 301 ke Domain Baru di Blogger/Blogspot

Apa Itu Redirect 301?

Redirect 301 ialah upaya untuk me-redirect (mengalihkan) URL atau permalink blog lama ke permalink blog baru secara otomatis. Yang dialihakan bukan hanya antar halaman homepage saja, tetapi juga berlaku untuk halaman post dan static/page.

Adapun model redirect 301 ini bisa dengan mengalihkan nama domain lama ke nama domain baru, misalnya https://domainlama.blogspot.com di redirect ke https://domainbaru.blogspot.com.

Atau bisa juga mengahlikan ke TLD yang baru (dengan nama domain yang sama). Contohnya https://www.namadomainku.com menjadi https://www.namadomainku.net

Secara lengkapnya, ilustrasi redirect 301 adalah sebagai berikut:

https://www.namadomainku.com/
https://www.namadomainku.com/p/halaman-static.html
https://www.namadomainku.com/2019/07/permalink-postingan-blogger.html

Jika kita ingin me-redirect ke TLD baru, maka masing-masing hasilnya akan seperti ini:
https://www.namadomainku.net/
https://www.namadomainku.net/p/halaman-static.html
https://www.namadomainku.net/2019/07/permalink-postingan-blogger.html

Redirect 301 khususnya di Blogger atau Blogspot, akan sangat membantu banyak hal. Yang akan diuraikan berikut ini.

Baca juga: Mengalihkan/Redirect Otomatis URL Error 404 ke Homepage

Alasan Melakukan Redirect 301

Ada berbagai alasan mengapa kita perlu melakukan redirect domain 301, antara lain sebagai berikut.

1. Domain dibanned Google Adsense; Jika domain yang telah di banned oleh Adsense, maka kemungkinan untuk diterima kembali menjadi mitra Google Adsense adalah sebuah mimpi yang tak akan pernah terwujud. Solusinya adalah, semua artikel dipindahkan ke domain baru, lalu di redirect 301 dari domain lama.

2. Ingin menggabungkan beberapa blog menjadi satu; Karena blog di domain lama masih bagus posisinya di Google serv, maka cara cerdas yang hendaknya dilakukan setelah mengimpor seluruh konten ke domain baru adalah, mengalihkan URL (permalink) domain lama ke URL domain baru. Sehingga pengunjung blog di domain baru makin bertambah. Bukan malah menghapus blog yang lama. Itu blunder!

3. Nama domain lama terlihat jelek; Mungkin karena ada kenangan mantan, maka nama blog pun akan terlihat seperti nama makhluk yang suka tulang.

Intinya, tujuan atau alasan utama untuk melakukan redirect 301 ini adalah mempertahakan eksistensi pengunjung dan page views blog, ke domain baru. Karena sejatinya pengunjung tetap akan menikmati konten yang dia inginkan, tanpa disadari bahwa dia telah berada di URL domain baru.

Baca lainnya: Cara Mengatasi Tidak Bisa Centang Redirect non WWW to WWW pada Blogger

Langkah-langkah Menerapkan Redirect 301 di Blogger atau Blogspot


1. Siapkan nama domain baru atau TLD baru. Silahkan beli dulu ke jasa penyedia domain favorit Anda. Klik disini bagi yang belum punya jasa penyedia domain favorit.

2. Bikin blog baru, lalu ganti domainnya dengan nama domain atau TLD yang baru dibeli tadi.

3. Setelah proses propagasi domain selesai, dan domain baru itu sudah bisa diakses, silahkan login ke blog lama. Masuk ke menu Setelan > Lainnya > klik Cadangkan Konten.
Cara Redirect 301 ke Domain Baru di Blogger/Blogspot


4. Buka lagi dashboard domain baru tadi, lalu Impor Konten yang tadi di download dari blog lama. Melalui menu Setelan > Lainnya.

Catatan:
Sebelum melakukan Impor Koten jangan pilih Publish Otomatis. Disarankan untuk posting artikel secara manual. Karena permalink blog lama harus sama persis dengan permalink di blog baru. Utamanya permalink halaman postingan.

5. buka dashboard domain lama, pilih menu Template > Edit HTML. Cari kode </head> atau &lt;!--<head>--&gt;&lt;head&gt; lalu letakkan kode berikut ini di atas kode tadi.
<script type='text/javascript'>
var d='<data:blog.url/>';
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
location.href = 'https://www.namadomainku.net' + window.location.pathname;
</script>

Perhatian:
Silahkan ganti https://www.namadomainku.net dengan domain baru Anda.

6. Simpan Template

7. Buka dashboard domain baru, buka menu Postingan > Draf. Silahkan edit satu-satu artikel yang ada disitu, dengan menyamakan permalink dari domain lama ke domain baru.

Jangan lupa juga edit bagian body postingan melalui HTML (bukan Compose), barangkali Anda menggunakan teknik internal link, yang domainnya dianjurkan untuk di ubah ke domain baru.

Mengapa Ribet?

Itu karena kompleksitas Blogger tidak diberi fasilitas yang menyamankan layaknya WordPress, yang tinggal pakai plugin Velvet Blues Update Urls dan seluruh permalink seketika berubah domainnya.

Sebagai saran saja, alangkah baiknya selesaikan dulu masalah postingan dan permalink di domain baru. Setelah seluruh artikel sukses terposting dan permalink telah dipastikan sama persis dengan yang ada di blog lama, maka barulah menerapkan langkah ke 5.

Demikian penjelasan tentang cara redirect 301 dari domain lama ke domain baru di Blogger atau Blogspot. Semoga bermanfaat. Jika ada komentar silahkan tuliskan, jika ada keinginan silahkan bagikan. Terima kasih!
Advertisement

Free and premium blogger templates